Penyebab Haid Tidak Teratur

Penyebab Haid Tidak Teratur

Senin, 7 Januari 2019 Kesehatan 35 Kevin Hendrawan

Sebagian wanita mengeluh bahwa haid mereka tidak teratur. Hal ini menjadi keresahan tersendiri karena salah satu ciri perempuan yang sehat adalah haid teratur. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang melakukan berbagai cara agar haid menjadi lancar kembali. Sesungguhnya, ada beberapa penyebab haid tidak teratur yang wajib diketahui oleh setiap wanita.

Beberapa Penyebab Haid Tidak Teratur yang Dialami Wanita

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat haid seseorang tidak teratur adalah penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya, seseorang akan semakin mudah dalam mengetahui solusi mudahnya. Haid yang tidak teratur sesungguhnya disebabkan oleh beragam faktor. Berikut adalah beberapa sebab yang bisa dijadikan sebagai tambahan wawasan Anda.

1. Stress yang Berlebihan

Penyebab pertama yang menjadikan haid seseorang tidak teratur adalah karena stress yang terlalu berlebihan. Saat seorang wanita tertekan dari sisi mentalnya atau sedang stress, ia akan mengalami penurunan produksi estrogen dan progesterone. Sedangkan kedua hormon tersebut sangat berpengaruh untuk sistem reproduksi wanita. Akibatnya, hormon tersebut menjadi tidak seimbang.

Jka hormon yang berperan aktif di dalam reproduksi tersebut tidak seimbang, maka akan menyebabkan tidak lancarnya siklus menstruasi perempuan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini bisa dihindari. Di antaranya dengan melakukan olahraga teratur. Dengan olah raga teratur, stress akan dapat dihindari dan stamina akan mengalami peningkatan.

2. Adanya Masalah pada Kelenjar Tiroid

Selanjutnya, haid yang tidak lancar ada kalanya disebabkan lantaran adanya permasalahan pada kelenjar tiroid. Masalah ini bisa berujung pada penyakit sejenis gondok. Dan sesungguhnya, ini sama sekali tidak menyebabkan berhentinya siklus haid pada perempuan. Namun, ini bisa menyebabkan masalah pada haid yang terlalu lancar, bahkan dalam sehari bisa mencapai haid beberapa kali.

Munculnya haid yang terlalu sering tersebut disebabkan karena adanya tiroid yang mengalami masalah kemudian menyebabkan hormon hipertiroid semakin banyak atau sebaliknya. Jika hormon tersebut terlampau aktif, maka selanjutnya akan berdampak pada siklus haid yang semakin cepat. Inilah yang menjadi penyebab dari siklus haid yang tidak teratur.

3. Kekurangan Gizi

Kekurangan gizi juga menjadi salah satu penyebab siklus haid menjadi tidak teratur. Kekurangan gizi merupakan suatu kondisi dimana seseorang tidak memperoleh asupan gizi dan juga nutrisi yang cukup dalam tubuhnya. Hal ini tentu akan berpengaruh kepada proses metabolisme tubuh, termasuk siklus haid seseorang yang menjadi tidak lancar setiap bulannya.

Sehingga, agar siklus haidnya semakin lancar setiap bulan, usahakan tubuh memperoleh nutrisi dan gizi yang mencukupi. Sehingga, haid tidak akan menjadi kacau ataupun berhenti. Di antara jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi adalah vitamin B, zat besi, asam lemak esensial, seng dan juga serat. Beberapa kandungan tersebutlah yang akan membantu melancarkan siklus haid Anda.

4. Kondisi Tubuh yang Sangat Kurus

Penyebab haid tidak teratur yang selanjutnya adalah keadaan atau kondisi tubuh seseorang yang terlampau kurus. Hal ini disebabkan karena adanya siklus menstruasi yang lancar setiap bulannya terjadi jika kadar hormon dalam tubuh, khususnya hormon estrogen mampu berjalan dengan baik dan seimbang. Sehingga, hormon ini mampu menghasilkan sel telur sampai pada masa selanjutnya.

Sedangkan pada seseorang yang kondisi tubuhnya sangat kurus, sangat besar kemungkinkan bagi seseorang tersebut untuk tidak memiliki hormon yang seimbang bahkan kurang. Hal inilah yang memicu sel telur menjadi tidak bisa terbentuk dengan baik. Akhirnya menjadi penyebab haid seseorang menjadi tidak lancar di setiap bulannya. Cara mengatasinya adalah dengan menggemukkan badan.

