Pulau Sempu Surga Kecil di Jawa Timur

Pulau Sempu Surga Kecil di Jawa Timur

Selasa, 2 Mei 2017 Wisata 80 Ashilla Zahra

Pulau Sempu Surga Kecil di Jawa Timur – Pulau Sempu memang menjadi primadona bagi para petualang untuk menjelajah alam yang sangat indah. Keberadaan pulau kecil di Kabupaten Malang Selatan dan termasuk kawasan Cagar Alam yang fungsinya kini hampir terancam. Mungkin Pulau Sempu memilik daya tarik tersendiri dikarenakan pesona laguna di bagian tengah Pulau Sempu yang bernama Segara Anakan.

Sebagai Balai Konservasi Sumber Daya Alam di Jawa Timur, Pulau Sempu merupakan pulau yang tak berpenghuni. Namun hanya dihuni oleh berbagai jenis flora dan fauna khas hutan tropis. Untuk sampai di Pulau Sempu maka para wisatawan harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki yang cukup lama. Ada baiknya anda menyimak ulasan berikut tentang keeksotisan pulau sempu sebagai surga kecil di Jawa Timur.

Pulau Sempu, Surga Alam Jawa Timur

Akses Menuju ke Objek Wisata

Jika anda datang dari Kota Malang, maka bisa memakan waktu selama 2 jam untuk sampai ke Segara Anakan yang menjadi titik tolak ke Pulau Sempu. Ketika sampai di pantai, pastikan anda melapor ke resort konservasi wilayah Pulau Sempu dan telah membawa surat ijin masuk. Sebaiknya anda tiba di pantai saat pagi hari, karena perjalanan menuju ke Pulau Sempu memakan banyak waktu. Cobalah anda menyewa perahu nelayan yang ditarif sekitar Rp. 150.000,- dengan waktu tempuh 10 menit. Biasanya kapasitas perahu nelayan hanya berjumlah 10 orang saja.

Pesona Alam di Segara Anakan

Pemandangan alam ketika memasuki Segara Anakan, anda akan disuguhi oleh beningnya air yang terhampar dengan pasir putih beserta karang-karang yang mengelilinginya. Maka jika dilihat dari kejauhan laguna tersebut nampak sangat indah. Di kawasan inilah, anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik, mulai dari bersantai, berenang, hingga bermain air. Namun jika anda ingin bermalam ke Pulau Sempu, bisa saja menyewa tenda dengan cara berkamping dari pantai sendang biru. Selain itu, anda dapat berwisata kuliner karena banyak warung makan yang berdiri di sepanjang kawasan objek wisata tersebut.

Teluk Semut di Pulau Sempu

Ada sebuah teluk di Pulau Sempu bernama Teluk Semut, anda bisa bertolak untuk menuju ke Segara Anakan dengan jalur trekking selama 30 menit guna menembus huatan. Anda pun perlu berhati-hari karena medan perjalanan cukup berat akibat curam di beberapa tempat. Bahkan pada saat musim penghujan, seluruh tanah di Pulau Sempu terlihat becek dan licin. Oleh karena itu, rencakanan liburan di musim kering seperti bulan Juli dan Agustus agar terhindar dari jalanan berlumpur.

Di perjalanan anda akan menjumpai berbagai binatang liar yang masih dihuni di kawasan Pulau Sempu, mulai dari macan, jaguar, ular, hingga babi hutan. Ada baiknya anda menggunakan jasa guide dari badan konservasi untuk menemaninya selama trekking. Ada jalur trekking yang biasa dilalui para pecinta alam.  Jalur tersebut bermula dari pantai waru – Waru – telaga lele – telaga sat – pantai kura kura – pantai pasir panjang – pantai kembar 1 – pantai kembar 2 – Segara Anakan.