8 Penyebab Timbulnya Jerawat Dewasa

8 Penyebab Timbulnya Jerawat Dewasa

Kamis, 5 Oktober 2017 Kecantikan 453 Ashilla Zahra

Penyebab jerawat dewasa sering sama dengan jerawat selama masa remaja bagi orang-orang yang memiliki jerawat remaja. Namun, untuk orang dewasa yang tidak pernah punya jerawat sebelumnya, akan ada alasan baru mengapa mereka sekarang telah terkena jerawat.

Sementara penyebab pasti dari jerawat dewasa bisa diperdebatkan, telah diketahui bahwa fluktuasi hormon dapat memicu timbulnya jerawat dewasa. Itulah mengapa banyak wanita menderita jerawat dewasa pada waktu siklus menstruasi mereka.

Sementara hormon merupakan kontributor besar timbulnya jerawat dewasa, ada sejumlah alasan lain juga. Berikut adalah delapan Penyebab Jerawat Dewasa yang pada umumnya sering terjadi.

  1. Kurangnya pengetahuan tentang penyebab Jerawat

Kebanyakan dermatologists fokus sepenuhnya pada kulit ketika mereka berbicara tentang penyebab jerawat remaja dan dewasa. Mereka berkonsentrasi pada bagaimana sel kering bercampur dengan sebum, dan penyumbatan yang terjadi di pori-pori yang kemudian menyebabkan sebum dan infeksi bakteri yang sering terjadi.

Meskipun ada kebenaran pada jawaban ini, itu tidaklah lengkap. Dan gagal untuk memahami penyebab yang lebih dalam tentang jerawat remaja dan dewasa sayangnya menghasilkan perawatan yang gagal.

Penyebab jerawat sebenarnya ialah racun dan limbah yang terbentuk di dalam tubuh yang tidak dengan benar dihilangkan. Tubuh memiliki beberapa metode untuk mengusir racun, melalui hati, ginjal, usus, usus halus, dan organ lainnya.

Namun, jika salah satu organ tubuh yang lemah dan tidak dapat menangani beban – atau jika penumpukan yang terlalu besar atau terlalu cepat – dapat menyebabkan jerawat.

Itu karena tubuh benar-benar harus menyingkirkan racun. Jadi dalam upaya terakhir untuk membersihkan diri, tubuh mencoba untuk mengeluarkan racun yang tidak diinginkan keluar melalui pori-pori kulit. Luka dan noda yang hasilnya adalah apa yang kita sebut jerawat.

  1. Jerawat dan Menstruasi.

Sering kali, jerawat dewasa wanita akan terjadi di sekitar siklus menstruasi dan jerawat akan mengembang beberapa hari sebelum timbulnya menstruasi.

Alasan untuk hal ini adalah bahwa selama masa ini, tingkat estrogen wanita menurun sementara tingkat progesteron nya mulai naik. Hal ini menyebabkan kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih banyak minyak, yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat.

  1. Jerawat dan Kehamilan

Hal ini sangat umum, jerawat dewasa dapat muncul selama kehamilan. Wanita mengalami perubahan hormon selama kehamilan. Jerawat sering paling buruk selama tiga bulan pertama kehamilan, ketika hormon yang berfluktuasia. Namun, adalah mungkin untuk jerawat berlangsung sepanjang kehamilan dan berlanjut ke masa menyusui.  Untungnya, kebanyakan wanita hamil kemungkinan akan kembali ke keadaan semula setelah itu.

  1. Sindrom Ovarium polikistik dan Jerawat

Sindrom ovarium polikistik, juga sering disebut sebagai Penyakit ovarium polikistik, adalah salah satu kondisi yang paling sering salah didiagnosis pada wanita. Kondisi ini mempengaruhi enam sampai sepuluh persen dari semua wanita – dan kebanyakan wanita bahkan tidak tahu mereka memilikinya!  Sementara menstruasi tidak teratur adalah tanda yang paling umum dari sindrom ovarium polikistik, jerawat hampir selalu hadir ketika kondisi ini terjadi.  Wanita yang menderita Sindrom ovarium polikistik menderita ketidakseimbangan hormon yang substansial. Ketika ketidakseimbangan hormon terjadi, jerawat sering timbul sendiri.

  1. Jerawat dan Menopause

Akan menyenangkan untuk berpikir bahwa menopause akan menandai awal dari akhir jerawat dewasa. Sayangnya, jerawat dewasa dapat muncul pada wanita menopause juga.  Meskipun tidak umum, tidak mungkin untuk mengalami timbulnya jerawat selama pada usia 40 ke atas. Ketika jerawat berkembang pada tahap ini, itu biasanya ringan, tetapi masih bisa menjadi penyebab rasa malu dan jengkel.

  1. Jerawat dan Obat

Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa obat dapat menyebabkan jerawat dewasa. Ini termasuk steroid anabolik, beberapa obat-obatan yang mengandung lithium dan yodium, isoniazid dan rifampisin, dan beberapa obat anti-epilepsi.

  1. Jerawat dan Zat Kimia

Bahan kimia industri Diklorinasi dapat membuat kelainan kulit yang disebut chloracne, yang sebenarnya merupakan jenis ruam yang disebabkan oleh paparan bahan kimia industri diklorinasi atau herbisida.

  1. Jerawat dan Tekanan atau Gesekan Fisik

Dapat pula, jerawat dewasa dapat disebabkan oleh beberapa tipe dari tekanan fisik kronis pada kulit, seperti penempatan biola di bawah rahang dan dagu, atau gesekan dari tali ransel.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai beberap Penyebab Jerawat Dewasa yang seringkali terjadi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat!