Kombinasi Tumpeng Sehat Untuk Menu Selamatan Ulang Tahun

Kombinasi Tumpeng Sehat Untuk Menu Selamatan Ulang Tahun

Senin, 10 Desember 2018 Uncategorized 294 Kevin Hendrawan

Hari ulang tahun untuk diri anda sendiri maupun ulang tahun keluarga adalah momen berharga yang harus di syukur. Salah satu bentuk atau cara untuk menunjukkan rasa syukur adalah dengan membuat acara selamatan ulang tahun. Acara bisa anda buat mewah ataupun sederhana saja, bisa anda buat mengikuti perkembangan zaman maupun sesuai dengan adat daerah.

Jika anda ingin melakukan selamatan ulang tahun sesuai dengan adat jawa yaitu menggunakan tumpeng. Nasi tumpeng Jakarta bisa membantu anda untuk menyiapkan tumpeng yang sehat enak dan bergizi, harga yang diberikan juga tidak terlalu mahal sehingga anda tetap bisa berhemat namun mendapatkan menu yang berkualitas.

Tumpeng sendiri adalah hidangan nasi gurih atau nasi kuning yang berbentuk kerucut dan dikelilingi oleh lauk dan sayuran di bawahnya. Berikut ini adalah beberapa contoh lauk sehat yang bisa anda jadikan referensi untuk pendamping nasi tumpeng selamatan ulang tahun.

Lauk Sehat Untuk Nasi Tumpeng

1. Lauk Berbahan Daging

Dalam nasi tumpeng ada beberapa lauk berbahan daging yang dijadikan pendamping dan juga sebagai sumber protein untuk tubuh. Beberapa daging tersebut diantaranya adalah ayam goreng, ayam bakar, empal gepuk, abon sapi, semur serta sambal goreng hati. Semua menu lauk berbahan daging ini bisa anda tambahkan di nasi tumpeng sesuai dengan pesanan anda.

2. Telur dan Tempe

Sumber protein selanjutnya adalah telur dadar dan juga orek tempe, untuk sajian telunya adalah telur dadar tipis kemudian dipotong kecil – kecil. Sementara untuk orek tempe adalah tempe yang sudah dipotong kecil – kecil kemudian di olah dengan bumbu kecap ditambahkan ikan teri dan kacang goreng.

3. Urap – Urap

Hidangan ini sering juga disebut sebagai salad khas Indonesia, bahan utamanya adalah sayuran hijau yang sudah di kukus sampai matang kemudian dicampur dengan bumbu kelapa. Sayuran yang biasa digunakan adalah daun singkong muda, kangkung, bayam, daun pepaya, kecambah, buncis dan juga kol. Sayuran ini berfungsi untuk memberikan asupan serat, mineral dan vitamin.

4. Perkedel

Dalam sajian nasi tumpeng biasanya ada dua jenis perkedel, yaitu perkedel kentang dan perkedel jagung. Kedua jenis makanan ini memiliki fungsi yang sama yaitu menjadi sumber karbohidrat, meski fungsinya sama cara pembuatan kedua jenis makanan ini sangat berbeda.

Untuk membuat perkedel kentang anda harus menghaluskan kentang yang sudah anda goreng terlebih dahulu. Kemudian setelah itu tambahkan bumbu untuk membuat perkedel yang juga sudah anda haluskan. Bentuk adonan menjadi bulat – bulat kemudian celupkan dalam telur dan goreng.

Sementara untuk membuat perkedel jagung, anda harus menghaluskan jagung manis sesuai dengan kebutuhan anda. Siapkan bumbu diantaranya adalah cabe merah, cabe keriting, daun jeruk, bawang merah, bawang putih dan kencur haluskan semua bumbu dan campur dengan jagung. Bentuk adonan dan goreng sampai matang.