Penyebab Susah Buang Air Besar

Penyebab Susah Buang Air Besar

Minggu, 17 Desember 2017 Kesehatan 763 Ashilla Zahra

Penyebab Sembelit – Pernahkah Anda mengalami susah buang air besar? Ya sebagian besar orang pernah mengalami masalah pencernaan yang satu ini. Banyak sekali faktor yang menyebabkan proses pencernaan terhambat sehingga menyebabkan orang susah buang air besar. Bahkan menurut American Society of Colon and Rectal Surgeons, sekitar 80 persen orang diberbagai tempat terpengaruh masalah sembelit, sehingga sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang sebagian besar orang mengalaminya.

Anda yang mengalami masalah kesehatan yang satu ini tentunya bertanya-tanya apa yang menyebabkan Anda mengalami sembelit atau susah bab. Nah, berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab susah buang air besar beserta cara menanganinya.

1 . Sedang berwisata

Saat bepergian atau berwisata ke suatu tempat, biasanya orang sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, waktu makan jadi tidak tepat, sehingga pola makan berubah drastis secara konstan.
Perubahan pola makan seperti itu membuat sistem pencernaan kaget atau trauma sehingga menimbulkan masalah pada sistem pencernaan.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan dari seorang ahli pencernaan & anggota American College of Gastroenterology yaitu Jordan Karlitz bahwa kebiasaan buang air besar seseorang dapat berubah akibat mengkonsumsi makanan yang tidak biasa saat pergi berwisata
.
Untuk menghindari hal tersebut, usahakan untuk tetap menjaga pola makan. Konsumsi makanan yang mengandung serat yang cukup. menurut pedoman diet dari Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat, untuk wanita dewasa asupan serat yang baik yaitu sekitar 25 gram

2 . Stres

Menurut salah seorang ahli pencernaan, selain perubahan pola makan, stres yang dialami seseorang dapat menyebabkan orang susah buang air besar atau proses pencernaan menjadi tidak teratur. Kurang istirahat/tidur, terlalu banyak pikiran membuat orang mengalami stres. Stres yang dialami seseorang membuat sistem saraf enterik bermasalah, sedangkan sistem saraf enterik ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Agar kesehatan sistem pencernaan Anda tetap terjaga dan tidak mengalami susah bab, istirahat yang cukup dan menghindari hal-hal yang memicu stres.

3 . Mengubah Kebiasaan

Orang yang rutin atau konsisten berolahraga tentunya memiliki tubuh yang lebih sehat. Namun jika seseorang tersebut berhenti berolahraga dan mengubah kebiasaannya tersebut tentunya berdampak pada seluruh sistem tubuh, termasuk mengganggu kesehatan sistem percernaan. Hal tersebut terjadi karena tubuh sudah terbiasa dengan aktivitas olahraga, saat berhenti berolahraga tubuh akan kaget dan belum terbiasa dengan kebiasaan baru.

Solusi untuk masalah ini yaitu tetap  konsisten menjalankan olahraga. Jika tidak sanggup untuk konsisten melakukan olahraga, lakukan sesuai porsinya saja dan jangan latihan secara berlebihan.

4 . Kehamilan

Saat menjalani masa kehamilan, banyak sekali masalah kesehatan yang dikeluhkan, salah satunya yaitu sembelit. Saat hamil, seorang ibu mengalami perubahan hormon yang menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah tersebut.

Agar perut tetap nyaman dan sistem pencernaan tetap lancar selama masa kehamilan, hindari berbagai makanan yang memicu timbulnya sembelit dan penyebab masalah sistem pencernaan lainnya.

5 . Pengobatan nyeri

Penyebab lain timbulnya masalah sembelit yaitu penggunaan obat penahan nyeri. Mereka yang sedang sakit atau sehabis melakukan pembedahan atau operasi, biasanya mengkonsumsi obat pereda nyeri. Nah, berbagai jenis obat tersebut dapat menyebabkan sistem pencernaan tidak lancar.

6 . Dehidrasi

Telah kita ketahui bersama, air putih memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Untuk itu setiap orang wajib mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain agar tidak mengalami dehidrasi, air putih memiliki peran penting dalam proses pencernaan. Cairan di dalam tubuh berfungsi untuk mengangkut serat dan makanan untuk dicerna tubuh.

7 . Masalah tiroid

Dari sekian banyak penyebab sembelit atau susah bab, penyebab yang satu ini jarang sekali diketahui orang. Penyebab tersebut yaitu terjadi masalah pada tiroid. Tiroid berfungsi melepaskan berbagai hormon yang berperan penting bagi proses tubuh, salah satunya yaitu proses pencernaan.

Apabila Anda mengalami Hipotiroidisme, Anda akan kekurangan hormon-hormon yang berperan aktif dalam proses pencernaan. Hal tersebut terjadi karena kelenjar tiroid mengalami penurunan fungsi. Akibatnya usus Anda akan melemah dan butuh proses yang lama dalam mencerna yang berujung pada sembelit.

8 . Kondisi kronis

Apabila Anda mengalami sembelit dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus, Anda wajib periksa ke Dokter dan mengkonsultasikannya. Karena biasanya sembelit yang tak kunjung sembuh, bahkan disertai rasa sakit dari kepala sampai pencernaan diakibatkan oleh penyakit yang kronis seperti sindrom iritasi usus.

Agar Anda tidak mengalami sembelit, usahakan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  1. Pola makan yang sehat dan teratur
  2. Menjaga asupan makanan
  3. Hindari konsumsi makanan yang menyebabkan sembelit
  4. Minum air putih yang cukup
  5. Penuhi kebutuhan serat tubuh dengan mengkonsumsi buah dan sayur.
    Untungnya, mengobati sembelit cukup sederhana. Yakni dengan mengonsumsi makanan sehat, minum cukup air, dan mendapat 25 gram serat setiap hari dari berbagai sumber pangan.