Resep Kue Kering Rengginang Renyah

Resep Kue Kering Rengginang Renyah

Jumat, 25 Agustus 2017 Resep Masakan 810 Ashilla Zahra

Resep Kue Kering Rengginang Renyah – Jenis makanan ringan yang satu ini, merupakan pilihan menarik, sebagai pilihan camilan untuk minum teh atau kopi. Rengginang, merupakan makanan ringan tradisional dengan rasa gurih dan renyah, yang terbuat dari bahan dasar beras. Selain dengan rasa asin dan gurih, ternyata rengginang ini sendiri, merupakan salah satu camilan yang juga kerap dibuat dengan rasa yang manis, dan tentu saja bisa dipadukan dengan bahan lainnya, agar cita rasanya semakin khas. Salah satunya adalah terasi.

Membuat rengginang yang renyah dan nikmat, ternyata sangat mudah dilakukan. Bahan – bahan yang diperlukan sangat simple, dengan beberapa step pembuatan yang mudah pula. Hanya beras biasa, dan juga beberapa bumbu lainnya, yang tentu saja mudah didapatkan disekitar. Nah, dibawah ini adalah beberapa ulasan mengenai apa saja cara dalam membuat kue kering rengginang renyah, dan tentu saja bisa anda buat sebagai camilan yang tepat untuk teman minum teh anda.

Resep Membuat Kue Kering Rengginang Renyah

Bahan – bahan :

  • Beras ketan putih 2 liter (sebelumnya sudah direndam selama 5 jam)
  • ½ sendok teh ketumbar
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 5 gram penyedap arasa
  • Air untuk memasak
  • Minyak untuk menggoreng

Cara membuat kue rengginang renyah :

  1. Pertama – tama, campurkan terlebih dahulu jetumbar, garam, penyedap rasa, dan juga bawang putih, haluskan dan kemudaian sisihkan.
  2. Selanjutnya untuk beras yang sudah direndam selama 5 jam, dikukus pada kukusan panas selama 5 menit.
  3. Angkat beras, dan kemudian campurkan dengan bumbu yang tadi telah dihaluskan. Biarkan hingga beras meresap dalam bumbu.
  4. Masukan 500 ml air beras, dan aduk hingga merata.
  5. Kukus pada kukusan selama 25 menit. Setelah 25 menit, diangkat dan dicetak selagi masih panas.
  6. Jemur kue rengginang yang sudah dicetak hingga mengering. Kurang lebih sekitar 3 hari lamanya.
  7. Setelah itu, goreng hingga matang dengan minyak panas, sampai renyah dan matang. Angkat, dan tiriskan. Masukan dalam toples kedap udara, agar tetap renyah.

Itulah beberapa persiapan, hingga langkah yang bisa anda coba lakukan untuk membuat kue rengginang yang super renyah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.