Tebing Keraton, Sisi Lain dari Bandung

Tebing Keraton, Sisi Lain dari Bandung

Minggu, 7 Oktober 2018 Wisata 1902 Ashilla Zahra

Tebing keraton mungkin bukan destinasi wisata yang asing untuk warga Bandung, sebuah lokasi wisata yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Terlebih bagi orang-orang yang suka melihat surise, tempat ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati mentari terbit dari ujung timur.

Nah, kali ini Falony mau kasih sedikit gambaran ni mengenai Tebing Keraton, terutama buat Anda yang berasal dari luar kota dan kebetulan lagi singgah di Bandung. Rugi kalau nggak mampir ke tempat ini.

Tebing Keraton sendiri dulunya dikenal dengan nama Bukit Jontor, namun sekarang lebih dikenal sebagai Tebing Keraton. Menurut warga sekitar, dulunya banyak terjadi kesurupan setiap ada orang yang menyebut Bukit Jontor di lokasi ini, oleh sebab itu akhirnya nama tempat ini dirubah menjadi Tebing Keraton.

Fasilitas di Tebing Keraton

Sejak diresmikan pada 2 Mei 2016 oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Pemprov Jabar mulau melengkapi fasilitas di kawasan wisata Tebing Keraton. Salah satu fasilitas yang disediakan adalah Camping Ground, fasilitas ini sendiri disediakan untuk memenuhi perminataan pengunjung yang seringkali kesulitan untuk mencari hotel atau penginapan.

Di area kemping ini juga disediakan Gazebo berukuran 3×3 meter, toilet serta mushola.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton

Tebing Keraton mulai buka jam buka 08.00 hingga 18.00 WIB, harga tiket masuk ke lokasi wisata ini cukup terjangkau, yakni Rp 11.000 (termasuk asuransi). Bagi Anda yang membawa kendaraan, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil, dan Rp 5.000 untuk motor.

Harga diatas adalah harga untuk turis lokal, sementara untuk turis asing dikenakan biaya Rp 76.000.

Lokasi Tebing Keraton

Tebing Keraton berlokasi di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Banyak jalan yang bisa dilalui untuk tiba di Tebing ini, namun salah satu cara termudah untuk bisa sampai di Tebing ini adalah sebagai berikut:

  1. Cari jalan ke arah Tahura atau yang juga dikenal sebagai Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Dago Pakar.
  2. Lanjut ke arah Dago Atas
  3. Sampai Dago Atas, cari plang bertulisan Dago Pakar/Bukit Pakar, kemudian ikutin jalan hingga ketemu gapura Taman Hutan Raya.
  4. Sesampainya di Tahura kita tinggal lurus ikutin jalan aja.

Biar gak nyasar kemana-mana, ikutin aja Google Maps berikut ini.