Tips Mendaki Gunung

2 min read

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Mendaki gunung dapat dilakukan oleh berbagai kalangan baik muda maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan. Tak hanya pecinta alam saja, kini mereka yang tidak mempunyai basic mendaki pun mulai melakukan hiking.

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Jika kamu adalah seorang newbie, 15 tips mendaki gunung untuk pemula berikut ini sepertinya layak untuk kamu praktikkan ketika akan mendaki sebuah gunung. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Apabila kamu termasuk ke dalam golongan orang yang baru pertama kali mendaki gunung, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

Perhatikan Lokasi Pendakian

Ada baiknya ketika kamu akan mendaki sebuah gunung, kamu harus tahu terlebih dahulu lokasi gunung tersebut. Perhatikan lokasi disekitar gunung, jalur yang dapat didaki dan berapa jumlah pos yang ada.

Siapkan Dokumen yang Dipersyaratkan

Hal lain yang tak kalah penting yakni kamu harus menyiapkan dokumen pendukung yang dipersyaratkan. Biasanya jenis dokumen tersebut berupa surat keterangan kesehatan fisik dan dokumen data pribadi.

Latih Otot Kaki dan Tangan Terlebih Dahulu

Sebagai pemula tentu kamu belum tahu betul bagaimana medan yang akan dilalui. Meskipun sudah mengumpulkan banyak informasi, belum tentu kondisi lapangan sesuai bukan? Untuk itu, kamu harus melatih dengan betul otot kaki dan tangan agar dapat menghadapi rintangan selama pendakian berlangsung.

Pelajari Cara Berjalan Ketika Mendaki

Tak kalah penting dengan tips lainnya, kamu harus mempelajari cara berjalan ketika mendaki. Terlebih jika jalur pendakian adalah medan berbatu dan curam. Cara berjalan yang benar akan mempermudah kamu untuk sampai ke puncak, disamping itu juga dapat menghindarkan diri kamu dari bahaya terperosok ke jurang.

Mendaki Bersama Orang yang Berpengalaman

Minimnya info dan pengalaman, mengharuskan kamu harus mendaki bersama orang yang sudah berpengalaman. Ikutlah rombongan yang sudah ekspert dalam mendaki untuk mempermudah perjalanan kamu.

Jangan Malu dan Takut Untuk Meminta Bantuan

Dalam satu tim harus senantiasa menjaga, kurang lebih seperti itu prinsip bagi seorang pendaki. Jadi jangan ragu untuk meminta bantuan kepada rekan satu rombongan jika merasa kelelahan atau tengah membutuhkan bantuan. Jangan pernah berpikir untuk melakukannya sendiri, karena kamu saat itu tengah berada di hutan.

Perhatikan Insrtuksi dan Larangan Petugas Gunung

Perlu kamu ketahui bahwa masing-masing gunung memilki tata aturan tersendiri. Untuk itu, ikuti instruksi dan larangan petugas penjaga gunung dengan baik.

Gunakan Sepatu Hiking

Ketika mendaki gunakan sepatu yang khusus untuk hiking ya. Jangan sampai salah memilih sepatu, dikhawatirkan dapat menghambat proses pendakian.

Maraknya kegiatan hiking ini menjadikan orang-orang awam ‘ngasal/ngremehin’ aktivitas ini. Tak sedikit kita temui pendaki yang menggunakan sepatu seadanya.

Bawa Jas Hujan

Cuaca tidak bisa diprediksi, ketika kamu berada di tengah hutan ditemani dengan rintik hujan tentu akan merasa kesulitan. Untuk itu, siapkan juga jas hujan. Pilihkan jas hujan yang nyaman dipakai dan tidak menghambat aktivitas hiking.

Pelihara Keasrian Hutan

Mendaki bukan hanya tentang selfie, tapi tentang bagaimana kamu menghargai lingkungan. Jadi, bawa turun semua yang kamu bawa naik, termasuk sampah/bungkus makanan. Pokoknya tidak ada yang tertinggal di dalam gunung kecuali jejak kakimu sendiri.

Bawa Perlengkapan P3K

Jangan lupa untuk siapkan obat-obatan ya. Bawalah obat anti mabuk, masuk angin, sakit kepala, perban dan beberapa obat khusus lainnya.

Membawa Perbekalan Seperlunya

Ketika akan mendaki, bawalah perbekalan seperlunya saja. Jangan membawa barang terlalu banyak karena akan menghambat perjalanan. Ada juga orang-orang yang bahkan membawa boneka besar keatas gunung. Tapi, kalau kamu strong gapapa sih.

Jaga Sopan Santun dan Etika

Last but not least, dimana bumi di pijak, disanalah langit dijunjung. Jagalah etika dan sopan santun ketika akan mendaki gunung ya.

Itu dia 15 tips mendaki gunung untuk pemula yang bisa kamu pelajari. Sebelum melakukan pendakian, perhatikan dengan baik beberapa tips tersebut agar perjalanan kamu dapat lancar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *