Persatuan Dan Kerukunan

1 min read

Persatuan Dalam Islam

Assalamu’alaikum wr.wb. Bismillahirrahmanirrahim, Sahabat, nash-nash Al-Qur’an dan sunnah menegaskan bahwa kaum muslimin wajib mewujudkan persatuan. Namun persatuan yang diinginkan adalah dalam islam bukanlah persatuan yang didasarkan pada ikatan fanatisme kelompok, kesukuan, ataupun ikatan yang lainnya.

Islam hanya menginginkan persatuan dikalangan umat yang didasarkan pada semangat nilai-nilai keislaman dan tauhid. Namun demikian fenomena umat islam dewasa ini sangatlah jauh dari ajaran yang disampaikan dalam ayat Al-Qur’an diatas.

Hampir semua ulama dan cendekiawan muslim sedunia menyepakati bahwa kaum muslimin saat ini menghadapi satu problema besar, yaitu tercerai berai menjadi beberapa kelompok. Berbagai fakta perpecahan dibidang ekonomi, politik, kebudayaan aliran agama, dan hal-hal lainnya.

Menunjukan bahwa kaum muslimin tidak bisa menjalin persatuan yang kokoh berdasarkan tali Allah. Padahal hanya dengan persatuan sajalah berbagai problema yang dihadapi umat islam dapat diatasi.

 

Baca Juga : cara menguatkan iman di situs nyamankubro.com

 

Apabila kita merujuk pada sejarah umat islam, dapat kita ketahui bahwa bagaimana pembentukan umat islam pada waktu itu tidak lepas dari upaya Rasulullah untuk mempersatukan para sahabatnya yang berasal dari berbagai kabilah Arab.

Keberhasilan Rasulullah pada masa itu bahkan tidak hanya sebatas mempersatukan antara kabilah yang ada di Madinah, dimana sebelumnya Rasulullah hijrah mereka saling berperang, namun juga antara kaum Muhajirin dan Anshar.

persatuan yang dibentuk Rasulullah saw benar-benar didasarkan pada persaudaraan yang bersifat universal yakni, atas nama kalimat Tauhid.Apabila diperhatikan secara seksama, perpecahan umat dewasa ini khususnya yang ada di Indonesia lebih disebabkan oleh kesalahpahaman kaum muslimin dalam menyikapi perbedaan yang terjadi.

Bukankah Allah swt telah menciptakan perbedaan diantara umat manusia untuk saling mengenal dan dihadapi secara wajar dan bijaksana. Karena memang perbedaan tidak menghendaki adanya keseragaman dimuka bumi.

Karena memang perbedaan diantara umat islam sebagai ujian bagi mereka dan untuk menunjukan kualitas keimanan masing-masing individu dimata Rabb.

 Kerukunan Beragama

Kerukunan beragama jangan diartikan dalam merukunkan ajaran agama-agama. Karena masing-masing agama pada hakikatnya memiliki klaim-klaim kebenaran yang berada pada wilayah sensitive. Oleh karena itu, kerukunan beragama hendaklah diartikan keyakinan doktriniyah.

Dengan demikian , yang perlu dirukunkan bukan ajaran agamanya tetapi umatnya, yang sama-sama satu bangsa. Disinilah pentingnya sikap toleransi. Secara etimologi, kata toleransi dalam bahasa arab disebutkan dengan istilah tasamuh. Secara terminology berarti sikap saling menghargai, memberikan kesempatan untuk berprinsip maupun berideologi yang berbeda atau bertentangan dengan pendirian diri sendiri.

Kalau memang seperti ini, sikap tasamuh bisa memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Hanya saja pada praktiknya sikap ini hanya dikaitkan dengan perbedaan keyakinan agama. Sikap tasamuh perlu dikembangkan dengan berpegang teguh pada semangat bahwa kebenaran agama dinisbatkan kepada masing-masing pemeluknya.

Dengan demikian, tidak ada upaya memaksakan keyakinan kepada orang lain yang menganut suatu agama. Bahkan dalam konteks lain, apapun yang dilaksanakan oleh pemeluk agama tertentu tidak dapat diganggu atau dilarang atas nama sebuah keyakinan agama lain.

Antara seorang muslim dengan muslim adalah saudara. yang mengikat persaudaraan ini ialah keyakinan agama. Orang yang seagama berarti mempunyai Tuhan yang sama. Nabi yang sama, dan tujuan hidup yang sama yakni akhirat. Persaudaraan yang terjalin antara umat islam ini menyangkut seluruh sendi kehidupan, mulai dari pribadi, ekonomi, sosial, bahkan masalah kenegaraan.

Diantara sesama muslim hendaknya saling kasih sayang, saling membantu, saling tolong menolong menghadapi persoalan kehidupan.

Wassalamu’alaikum wr.wb

Doa di saat Wabah

admin
1 min read

Doa Nurbuat

kevin
3 min read

Peradaban Islam Masa Klasik

admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *