Peradaban Islam Masa Klasik

1 min read

Masa klasik merupakan masa cikal bakal pembentukan peradaban islam.  Peradaban islam dibangun dengan menjadikan agama islam sebagai dasar pembentukannya.

Dalam masa klasik ini akan diuraikan dinamika yang terjadi pada masyarakat muslim dalam upaya menegakan risalah islam di sekitar Jazirah Arab sebagai pandangan hidup baru masyarakat. Yang termasuk zaman klasik adalah perkembangan risalh islam,pada zaman Rasulullah dan Khilafah Rasyidah.

Peradaban Arab Pra  Islam

Beberapa sebelum islam diperkenalkan dan diperjuangkan oleh nabi Muhammad SAW sebagai fondasi peradaban baru, bangsa Arab dan bangsa-bangsa yang laintelah memiliki peradaban. Secara berturut-urut akan diungkapkan berbagai aspek peradaban pra-islam, diantaranya agama,politik,ekonomi, dan seni budaya.

  • Agama Pra-Islam

Sebelum kedatangan islam yang dibawa oleh nabi Muhammad SAW , didunia Arab terdapat bermacam agama, yaitu Paganisme, Kristen,Yahudi, Nasrani, dan Majusi. Masjid masyarakat Arab telah mengenal tauhid sejak kedatangan Nabi Ibrahim.

Bekas-bekas agama nabi Ibrahim masih tersisa ketika islam diperkenalkan pada masyarakat Arab. Secara fisik dapat kita lihat dalam bentuk Baitullah dan Ka’bah. Yang berada di kota Mekah.

Islam Pada Masa Nabi Muhammad SAW

Ditengah perilaku sehari-hari dan keberagaman yang menyimpang dari prinsip taauhid yang pernah diajarkan nabi Ibrahim alaihissalam, hadirlah cahaya baru, yaitu islam. Melihat situasi masyarakatnya yang semakin jauh dari prinsip-prinsip kebenaran, nabi Muhammad memutuskan untuk melakukan kontempelasi.

Orang muda yang dijamannya dijuluki Al-Amien (yang terpercaya) ini ingin mendapatkan jawaban tentang situasi dan nasib manusia. Renungan yang mendalam atas apa yang terjadi pada masyarakatnya itu embuat dadanya sesak dan punggungnya terasa penuh beban.

Orang muda yang banyak berkontempelasi ini akhirnya diamanahi Allah SWT untuk menjadi Nabi dan Rasul Allah. Penunjukannya sebagai nabi ditunjukan dengan turunnya wahyu ilahi ketika beliau berada di gua hira’ tepatnya beliau pada saat berumur 40 tahun.

Wahyu pertama yang diterimanya adalah suarh Al-Alaq “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah , dan Tuhanmulah yang paling pemurah. Yang mengajarkan dengan pena. Yang mengajar manusia apa yang mereka tidak ketahui “

Dengan wahyu pertama ini nabi Muhammad telah diangkat sebagai nabi Allah. Pada masa ini beliau belum disuruh untuk menyeru kepada umatnya. Orang-orang yang segera mempercayai kenabiannya dan menyatakan kesediaannya ada beberapa.

Diantaranya adalah istrinya yaitu khadijah, keponakannya yang diasuhnya semenjak kecil yaitu Ali Bin Abi Thalib, dan mantan hamba sahayanya  Zaid Bin Haristsah yang masih tinggal di rumah beliau.

Dengan demikian , pendukung pertama perjuangan Muhammad adalah keluarganya sendiri.

Wahyu Yang Kedua Turun

Pada saat nabi Muhammad dalam keadaan berselimut dikarenakan menggigil setelah mendengar suara gemerincing yang keras, yang tidak pernah didengar sebelumnya. Pada saat beliau menerima wahyu surah Al-Muddatstir ;

“hai orang yang berselimut ! bangun dan sampaikanlah peringatan dan agungkanlah Tuhanmu. Pakaianmu pun bersihkan. Dan hindarkan perbuatan dosa. Jangan kau memberi, karena ingin menerima lebih banyak. Dan demi Tuhanmu , tabahkanlah hatimu”

Semenjak itulah nabi Muhammad diangkat sebagai Rasul dan berbeda dengan nabi yang tidak diwajibkan menyeru orang-orang untuk kembali pada Allah , sebagai Rasul beliau berkewajiban untuk menyeru.

Tugas nabi Muhammad adalah menyeru kebenaran kepada umat manusia dan menyukseskan risalah yang diberikan kepadanya.  Seluruh hidup nabi Muhammad sesudah penunjukannya sebagai Rasul diarahkan untuk menyukseskan tugas yang berat ini.

Doa Nurbuat

kevin
3 min read

Persatuan Dan Kerukunan

admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *