Peralatan Camping di Gunung

1 min read

Mendaki gunung atau hanya sekadar camping menjadi suatu hal yang banyak digandrungi oleh anak muda dewasa ini.

Medan yang ditempuh memang beragam, tergantung lokasi tujuan dari kegiatan tersebut. Tak heran jika peralatan yang dibutuhkan pun bermacam-macam.

Peralatan camping di gunung itu harus dibawa dan disediakan dengan lengkap untuk dijadikan sebagai media ketika di perjalanan. Informasi selengkapnya dapat kamu simak pada pembahasan berikut ini.

Daftar Peralatan Camping di Gunung yang Wajib Dibawa

Peralatan Camping di Gunung

Camping menjadi kegiatan alam yang menyenangkan jika kesemuanya dipersiapkan dengan baik.

Termasuk dalam hal peralatan camping untuk di gunung yang wajib untuk dilakukan pengecekan ulang. Berikut list yang perlu kamu persiapkan.

Pilih Tenda/ Dome yang Baik

Digunakan sebagai tempat istirahat ketika berada di hutan, dome yang ada di pasaran menawarkan beragam jenis dari berbagai merek.

Entah single layer atau double layer pilihlah jenis dome yang waterproof, mudah pengepakan, tidak berat, dan tentunya sesuaikan kebutuhan.

Siapkan Logistik Perbekalan

Perbekalan menjadi suatu hal yang harus diperhatikan dengan baik. Bawalah beberapa makanan segar dengan packing yang bagus karena akan dipergunakan untuk beberapa hari kedepan ketika melakukan camping.

Usahakan bawa seperlunya saja, jangan membebani diri ketika akan mendaki nantinya.

Gunakan Carrier yang Tepat

Pilihlah jenis carrier atau tas yang tepat. Jangan terlalu kecil maupun terlalu besar. Sesuaikan dengan tubuh kamu serta banyak tidaknya perlengkapan yang kamu bawa.

Pakai Sepatu Khusus Hiking

Mengingat lokasi tujuan yang tidak rata dengan medan tempuh yang berbeda-beda, ada baiknya kamu juga memperhatikan jenis sepatu yang digunakan. Pilihlah sepatu yang benar-benar khusus untuk hiking.

Persiapkan Matras dan Sleeping Bag

Struktur tanah yang tidak rata mengharuskan kamu untuk membawa matras dan sleeping bag. Matras dapat kamu gunakan sebagai alas maupun untuk sekadar sebagai tempat duduk. Pilihlah sleeping bag yang tebal namun tetap mudah ketika di packing dan tidak memakan tempat.

Bawa Peralatan Memasak

Jika kamu ingin memasak ketika di perjalanan, bawalah peralatan masak yang mumpuni. Bawalah nesting dan kompor, dengan memilih salah satu bahan bakar yang akan digunakan apakah minyak, gas atau parafin.

Bawa Serta Sarung Tangan dan Pelindung Kepala

Cuaca yang dingin dan tak menentu mengharuskan kamu membawa beberapa perlengkapan kecil lainnya. Seperti sarung tangan, pelindung kepala, masker dan lainnya.

Meski terlihat sepele, namun kamu tidak akan pernah tahu hal apa saja yang akan terjadi ketika diperjalanan. Untuk itu ada baiknya kamu tetap membawa serta peralatan tersebut.

Jangan Melupakan Gaiters dan Treking Pole

Gaiters dan treking pole seperti peralatan yang harus dimiliki terutama bagi kamu yang ingin camping di tempat yang medannya curam, berbatu, dan semak belukar.

Gaiters dapat melindungi kaki dari semak belukar yang berduri dan melindunginya dari cuaca dingin. Sedangkan treking pole dapat dijadikan sebagai alat bantu ketika akan mendaki dengan kondisi medan terjal.

Siapkan Jas Hujan dan Jaket

Lagi-lagi cuaca tidak dapat diprediksi dengan baik. Untuk itu bawalah jas hujan dan jaket untuk perlengkapan cadangan.

Bawa Headlamp

Kondisi hutan yang gelap mengharuskan kamu untuk membawa serta senter atau headlamp.

Siapkan Tali

Jangan lupa untuk membawa tali yang dapat dipergunakan untuk membuat jemuran ketika di atas nantinya.

Bawa Survival Kit

Perlengkapan lain seperti P3K, kompas dan peralatan darurat lainnya wajib untuk dibawa serta.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai daftar peralatan camping di gunung yang harus diperhatikan dengan saksama.

Tetap taati peraturan dan jaga kelestarian alam ya ketika mendaki. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *