Perbedaan Hosting dan Domain beserta Pengertiannya

Perbedaan Hosting dan Domain beserta Pengertiannya

Sabtu, 22 Desember 2018 Teknologi 186 Kevin Hendrawan

Hosting dan domain adalah istilah yang sering dipakai dalam jaringan komputer khususnya internet. Hosting dan domain merupakan dua hal yang berbeda namun saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan.

Semua orang yang berhubungan dengan jaringan internet tentunya sudah tidak asing dengan kedua istilah tersebut namun belum tentu mengetahui dengan benar apa saja perbedaan hosting dan domain tersebut khususnya bagi orang awam dan pemula. Beruntunglah untuk Anda yang mengenjungi website kami ini, disni kami akan menjelaskan lebih lanjut apa itu hosting dan domain yang harus Anda ketahui agar tidak salah pengertian.

Agar bisa lebih paham tentang istilah hosting dan domain, berikut akan kami berikan perbedaan antara keduanya, yaitu perbedaan hosting dan domain.

Perbedaan Hosting dan Domain

Apa itu Hosting?

Hosting adalah istilah yang sering dipakai untuk tempat menyimpan data komputer berbentuk file seperti gambar, teks video dan sebagainya yang bisa diakses dan dipakai secara mudah lewat jaringan internet. Server hosting umumnya berbentuk sebuah mesin komputer yang memiliki spesifikasi hardware paling baik.

Komputer itu biasanya disebut dengan komputer server yang mempunyai sumber daya saling mendukung dilengkapi dengan sistem operasi khusus dan juga aplikasi yang bisa menunjang kinerja server serta bisa berjalan tanpa henti secara terus menerus.

Komputer server untuk file hosting ini umumnya disimpan pada data center yang dilengkapi dengan suplai listrik baik dan terhubung langsung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi sehingga bisa mengcover koneksi atau permintaan layanan komputer client dalam jumlah banyak.

Apabila hosting yang dipakai untuk menyimpan file dan aset halaman web, maka disebut dengan web hosting. untuk mempunyai web hosting tersebut, umumnya anda harus menyewa dengan harga tertentu yang besar kecilnya tergantung pada spesifikasi hardware dan layanan aplikasi server yang dipilih.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama alamat untuk akses halaman situs yang mudah untuk dipahami sebagai pengganti alamat IP address komputer pada jaringan dan akan mengarahkan ke alamat IP server hosting. Ketentuan nama domain umumnya diatur badan regulasi domain dunia dan pemerintaahan di setiap negara. Beberapa nama domain umumnya memiliki akhiran seperti berikut ini:

  • .com
  • .net
  • .co.id
  • .id
  • .org dan sebagainya.

Selain ektensi diatas ada banyak lagi yang bisa Anda dapatkan ketika mulai mencari domain di situs layanan penjualan domain dan hosting. Ada sugest ektensi ketika anda mengetikkan sebuah domain nama unik yang ingin Anda miliki biasanya.

Untuk memiliki nama domain pribadi, maka anda harus membeli ke jasa penyedia layanan hosting dan domain. Sementara untuk harga nama domain akan sangat menentukan pada jenis domain yang dipilih jadi jika ingin mendapatkan harga hosting ataupun domain dengan harga murah Anda harus mencari promo terbaru dari layanan jasa web hosting yang ada di Indonesia ataupun luar negeri, jika di Indonesia Anda dapat menemukan kode promosi Niagahoster setiap bulan yang dibagikan oleh patner affiliasi pada jasa layanan web hosting tersebut.

Nah itulah tadi edukasi informasi tentang perbedaan hosting dan domain yang bisa Anda ketahui ketika pertama kali ingin membuat website.

Sumber: promohosting.id