Penyebab Telat Datang Bulan, dan Cara Mengatasinya secara Alami dan Cepat

Penyebab Telat Datang Bulan,  dan Cara Mengatasinya secara Alami dan Cepat

Selasa, 11 Desember 2018 Kesehatan 2992 Ashilla Zahra

Penyebab Telat Datang Bulan dan Cara Mengatasinya secara Alami dan Cepat – Menstruasi atau sering disebut dengan istilah datang bulan merupakan sebuah siklus bulanan dimana lapisan dinding rahmi yang berisi banyak darah dan cairan keluar dari vagina karena pembuahan tidak terjadi. Wanita memiliki periode yang berbeda dalam menjalani siklusnya, ada yang lama, ada yang pendek, bahkan ada pula yang memiliki siklus menstruasi teratur.

Semua wanita pasti akan mengalami proses menstruasi di tiap bulannya, ada yang memiliki siklus normal dan ada pula yang tidak teratur. Saat mestruasi normal berarti tidak ada masalah namun jika sebaliknya maka hal tersebut dapat berpengaruh pada ketidakstabilan siklus, sehingga menjadi penyebab keterlambatan menstruasi. Hal ini merupakan hal yang sangatr meresahkan wanita di masa-masa suburnya.

Keterlambatan datang bulan terkadang terjadi secara tiba-tiba sehingga banyak wanita yang tidak tahu dan menyebabkan mereka kebingungan dan merasa cemas. Jika diperhatikan hal tersebut bukanlah keadaan dimana mereka sedang dalam keadaan hamil, sebab dalam kasus ini terdapat sebagian orang merasa resah dikarenakan mereka merasa tidak aktif secara seksual. Terjadinya telat datang bulan yang secara tiba-tiba ini dapat disebabkan oleh pikiran seseorang (stres).

Secara umum penyebab terlambat datang bulan antara wanita satu dan yang lain tidaklah selalu sama. Hal ini dikarenakan ada beberapa kemungkinan mengapa seorang wanita terlambat datang. Akan tetapi banyak wanita yang mengambil kesimpulan terlalu dini dengan menganggapnya sebagai tanda kehamilan, sebab seperti yang kita ketahui telat datang bulan merupakan gejala yang identik dengan tanda kehamilan yang sangat mudah di identifikasi secara dini. Namun, apabila seseorang sedang hamil maka gejala yang akan muncul bersamaan dengan gejala lain, seperti mual dan muntah, kepala pusing, badan cepat lelah, dan lain sebagainya. Jadi jika hanya terlambat datang bulan saja tanpa ada gejala lain maka itu bukanlah suatu tanda hamil dan bisa disebabkan oleh hal lainnya.

Secara normal rata-rata wanita memiliki siklus menstruasi setiap 28 hari, dengan jarak berkisar antara 21 hari hingga 35 hari. Tanggal terjadinya menstruasi tidaklah selalu sama tiap bulannya dengan selalu bergeser beberapa hari, kecuali jika memang siklus menstruasinya kebetulan berkisar sekitar 30-31 hari.

Penyebab Terjadinya Datang Bulan

  1. Faktor Usia

Faktor usia merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya keterlambatan datang bulan. Pada usia remaja tubuh mengalami banyak perubahan hormon, tubuh yang sedang menyesuaikan dengan hormon kewanitaan kadang akan menyebabkan telat datang bulan. Demikian juga pada usia 45-55 tahun atau awal menopause, tubuh kembali mengalami masa transisi yang juga akan menyebabkan haid kurang teratur. Setelah benar-benar mengalami menopause, wanita sama sekali tidak akan mengalami haid lagi karena ovarium sudah tidak menghasilkan sel telur.

  1. Masalah Psikis

Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami stres, diantaranya tekanan lingkungan kerja, kelelahan, urusan rumah tangga, dan lain sebagainya. Stres akan menyebabkan ketidak seimbangan hormon yang dihasilkan tubuh, yang menyebabkan terlambatnya ovulasi, pelepasan sel telur oleh ovarium.