5. Mengkonsumsi Alkohol Berlebihan

Selain beberapa sebab di atas, haid yang tidak teratur ada kalanya disebabkan karena konsumsi alkohol yang terlalu berlebih. Sehingga, alkohol yang terlalu berlebih akan berdampak pada kesehatan tubuh seseorang. Salah satunya adalah mengganggu kelancaran dari sistem reproduksi. Akibat nyatanya bisa menyebabkan siklus haid seseorang mengalami masalah.

Hal tersebut disebabkan karena adanya konsumsi alkohol yang terlalu berlebih dapat menyebabkan kadar hormon estrogen menjadi sedikit atau menurun. Dengan demikian, siklus haid seseorang menjadi tidak lancar di setiap bulannya, Tidak hanya itu, mengkonsumsi alkohol secara berlebih jika bisa menyebabkan gejala PMS yang terlalu sakit dan terasa. Sehingga, sebisa mungkin hindarilah aklohol.

6. Diet yang Tidak Sehat

Hal berikutnya yang mangakibatkan haid tidak lancar adalah karena pengaruh dari program diet yang tidak sehat. Memang, tidak semua diet termasuk diet yang tidak sehat dan berbahaya. Namun, ada juga diet yang sehat yang direkomendasikan tanpa menimbulkan dampak buruk bagi tubuh. Diet yang tidak sehat inilah yang mengakibatkan haid seorang wanita tidak teratur,

Salah satu sebabnya adalah karena seseorang mengalami kekurangan nutrisi dalam tubuhnya. Ini bisa disebabkan oleh adanya diet ekstrem yang mengurangi asupan nutrisi. Alhasil, kerja dari hormon menjadi semakin lemah dan tidak mampu menyeimbangkan tubuh seseorang. Inilah yang menjadi alasan mengapa diet tidak sehat menyebabkan haid tidak teratur.

7. Pengaruh dari Obesitas

Sebab berikutnya adalah karena seseorang yang mengalami obesitas. Ternyata, tidak hanya dikarenakan tubuh yang terlalu kurus, namun tubuh yang mengalami obesitas juga menyebabkan haid menjadi tidak lancar. Adanya badan yang terlampau berlebih mengakibatkan seseorang mengalami masalah pada kinerja hormon mereka. Termasuk kinerja dari hormon estrogen yang berkaitan dengan siklus haid.

Jika produksi hormon tersebut tidak cukup, maka haid seseorang akan kurang lancar. Seseorang yang mengalami obesitas akan menyebabkan gangguan kelenjar tiroid. Obesitas menyebabkan nutrisi tubuh seseorang menjadi kurang seimbang. Dengan demikian, siklus haid pun menjadi tidak lancar.

8. Kelelahan Berlebih

Selain karena obesitas, haid yang tidak lancar juga disebabkan karena rasa lelah yang sangat berlebihan. Salah satu sebab banyaknya perempuan yang mengalami kelelahan adalah karena aktivitas yang terlampau padat dan berat. Sehingga, waktu untuk istirahat pun menjadi berkurang. Dengan kondisi tubuh yang terlalu lemah, maka tubuh tidak akan dapat mengkonsumsi hormon secara maksimal.

Dengan demikian, hormon estrogen yang merupakan jenis hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi tidak akan dapat diproduksi secara maksimal. Akhirnya, sistem reproduksi wanita pun mengalami gangguan dan terakhir menyebabkan siklus menstruasi yang tidak lancar pada seorang perempuan.

9. Karena Kanker atau Kista

Kanker atau kista juga menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. Kanker yang dimaksud adalah jenis kanker ovarium dimana kanker ini tubuh di dalam ovarium. Adanya kanker ovarium akan menyebabkan produksi sel telur yang bermasalah.

Selain disebabkan karena kanker ovarium, menstruasi yang tidak teratur juga disebabkan karena kista. Kista merupakan jenis tumor jinak yang banyak diderita oleh wanita. Oleh karena itu, sebisa mungkin penyakit ini harus dihindari.

Untuk dapat menghasilkan siklus haid yang teratur, Anda harus mencari berbagai alternatif yang aman dan mudah. Dan yang paling penting adalah berusaha untuk menghindari berbagai hal yang menyebabkan siklus tersebut tidak teratur.