Segarnya Berwisata ke Puncak Suroloyo

Segarnya Berwisata ke Puncak Suroloyo

Kamis, 20 April 2017 Wisata 69 Ashilla Zahra

Segarnya Berwisata ke Puncak Suroloyo – Bagi sebagain wisatawan mungkin nama Puncak Suroloyo masih terdengar asing. Keberadaan objek wisata alam ini di kawasan Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta. Konon Puncak Suroloyo sampai saat ini menyimpan kisah legenda yang sangat terkenal. Seorang Tokoh Raden Mas mendapat wangsit untuk berjalan ke Keraton Kotagede menuju pegunungan dan melakukan tapa brata di Puncak Suroloyo.

Sepanjang perjalanan ke Puncak Suroloyo para pengunjung akan menaiki tangga yang jumlahnya hampir ratusan dengan tingkat kemiringan lumayan terjal. Jalanan dengan keelokan yang tajam tersebut memang penuh tanjakan dan diapit oleh jurang maupun bukit. Namun saat tiba di lokasi Suroloyo akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Inilah segarnya berwisata ke Puncak Suroloyo sebagai ajang rekreasi keluarga.

Kesegaran Wisata Alam di Puncak Suroloyo

Lokasi dan Akses Menuju Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo berada di Kecamatan Samigaluh, tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari yang masuk ke dalam Kabupaten Kulonprogo. Adapun akses menuju untuk mencapai objek wsata ini bisa ditempuh dari 2 jalur. Jika anda berasal dari Yogyakarta, maka bisa melalui Jalan Godean Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo. Sementara itu, ada jalur alternatif yang ditempuh dengan jalan kaki melalui Borobudur menuju kearah selatan menuju sub terminal Samigaluh selanjutnya ke arah Suroloyo.

Fasilitas dan Tarif Masuk ke Suroloyo

Adapun fasilas yang tersedia di Suroloyo masih berupa warung-warung kecil yang menyediakan makanan maupun minuman. Namun apabila anda melalui daerah Nanggulan, maka bisa menjumpai warung sate yang terkenal. Untuk memasuki kawasan obyek wisata Puncak Suroloyo, anda harus membayar tiket sebesar Rp.2.000,- per orang. Jika anda menggunakan jasa ojek rute dari pertigaan Bendo ke puncak Soroloyo tarifnya Rp. 50.000,-

Asal Muasal Suroloyo di Kulonprogo

Pada kisah pewayangan, Suroloyo merupakan tempat para Dewa Kahyangan  yang bermukim. Di Kulonprogo sendiri mempunyai Puncak Suroloyo yang konon digunakan sebagai singgasana para Dewa. Hal tersebut bisa saja benar, karena karena puncak dengan ketinggian 1.091 meter di atas permukaan air laut itu  dan uniknya terdapat sebuah patung Bathara Guru Dewa Syiwa dalam agama Hindu. Patung itu berdiri di atas Lembu Andhini yang seakan-akan sedang memandang panorama alam.

Panorama di Puncak Suroloyo

Ketika sampai di kawasan Puncak Suroloyo, anda akan melihat beberapa puncak gunung secara jelas seperti Merbabu, Merapi, Sidoro, dan Sumbing. Apabila anda beruntung pastikan dapat menyaksikan kemegahan Candi Borobudur. Di Puncak Suroloyo inilah anda bisa menenangkan pikiran dan membawa ketenangan diri. Disarankan anda untuk berangkat dini hari sehingga bisa menikmati keindahan sunrise dari puncak tertinggi.

Menyaksikan Upacara Jemasan

Pada waktu-waktu tertentu puncak Suroloyo ini dipadati oleh pengunjung, terutama setiap tanggal 1 Sura atau 1 Muharram,  karena akan diadakan acara upacara “jamasan” pusaka Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Manggolo Dewo yang bertempat di sendang Kawidodaren yang terletak 300 meter dari puncak.

Demikian landmark dari Kabupaten Kulonprogo yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Sebaiknya atur jadwal liburan anda ke Puncak Suroloyo yang penuh dengan kesegaran.