  1. Faktor berat badan

Wanita yang memiliki berat badan yang tidak ideal, baik itu dibawah atau diatas berat bada ideal tentu akan menyebabkan wanita mengalami terlambat datang bulan. Perubahan berat badan yang mendadak juga bisa menjadi penyebabnya. Berat tubuh dibawah ideal akan menyebabkan fungsi organ tubuh tidak maksimal, termasuk juga pada organ kewanitaan. Sedangkan jika berat badan terlalu ekstrim dibawah berat ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali. Hal ini mungkin karena tubuh memutuskan bahwa sedang tidak berada dalam kondisi ideal untuk memiliki keturunan.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan secara Alami

Mengatasi permasalahan telat datang bulan yang paling utama adalah memperhatikan bagaimana pola hidup sehari-hari terlebih dahulu. Sebab, apabila seseorang mengalami telat datang bulan dapat juga disimpulkan secara kasar bahwa orang tersebut tidak memperhatikan bagaiman pola hidup mereka, salah satunya adalah siklus atau kebiasaan tidur. Seseorang yang kurang tidur tentu tubuh akan terasa lelah dan berpotensi timbulnya permasalahan telat datang bulan. Maka dari itu sebaiknya perbaiki pola tidur dan tentunya akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak hanya itu ada pula beberapa cara alami yang dapat mengatasi keterlambatan datang bulan yaitu dengan cara: Pertama, mengkonsumsi daun alpukat, caranya rebus beberapa lembar daun alpukat, tunggu hingga mendidih, lalu minum air rebusan daun alpukat tersebut. Kedua, rutin mengkonsumsi daun papaya, dengan mengkonsumsi daun papaya dalam jumlah banyak akan membantu mengobati telat datang bulan dan memperlancarnya, dengan cara memasak daun papaya tersebut. Ketiga, berolahraga merupakan salah satu pola hidup sehat yang baik dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Akan tetapi jangan melakukan olahraga secara berlebihan agar organ tubuh dapat bekerja secara maksimal. Olahraga yang tepat untuk mengatasi telat datang bulan adalah olahraga yoga dan lakukan secara rutin minimal seminggu sekali.

Telat datang bulan yang terjadi secara tiba-tiba banyak disebakan oleh pikiran yang berkecamuk (stres). Berbeda dengan gejala datang bulan yang tidak terjadi secara tiba-tiba dapat diketahui dengan mengerasnya payudara dan keadaan organ reproduksi yang bekerja tidak stabil (dapat diketahui dengan bantuan dokter kandungan).

Salah satu dampak wanita yang mengalami datang bulan adalah akan dipersulit dalam perhitungan tanggal kesuburan dan merasakan nyeri pada bagian bawah perut saat menstruasi.

Rasa nyeri tersebut dialami ketika mulas, mual, muntah-muntah yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon sehingga seseorang akan mudah marah-marah dan tidak sabar dalam segala bidang,

Rasa nyeri yang dialami saat menstruasi merupakan hal yang wajar bagi semua wanita namun jika rasa nyeri tersebut dirasakan secara berkepanjangan maka langkah yang paling tepat adalah dengan memerikasakan keadaan diri ke dokter.

Rasa nyeri berkepanjang dapat menyebabkan infeksi terlebih lagi anda melakukan hubungan intim pada saat menstruasi.

Rasa nyeri ini dapat diatasi denga memperbanyak mengkosnumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung serat tinggi dan karbohidrat. hal tersebut dapat meminimalisir saat anda akan menstruasi.

Dengan memperhatikan ulasan kami diatas mengenai gejala umum terlambat datang bulan (telat datang bulan secara jelas) dan terlambat datang bulan secara tiba-tiba maka ada beberapa faktor penyebab telat datang bulan yaitu kekurangan gizi, ketidakseimbangan hormon, mengalami stres, penggunaan obat yang tidak tepat, dan olahraga berat.