video-call-grup-wa

Cara Video Call Group di WhatsApp

Saat ini kebutuhan terhadap aplikasi meeting online semakin tinggi. Hal ini merupakan imbas dari serbuan pandemi Covid-19 yang belum juga usai.

Untuk menghindari kontak langsung, orang-orang tak terkecuali para pekerja kantor, saat ini lebih memilih untuk melakukan diskusi atau rapat secara online.

Meresfon hal tersebut, salah satu aplikasi pesan instant terpopuler saat ini yaitu WhatsApp, rupanya tak tinggal diam.

Tak ingin ditinggal terlalu lama oleh penggunanya, WhatsApp  akhirnya menghadirkan fitur panggilan grup baik panggilan video maupun panggilan audio yang kini pesertanya bisa mencapai 8 orang.

Karena itu kalau kamu ada project yang ingin dibahas bersama tak lebih dari 8 orang via video call, maka tak perlu menggunakan aplikasi lain karena kamu bisa melakukannya hanya dengan aplikasi WhatsApp.

Nah, untuk melakukan panggilan video atau audio ke lebih dari satu orang di WhatsApp, caranya bisa kamu simak di bawah ini.

Cara Melakukan Panggilan Grup di WhatsApp

Sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan kamu sudah mengupdate aplikasi WhatsApp kamu ke versi terbaru.

Sebab, fitur panggilan grup WA hanya tersedia pada aplikasi WhatsApp versi anyar yaitu minimal versi WA yang mendapatkan update pada 1 Mei 2020.

Jika aplikasi WA kamu sudah diupdate, maka silahkan ikuti langkah-langkah melakukan panggilan grup di WhatsApp yang kami kutip dari situs teknoride.com:

1. Buka aplikasi WhatsApp

Pertama tentunya silahkan buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu. Ingat ya, pastikan aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan sudah berada pada versi paling baru.

2. Buka Tab Panggilan

Pada jendela aplikasi WhatsApp silahkan geser ke tab panggilan. Kemudian ketuk icon bergambar gagang telepon di kanan bawah layar aplikasi.

3. Pilih Menu Panggilan Grup

Setelah itu akan terbuka menu kontak yang menampilkan semua nomor teman-teman kamu yang terdaftar di WhatsApp. Di sini jangan pilih dulu kontaknya, tapi pilih atau ketuk dulu menu “panggilan grup baru” yang ada di posisi paling atas.

4. Tambah Peserta

Nah setelah memilih menu panggilan grup, maka akan muncul lagi daftar kontak yang bisa kamu pilih maksimal hingga 7 orang untuk diikutkan dalam panggilan grup. Silahkan pilih kontak mana saja yang ingin kamu tambahkan.

5. Ketuk Tombol Panggilan

Setelah memilih beberapa kontak sebagai peserta, kamu bisa memulai panggilan grup dengan mengetuk salah satu tombol panggilan di atas layar aplikasi.

Ada dua tombol yang tersedia yaitu tombol untuk panggilan video dan audio. Silahkan pilih salah satunya.

Akhir Kata

Itulah cara melakukan group call di aplikasi WhatsApp.

Sekali lagi, fitur ini bisa kamu manfaatkan untuk menggelar diskusi atau rapat online bersama teman-teman kamu.

Tapi ingat, sementara ini jumlah peserta panggilan grup di WhatsApp masih terbatas hanya untuk 8 kontak saja.

Jadi kalau jumlah pesertanya lebih dari 8 orang, maka mau tidak mau kamu harus menggunakan aplikasi atau layanan lain misalnya Google Meet atau Zoom.

Oke mungkin itu saja yang bisa kami paparkan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *