Umur Berapa Anak Belajar Membaca dan Menulis?

Umur Berapa Anak Belajar Membaca dan Menulis?

Jumat, 14 September 2018 Referensi 2358 Ashilla Zahra

Untuk usia-usia tertentu, anak-anak sudah harus diajarkan membaca dan menulis. Tetapi sekarang sudah banyak pro dan kontra tentang waktu yang tepat dalam mengajarkan anak membaca dan menulis. Sebenarnya, berapa usia yang tepat untuk mengajarkan mereka membaca dan menulis. Kemampuan setiap anak berbeda-beda, ada yang siap belajar membaca dan menulis sebelum ia masuk ke sekolah formal tapi ada juga yang belum siap.

Anak Belajar Membaca dan Menulis

Anak Belajar Membaca dan Menulis

Hal yang paling tepat dilakukan adalah dengan tidak memaksa anak-anak belajar membaca dan menulis jika mereka belum mau atau belum siap. Kebanyakan orang tua terpengaruh oleh orang tua anak lainnya yang gencar mengajari anak mereka membaca dan menulis. Sehingga jika anak anda belum bisa membaca atau menulis anda merasa harus segera mengajari mereka walaupun otak mereka belum siap.

Tanamkan rasa cinta terhadap membaca pada anak-anak dengan membaca buku bersama mereka setiap saat. Anak-anak yang memiliki keterampilan natural biasanya akan meminta belajar lebih banyak, sedangkan bagi anak-anak yang belum siap tetap akan mendapat keuntungan dari kegiatan membaca bersama. Anda juga bisa membacakan berbagai cerita anak pada mereka dari buku cerita yang dilengkapi dengan gambar agar menarik perhatian anak-anak.

Umur Yang Cukup Untuk Anak Belajar Membaca Dan Menulis

Fase yang tepat untuk mengajarkan anak membaca dan menulis adalah pada saat anak berumur 5-9 tahun. Tetapi usia normalnya boleh mengajarkan mereka membaca dan menulis tidak pasti, semua itu tergantung pada perilaku anak tersebut dan ketertarikan mereka pada membaca dan menulis. Kondisi yang terjadi di Indonesia saat ini anak-anak TK sudah harus bisa membaca dan menulis sebelum mereka masuk sekolah.

Padahal sebenarnya tidak ada bedanya anak yang berumur 4 tahun dan anak umur 6 tahun yang sudah bisa membaca. Karena hal tersebut tidak menjadikan anak umur 4 tahun menjadi anak superior atau jenius. Justru, biarkan mereka belajar secara natural dan alami walaupun hal ini tergantung pada pola asuh orang tua terhadap anak-anak.

Jangan sampai mengajarkan anak membaca dan menulis di usia yang masih terlalu dini, karena banyak kasus yang memaksakan anak bisa calistung di usia dini sehingga menimbulkan efek buruk pada anak-anak tersebut. Contohnya anak jadi mogok sekolah karena terlalu cepat bosan, atau kurangnya konsentrasi mereka saat sedang belajar.

Idealnya, mengajarkan anak membaca dan menulis ini adalah pada saat anak duduk di kelas 1 SD. Perlu atau tidaknya anak mengikuti pelajaran pra sekolah tergantung pada kondisi anak itu sendiri dan tergantung pada tempat anak tersebut tinggal dan apakah ada atau tidaknya yang mengajarkan anak stimulasi belajar. Sedangkan banyak orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga mengirim anaknya ke sekolah TK karena tidak punya waktu mengajari mereka membaca dan menulis.