11 Penyebab Gusi Berdarah yang Perlu Diketahui

11 Penyebab Gusi Berdarah yang Perlu Diketahui

Minggu, 3 Desember 2017 Kesehatan 872 Ashilla Zahra

Penyebab Gusi Berdarah – Pernakah Anda menemukan darah yang bercampur busa saat sedang menggosok gigi? Jika Anda mengalami hal tersebut, itu tandanya gusi Anda berdarah.

Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan gusi Anda mudah berdarah. Sebelum hal tersebut semakin parah, ada baiknya Anda mengetahui penyebab gusi berdarah agar langsung melakukan pengobatan atau perawatan agar gusi yang berdarah bisa teratasi dan sembuh.

Gusi memiliki fungsi yang sangat penting bagi gigi, karena gusi memiliki fungsi sebagai jaringan penyokong gigi. Sehingga apabila gusi Anda bermasalah tentunya berpengaruh pada gigi begitupun sebaliknya.

Pada gusi terdapat banyak sekali pembuluh darah yang begitu rapat dan kecil-kecil itu sebabnya gusi berwarna merah. Dengan kandungan pembuluh darah yang begitu banyak menyebabkan gusi mudah sekali berdarah apabila mengalami beberapa hal seperti peradangan, trauma dsb.

Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan gusi mudah berdarah? Berikut ini penyebab gusi mudah berdarah :

Kebersihan Gigi dan Mulut yang buruk

Salah satu faktor penyebab gusi berdarah yaitu kurangnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Gigi dan mulut yang kurang bersih akan menyebabkan terbentuknya plak, karang pada gigi atau kalkulus, serta tartar dari sisa makanan yang menempel dan tertinggal di gigi.

Banyaknya plak atau karang pada gigi akan membuat gusi Anda menjadi iritasi dan terjadi peradangan. Akibatnya gusi akan mengalami pembengkakan dan mudah sekali berdarah. Sehingga saat meggosok gigi, terdapat darah pada busa tersebut.

Trauma pada gusi

Sikat gigi yang Anda gunakan berpengaruh pada kesehatan gusi Anda. Usahakan untuk memilih sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan kualitas yang bagus. Karena sikat gigi dengan bulu sikat yang keras dapat menimbulkan trauma pada gusi sehingga gusi akan mudah berdarah.

Tidak hanya itu, banyak orang yang beranggapan menggosok gigi dengan tekanan yang keras dan bersemangat akan membuat plak atau karang pada gigi menghilang dan bersih. Pada kenyataanya terlalu keras dan bersemangat dalam menggosok gigi akan membuat gusi trauma dan ujung-ujungnya berdarah.

Gigi miring atau mal-posisi

Anda memiliki bagian gigi yang miring atau mal-posisi? Segera lakukan perbaikan dan konsultasikan pada dokter.  Saat mngkonsumsi makanan, sis-sisa makanan akan tertinggal dan terjebak pada Gigi tersebut dan tidak mudah untuk dibersihkan. Banyaknya sisa-sisa makanan yang terjebak, akan membentuk plak pada gigi yang pada akhirnya akan mempengaruhi kesehatan gusi di area tersebut, gusi akan mudah bengkak, terjadi peradangan dan mudah berdarah.

Penyakit periodontal

Penyakit periodontal merupakan penyakit yang diakibatkan karena penyakit radang gusi atau biasa disebut gingivitis yang tidak diatasi secara benar yang kemudian mengakibatkan penyebaran peradangan pada tulang dan jaringan penyokong gigi. Efeknya gusi akan mudah berdarah bahkan mengeluarkan nanah pada daerah diantara gusi dan gigi.

Penyebab Sistemik gusi berdarah

Selain beberapa penyebab diatas, ternyata masalah pada tubuh pun bisa mempengaruhi dan  menyebabkan gusi mudah berdarah. Beberapa penyebab sistemik gusi berdarah yaitu diantaranya :

Kekurangan vitamin C

Vitamin C memang sangat diperlukan oleh tubuh karena bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, termasuk gigi dan gusi. Kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung Vitamin C akan menyebabkan terganggunya kesehatan pada gusi, yakni pembengkakan pada gusi, gusi terasa sakit bahkan mudah berdarah. Kondisi atau gejala ini dalam dunia medis disebut juga Scurvi.

Kekurangan vitamin K

Setiap orang penting sekli mengkonsumis buah, sayuran atau makanan yang mengandung Vitamin K. Karena vitamin K memiliki peran penting bagi tubuh, yakni membantu proses pembekuan darah. Apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin K, tubuh cenderung akan mudah berdarah. Salah satunya yaitu pada gigi dan gusi.

Perubahan hormon pada wanita

Hormon pada wanita bisa berubah-ubah sesuai kondisi, seperti pada saat masa kehamilan, masa pubertas serta fase post menopause. Saat masa kehamilan, perubahan hormon yang dialami akan menyebabkan  gusi pada seorang ibu akan mudah berdarah dan sensitif.

Gangguan Pembekuan Darah

Seseorang yang mengidap Leukimia atau gangguan pembekuan darah lainnya cenderung lebih mudah mengalami gusi berdarah.

Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan secara berlebihan pun menjadi salah satu penyebab terjadiya gusi berdarah. Terutama obat-obatan seperti Asparin, Heparin dan Wasfarin yang berefek pada pengenceran darah.

Kanker

Pendarahan pada gusi bisa diakibatkan karena beberapa jenis penyakit Kanker. Penyakit kanker yang meyebabkan gusi berdarah seperti Kanker darah atau Leukimia serta Kanker Sumsum Tulang Belakang atau Multiple Myeloma.