Tips Membuat Dapur Makin Tampil Cantik!

2 min read

inspirasi dapur cantik

Mungkin selama ini anda berpikir bahwa menciptakan sebuah dapur yang bagus di rumah anda harus membutuhkan tenaga ahli arsitek dan juga banyak dana. Hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, ada banyak sekali ide dan cara yang dapat anda gunakan sehingga anda dapat mewujudkan dapur impian anda.

Selain untuk kegiatan memasak dan makan, anda sebaiknya juga memikirkan estetika dari dapur yang anda miliki.

Berikut ini akan ada inspirasi sekaligus tips membuat dapur tapil cantik.

Luas Ruangan

Aspek utama yang harus anda perhatikan adalah luas ruangan yang menjadi dapur anda. Baik ruangan tersebut berukuran besar, sedang, ataupun kecil bukanlah suatu masalah asal anda dapat mensiasatinya.

Apabila anda membangun dapur di area yang cukup kecil maka anda dapat memanipulasi ruangan kecil tersebut dengan mengatur penggunaan furniture serta elemen dekorasi supaya dapur tetap tampak lapang.

Misalnya, dalam menciptakan dapur minimalis salah satunya yakni memaksimalkan area dinding. Area dinding tersebut dapat dibuat menjadi area untuk menggantungkan sesuatu, peralatan dapur sebagai contohnya.

Penataan Dapur

Baik dapur di ruangan kecil atau besar, penataan dapur berbentuk L adalah pilihan yang direkomendasikan. Pada desain ini terdapat dua buah meja yang saling menyatu yang tersusun dengan bentuk siku-siku.

Di satu sisi Anda dapat menempatkan area cucian (sink) dan masak. Sementara sisi lainnya sebagai penyimpanan peralatan dapur.

Penyimpanan lain yang bisa Anda maksimalkan adalah memanfaatkan kabinet di bagian atas dan bawah.

Kitchen Set

kitchen set dapur cantik
kitchen set dapur cantik

Sesuaikan ukuran kitchen set dengan luas dapur. Bila area dapur cukup luas, kitchen set bisa dibuat dengan ukuran lebih besar serta bisa pula membuat pulau dapur.

Sebaliknya bila cukup mungil Anda bisa membuat kitchen seperti ini, menggunakan warna relatif lebih terang dan memanfaatkan kabinet atas dan bawah.

Sebaliknya, jika anda memiliki ruang dapur yang cukup luas, maka sebaiknya anda menyesuaikan juga dengan ukuran perabotan anda. Jangan sampai ruangan dapur terlalu kosong karena kurangnya perabotan atau tidak seimbangnya ukuran perabotan dengan luas dapur.

Nah, bila Anda membutuhkan ragam inspirasi model kitchen set yang kekinian atau minimalis, bisa mengunjungi dekadeko.com. Selain model-model juga ada ulasan mengenai tiap desainnya, bagus banget situsnya.

Ventilasi dan Penerangan

Dua hal ini terkadang sering diabaikan, padahal peranannya sangat penting.

Penerangan yang bagus akan mampu memudahkan kegiatan anda didapur dan mengekspos keindahan dapur anda. Sedangkan ventilasi sebagai jalan sirkulasi udara karena kegiatan masak banyak mengeluarkan residu.

Pewarnaan

Dalam menciptakan dapur impian anda, tentu aspek pewarnaan dapur tidak dapat dikesampingkan. Sebaiknya anda mewarnai dapur anda serasi dengan warna ruangan lain di rumah anda.

Misalnya, jika warna tembok bagian rumah anda yang lain adalah berwarna gelap, sebaiknya anda memilih warna dengan tone gelap pula di dapur anda dan sebaliknya.

Adapun penggunaan warna dapur dapat disesuaikan dengan luas yang dimiliiki. Untuk dapur kecil sebagaiknya menggunakan cat putih karena bisa membuat ruangan terkesan lebih lapang. Selain itu, menggunakan smartfurniture juga bisa dipertimbangkan.

Selain putih, pilihan warna pastel juga bisa membuat dapur makin tampak manis. Pastel biru atau pink saya rasa cukup menarik untuk dicoba.

Kebersihan

Terakhir, dalam menciptakan sebuah dapur bagus, anda perlu menjaga kebersihan. Apapun desain yang anda terapkan, kebersihan adalah tetap yang nomer satu.

Hal ini dikarenakan dapur adalah tempat anda memasak makanan, dan makanan haruslah bersih dan higienis untuk alasan kesehatan. Maka dari itu, pastikan bahwa dapur anda selalu bersih.

Memastikan dapur bersih dapat dengan membersihkannya secara berkala, menyediakan tempat pembuangan sampah, memastikan saluran pembuangan air selalu bersih dan lancar, dan lain sebagainya. Jangan sampai anda terjangkit penyakit dikarenakan tempat memasak anda yang kurang bersih. ‘

Mini Bar

Ini adalah ide bila Anda ingin menyatukan antara dapur dan ruang makan. Ide yang cukup brilian bila area rumah tak cukup luas. Keuntungannya Anda juga semakin mudah untuk menyajikan makanan.

Bagaimana bentuk mini bar? Berikut inspirasinya.

mini bar pada dapur

Mini Garden

Dengan memanfaatkan pot mungil yang ditaruh dekat jendela, bisa membuat rumah makin tampak segar dan cantik. Beberapa tanaman yang bisa ditanam, seperti kaktus mini, lavender, parsley, dan sebagainya.

Ragam inspirasi lain mengenai dapur cantik bisa Anda lihat kumpulan referensi berikut ini.

mini garden di dapur

Dengan menerapkan tips diatas, maka dapur bagus dapat anda miliki. Hal tersebut sangat simpel dan sederhana, namun dalam prakteknya sering dilupakan oleh banyak orang. Sekian artikel ini.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *