Kelebihan Xiaomi Redmi 5 plus Dibanding Xiaomi Redmi 4 Plus

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 plus Dibanding Xiaomi Redmi 4 Plus

Rabu, 12 Desember 2018 Teknologi 2033 Kevin Hendrawan

Meski sama-sama dari jenis Redmi, namun Xiaomi Redmi 5 plus dengan Xiaomi Redmi 4 memiliki tipe atau seri yang berbeda. tentunya perbedaan seri atau tipe tersebut menjadi cerminan bahwa spesifikasi yang dibekali pada kedua handphone buatan Cina tersebut berbeda. Redmi 5 merupakan kelanjutan dari Redmi 4 dimana komponen pada Redmi 5 lebih unggul dari seri sebelumnya.

Kedua smartphone dengan penjualan serta tingkat kepuasan pengguna yang cukup tinggi tersebut tentu saja memiliki perbedaan dasar yag dapat dijadikan acuan dalam membedakan kedua jenis handphone tersebut. Dari segi harga, Xiaomi Redmi 4 plus berkisar antara 1,5 juta rupiah. Sedangkan Xiaomi Redmi 5 plus di banderol dengan harga mulai dari 2 jutaan rupiah.

Dilihat dari perbedaan harga, konsumen tentu saja merasa penasaran mengapa kedua jenis Xiomi Redmi tersebut memiliki selisih harga yang cukup jauh. Padahal Redmi 5 plus jika dilihat dari tipe ata seri hanya berada satu tingkat diatas Redmi 4 plus. Tidak hanya dilihat dari peningkatan serinya saja, akan tetapi spesifikasi yang diusungkan juga memengaruhi faktor harga. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat disini.

Perbedaan dasar Xiaomi Redmi 5 plus dengan Xiaomi Redmi 4 plus :

Desain body dan layar

Dari tampilan luar berupa desain body dan ukuran layar, kedua jenis Handphone tersebut Nampak sangat berbeda. Redmi 5 plus dibekali dengan layar ukuran 5,9 inci dengan kerapatan 403 pixel per inci dengan perbandingan layar 18:9 sehingga layar tampak seperti layar penuh. Selain itu, bingkai Redmi 5 dilengkapi oleh bazel less atau bingkai tipis dengan lengkungan kaca 2.5D pada bagian tepi body.

Sedangkan Redmi 4 plus diusung dengan tipe candy bar dengan bentangan layar hanya 5 inci dengan resolusi 720×1280 pixel dan kepadatan layar 296 pixel per inci. Sudut Redmi 4 plus cenderung lebih runcing daripada Redmi 5 plus. Xiaomi Redmi 5 plus dirilis dengan 4 varian warna yaitu dark mate, blue light, pink, dan gold sedangkan Redmi 4 plus hanya 3 warna yakni gold, dark grey, dan silver.

Redmi 5 plus diusung dengan layar corning gorilla glass dimana memungkinkan layar tidak terkena goresan atau gesekan sehingga pengguna tidak perlu memasang pelindung layar tambahan. Sedangkan Redmi 4 plus hanya dibekali dengan IPS LCD capacity sehingga perlindungan terhadap gesekan maupun goresan tidak setangguh layar gorilla glass bawaan Redmi 5 plus.

Dapur pacu

Redmi 4 plus mengusung Android versi 6 Marshmallow dengan chipset Qualcomm MSM 8937, processor Snapdragon 430 dengan performa adreno 505, Octa core 1.4 GHz. Dukungan processor dan performa tersbeut mampu menjadi Redmi 4 plus mengelola grafik dan multitasking dengan baik. Tentunya performa tersebut sudah sangat ideal dengan harga yang ditawarkan.

Sedangkan Redmi 5 plus mengusung Andoid versi 7.1.1 Nougat terbaru, chipset Qualcomm SDM636 dengan processor Snapdragon 625, dan GPU grafik adreno 506. Dari perbedaan dapur pacu saja, performa Redmi 5 plus jauh lebih unggul terutama pada penanaman processor. Processor merupakan inti untuk menentukan harga sebuah handphone. Itu sebabnya Redmi 5 plus lebih mahal dari 4 plus.

Octa core 1.4 GHz

RAM dan penyimpanan

Redmi 4 plus hanya dibekali dengan RAM 2 GB/16 GB internal storage. Berbeda dengan Redmi 5 plus dimana Redmi 5 plus dibekali dengan kapasitas RAM dan internal storage yang lebih tinggi dan bervariatif yakni RAM 4/32 GB internal storage dan RAM 4/64 GB internal storage. Namun kedua tipe handphone tersebut dilengkapi dengan slot memori eksternal dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Baterai

Redmi 5 plus dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 4000 mAh dimana kapasitas tersebut sudah sangat mumpuni karena mampu standby sampai 17 hari, memutar lagu tanpa henti selama 165 jam, memainkan video playback selama 15 jam dan bermain game selama 9 jam. Sedangkan Redmi 4 plus dibekali dengan kapasitas baterai yang ebih unggul yakni sebesar 4100 Mah.

Kamera

Kamera utama atau belakang Redmi 4 plus memiliki resolusi 13 MP dengan LED flash sedangkan bagian depan atau kamera selfie hanya be resolusi 5 MP. Kedua bagian kamera dilengkapi dengan fitur auto focus, digital zoom, continuous shooting, geo-tagging, panorama, HDR, face detection, self-timer, touch focus, white balance setting, scene mode, phase detection, exposure compensation dan 5 element lens.

Berbeda dengan Xiaomi Redmi 5 plus memiliki resolusi kamera utama atau kamera depan dengan resolusi 12 MP dan kamera selfie atau kamera depan 5 MP. Fitur kamera dari kedua jenis handphone tersebut hampir sama, hanya bedanya jika Redmi 4 plus tidak dibekali dengan LED flash pada kamera depan, sedangkan Redmi 5 plus dibekali LED flash pada kedua kamera.