Wisata Alam Di Kabupaten Banyuwangi

Wisata Alam Di Kabupaten Banyuwangi

Minggu, 30 Desember 2018 Wisata 440 Kevin Hendrawan

Walaupun letaknya di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi juga memiliki berbagai wisata alam yang tak kalah dengan daerah lain. Banyuwangi kerap dijadikan sebagai lokasi penyebrangan menuju Bali. Selain terkenal karena penyebrangannya anda juga akan mendapati berbagai destinasi wisata alam yang mempesona. Mulai dari pantai hingga gunung semuanya tersedia lengkap di Banyuwangi. Bahkan pantai di Banyuwangi memiliki ciri khas tersendiri.

Dengan lokasi yang berada di samudera Hindia kondisi ombak di pantai banyuwangi menjadi besar. Hampir semua pantai di Banyuwangi memiliki ombak yang besar. bahkan ada lokasi pantai yang kerap menyelenggarakan even selancar tahunan seperti Pantai Plengkung atau G-Land. Selain itu terdapat padang savana layaknya padang rumput di Afrika. Pesona Banyuwangi memang tak ada habisnya untuk dieskplorasi. Jika anda tertarik dengan wisata alam, cobalah menyambangi beberapa destinasi wisata alam di Banyuwangi berikut ini.

Berikut Wisata Alam Mempesona Di Kabupaten Banyuwangi

1. Pulau Merah

Pulau merah banyuwangi

Pulau Merah merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Banyuwangi yang lokasinya di Desa Sumberagung, Pesanggaran Banyuwangi. Salah satu keunggulan objek wisata ini ada pada ombaknya yang cukup besa sehingga diminati para peselancar kelas dunia. Banyak even selancar tahunan yang diselenggarakan di Pantai Pulau Merah ini. keindahan sunsetnya menjadi primadona para wisatawan yang tak kalah cantiknya dengan Pantai Kuta Bali.

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung merupakan destinasi terbaik para surfer dari berbagai belahan dunia. Destinasi wisata ini memiliki ombak besar yang kerap disebut sebagai G-Land. Banyak pengunjung yang menjuluki pantai Plengkung dengan sebutan “The Seven Giant Waves Wonder”. Sensasi ombak besarnya berada di puncak bulan April-Agustus sehingga pada periode ini pengunjung pantai lebih banyak dari biasanya. Tak hanya ombaknya yang besar namun pasir pantainya yang putih bersih merupakan daya tarik tersendiri yang dimiliki Pantai Plengkung.

3. Teluk Hijau

Teluk Hijau Banyuwangi yang Indah

Teluk Hijau merupakan destinasi lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Teluk Hijau memiliki pantai yang masih alami dengan berbagai satwa yang masih hidup liar disekitarnya. Selain hutan dan pantainya, Teluk Hijau juga memiliki air terjun yang langsung mengarah ke bibir pantai. Banyak yang percaya bahwa air terjun tersebut digunakan sebagai tempat untuk mandi para bidadari.

4. Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi yang menarik

Kawah Ijen terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Tempat wisata ini menjadi destinasi dengan Blue Fire nya yang indah. Keindahan Kawah ijen dengan api birunya sudah sangat terkenal di dunia, karena kawah dengan api biru ini hanya ada 2 di dunia saja. Jika ingin melihat fenomena blue fire, anda mesti menunggu hingga dini hari. Perjalanan ke Kawah Ijen bisa dilakukan pukul 1 dini hari karena Blue Fire biasanya hanya sampai jam 5 pagi saja.

5. Padang Savana Baluran

Taman Baluran banyuwangi

Bagi yang ingin merasakan sensasi bertualang ala Afrika, Padang Savana Baluran merupakan destinasi terbaik yang bisa anda sambangi. Tampilan padang savananya akan mengingatkan kita dengan daratan Afrika yang kering. Kondisi alam hutan di Baluran ini memang memiliki iklim kering. Berbagai satwa langka masih hidup alami disini. Anda bisa melihat berbagai satwa berkeliaran bebas di savana layaknya di Taman Safari.

6. Alas Purwo

Alas Purwo Banyuwangi

Alas Purwo Banyuwangi merupakan taman nasional yang dilindungi pemerintah. Di alas Purwo terdapat banyak flora dan fauna yang sangat langka dan beberapa situs-situs peninggalan jaman dahulu kala. Di alas Purwo juga terdapat tempat pertapaan Soekarno sebagai presiden Republik Indonesia yang pertama ketika mencari ilham atau wangsit kemerdekaan di masa itu.

Misteri dan keangkeran alas Purwo yang sudah menjadi cerita turun temurun bagi warga Banyuwangi. Dari cerita masyarakat banyak genderuwo yang berada di alas ini, karena konon informasinya alas purwo adalah tempat bersemayamnya kerajaan genderuwo di Jawa. Bahkan ada salah satu cerita anak genderuwo yang berasal dari alas Purwo yang pernah diwawancarai di acara bukan empat mata. Nama anak genderuwo itu adalah Wagini.

Walau banyak cerita angker, di alas Purwo Banyuwangi banyak wisata alam yang masih alami dan mempunyai pemandangan yang sangat indah. Karena memang disini masih dilindungi dari tangan-tangan jahil ataupun dari pemburu liar.

Demikian berbagai destinasi wisata alam di Banyuwangi yang bisa anda sambangi. Semoga bermanfaat menambah referensi tempat wisata yang akan anda kunjungi. Sumber dan ulasan dikutip dari www.asliindonesia.net.