Bagian-Bagian Renovasi Rumah Murah

Bagian-Bagian Renovasi Rumah Murah

Senin, 18 Desember 2017 Desain Rumah 585 Ashilla Zahra

Bagian-Bagian Renovasi Rumah Murah – Mayoritas orang mengasumsikan bahwa untuk Renovasi Rumah Murah biaya yang dibutuhkan juga murah. Pendapat itu ada benarnya, namun pada intinya biaya renovasi rumah tergantung seberapa besar bagain rumah yang akan direnovasi, apakah sebagian kecil, seperempat, setengah, atau malah secara total. Jadi pengertian renovasi rumah sendiri sangat universal karena selain biaya, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti luas area, ukuran ruang tambahan, gambar atau denah, dan sebagainya.

Rumah murah mungkin secara fisik bentuknya mungil dan sederhana, namun tidak selalu diidentikkan dengan istilah murahan. Walaupun dibangun dengan biaya murah tapi jika didesain dengan benar, mencakup pembagian ruang, pilihan warna, serta aplikasi furnitur yang tepat, maka rumah murah yang mungil dan sederhana sanggup memberi kenyamanan sehingga dapat dikategorikan sebagai rumah idaman. Terlepas dari kesan murah atau mahalnya sebuah rumah, bangunan ini merupakan aset tidak bergerak yang mudah mengalami kerusakan seiring usianya yang semakin bertambah. Hal tersebut memaksa kita melakukan renovasi dibeberapa bagian yang memang sudah waktunya diganti atau diperbaiki. Tidak hanya itu, alasan kita merenovasi rumah bisa jadi karena ingin menambah ruangan atau sekedar mengganti model rumah yang mungkin sudah ketinggalan zaman.

Bagian-bagian Rumah Murah yang Perlu Direnovasi

Merenovasi sebuah rumah boleh dibilang melakukan pekerjaan proyek sama seperti pembangunan rumah sebelumnya. Warna rumah yang memudar atau mengikuti perkembangan model merupakan alasan yang cukup relevan untuk melakukan renovasi rumah. Untuk renovasi rumah sebenarnya kita tidak perlu melakukan perombakan secara total. Ada kasus dimana renovasi dilakukan hanya untuk menciptakan aura berbeda pada ruangan-ruangan didalamnya.

Di negara kita, orang cenderung melakukan renovasi atau perombakan rumah setelah jangka waktu 10 hingga 20 tahun. Umumnya renovasi yang dilakukan adalah memperbaiki, memodifikasi, meningkatkan, serta mengganti elemen rumah yang dirasa sudah usang, rusak, atau tidak sesuai dengan trend mode rumah zaman sekarang. Untuk melakukan renovasi tersebut tak jarang menggunakan jasa arsitek sebab mereka kadang membutuhkan desain arsitektur yang rumit.

Jika rumah dibangun dengan 2 lantai, memanfaatkan ruangan di lantai 1 yang jarang digunakan merupakan bagian dari Renovasi Rumah Murah. Renovasi dibagian ini bisa juga sekaligus memperluas area bangunan hingga ke taman luar, menambah aksen garis-garis yang menonjol untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih indah. Bahkan jika ingin merenovasi struktur secara menyeluruh maka kita perlu merombak dinding, memodifikasi atap dan fasade, hingga mengubah posisi beberapa ruangan serta tangga rumah.

Ada bagian-bagian tertentu yang rata-rata sering direnovasi, seperti berikut ini:

Untuk mendapatkan tampilan rumah yang elegan dengan biaya murah, kita bisa mengubah tampilan fasade dengan cara mendesain ulang ketingian dek atau teras. Jika kebetulan rumah kita tidak memiliki dek atau teras kita bisa menambahkan satu diantaranya agar tampilan fasade terlihat kokoh.

Rumah yang dibangun dengan biaya murah biasanya relatif kecil dan sederhana, namun sebuah gagasan yang cemerlang jika kita mengaplikasikan jendela berukuran agak besar. Jika sebelumnya jendela dipasang di dinding yang kurang strategis, kita harus mengubah posisinya ke bagian dinding yang memungkinkan cahaya masuk dengan leluasa. Jadi disini yang perlu dipertimbangkan adalah pilihan posisi jendela yang tepat agar ruangan mendapat pasokan cahaya yang cukup. Selain itu jendela besar juga memungkinkan kita lebih leluasa menikmati pemandangan indah di luar ruangan.

Jalur landscape merupakan bagian ekterior rumah yang layak untuk diperhatikan. Jika sebelumnya terlihat monoton dengan pemandangan yang cenderung membosankan, kita bisa menambah bebrapa tumbuhan atau pohon kecil di jalur tersebut. Renovasi landscape ini perlu diprioritaskan untuk menciptakan panorama rumah dengan sentuhan alam sekaligus mempertegas focal point rumah itu sendiri.

Jika seluruh ruangan sudah direnovasi dengan desain yang tepat namun ternyata ruangan masih terasa sempit, sebaiknya bagian konstruksi atap kita renovasi. Dengan mengubah tampilan atap sedikit lebih tinggi maka seluruh ruangan dibawahnya terasa lebih lapang. Dengan atap yang lebih tinggi juga akan memperlancar sirkulasi udara sehingga ruangan tetap nyaman dan tidak terasa pengap.

Pada dasarnya Renovasi Rumah Murah hanyalah memoles kembali rumah sedemikian rupa untuk menciptakan dimensi baru serta menambah ilusi agar terlihat artistik dan dekoratif sekaligus untuk menambah nilai estetika rumah tersebut.