Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

8 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Perlu Anda Pahami

Ada beberapa masalah yang mungkin akan ditemukan pada bagian AC mobil, salah satunya adalah AC mobil tidak dingin. Mungkin Anda juga sudah pernah mengalaminya bukan?

Pada dasarnya penyebab dari AC mobil yang tidak dingin bukan hanya sekadar ada masalah pada freon saja, karena ternyata ada banyak sekali penyebab AC mobil tidak dingin lainnya. Kira-kira apa saja ya? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Freon Habis atau Kurang

Salah satu penyebab utama mengapa AC mobil jadi tidak dingin yakni pada bagian freon. Biasanya freon pada mobil habis atau kurang yang disebabkan karena adanya kebocoran pada sambungan pipa, relief valve, shaft dan kompresornya. Ada baiknya ada cek pada bagian ini terlebih dahulu sebelum melakukan pengecekan lainnya.

Fan Belt atau Drive Belt Putus

Fan belt memiliki peran yang cukup penting dalam menyalurkan putaran mesin menuju ke kompresor. Dengan begitu pada saat fan belt putus maka hal ini akan menjadikan kompresor tidak berputar. Dampak lebih buruknya yakni kompresor tidak bisa bekerja sehingga bagian freon tidak dapat bersirkulasi, kabin mobil juga terasa panas.

Kondensor Kotor

Kondensor AC kotor serta berkarat juga bisa jadi salah satu penyebab AC mobil tidak dingin. Pasalnya kondensor tidak lagi bekerja secara maksimal dalam pembuangan panas dari gas tekanan tinggi yang mana dilepaskan oleh kompresor. Dengan begitu proses kondensasi jadi tidak maksimal.

Motor Extra Fan Mati

Extra fan memiliki fungsi di dalam proses kondensasi yang ada di bagian kondensor. Dengan begitu, pada saat extra fan mati maupun berputar secara lemah hal ini akan menyebabkan proses kondensasi jadi tidak berjalan baik sehingga AC mobil tidak dingin.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek bagian  extra fan. Tidak perlu khawatir sebab caranya sangat mudah, yakni cek bagian extra fan yang berada di depan kondensor kemudian lihat apakah masih berputar atau tidak ketika mobil sedang dinyalakan.

Magnetic Clutch Rusak

Pada saat bagian Magnetic Clutch rusak, putus, maupun terbakarnya spul maka bisa menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Sebab di bagian centerpiece tidak lagi terhubung dengan bagian puli kompresor. Anda pun bisa melakukan pengecekan dengan melihat kompresor AC apakah tidak bekerja di saat fanbelt tetap bekerja.

Kompresor Aus

Penyebab AC mobil tidak dingin lainnya adalah kompresor AC mobil sudah mulai aus dan jebol. Apabila bagian Sight Glass mulai terlihat memiliki warna hitam, maka bisa dipastikan bahwasanya terdapat masalah di Receiver Dryer maupun Expansion Valve. Salah satu tanda yang bisa Anda rasakan adalah tekanan dari AC tidak normal.

Oli Kompresor Berlebih

Volume oli yang ada di bagian kompresor wajib berada dalam takaran pas dan sesuai. Pada saat volume oli terlalu berlebihan maka bagian ruang untuk freon secara otomatis akan berkurang. Dengan begitu freon kurang memadai ketika digunakan mendinginkan kabin mobil.

Evaporator yang Kotor atau Tersumbat

Evaporator kotor serta adanya sumbatan yang diakibatkan oleh debu jika dibiarkan begitu saja bisa menghambat aliran udara yang mana dihembuskan dari bagian blower. Dari sini maka sistem sirkulasi AC jadi kurang lancar sehingga AC jadi tidak dingin.

Semua komponen-komponen yang ada di atas sudah seharusnya Anda jaga dan dirawat dengan baik sehingga tidak menjadi penyebab AC mobil tidak dingin.  Anda sebaiknya juga melakukan pengecekan secara berkala.

Referensi : anamasrentcar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *