Resep Pempek Kapal Selam Palembang

Resep Pempek Kapal Selam Palembang

Selasa, 21 November 2017 Resep Masakan 1427 Ashilla Zahra

Resep Pempek Kapal Selam Palembang – Palembang yang sahabat kenal dengan Jembatan Ampera dan Sungai Musi-nya ini mempunyai makanan khas yaitu Pempek Palembang, penganan berbahan dasar tepung tapioka, sagu/terigu, ikan tertentu (karena tidak semua ikan bisa dibuat pempek), telor (bisa telor ayam, telor itik, telor puyuh). Sebetulnya masih banyak lagi makanan khas kota musi ini, ada bubur ayam Palembang, kerupuk Palembang, kemplang Palembang, ada mie celor, tekwa, burgo laksan, pindang ikan Belido, pepes ikan Patin dan lain-lain. Buah-buahan dari Palembang sangat dikenal dimana-mana, antara lain buah duku, buah nanas, dan buah durian. Duku Palembang ini sangat bagus, manis mempunyai kulit kuning bening dan isinya jarang mempunyai biji yang besar.

Dalam kesempatan ini kami ingin berbagi seputar pempek Palembang (ada yang menyebutnya empek-empek) keduanya tidak salah. Pempek atau empek-empek ini banyak sekali jenisnya, antara lain Pempek Kapal Selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek lenggang, pempek tunu/bakar, pempek kulit dan lainnya). Mungkin ditempat sahabat tidak ada pempek tetapi sahabat ingin mencoba membuatnya, dalam kesempatan ini kami akan memberikan sedikit tip Resep Pempek Kapal Selam Palembang.

Bahan Pempek Kapal Selam:

  • 50 gram tepung terigu;
  • 400 cc air putih;
  • 2 sdm garam dapur halus.
  • 600 gram tepung tapioka;
  • 10 telur ayam sebagai isi pempek kapal selam.
  • 750 gram daging ikan tenggiri atau gabus atau belida dihaluskan, didinginkan dalam kulkas;
  • 2 btr telur ayam dikocok;

Cara Membuat Pempek Kapal Selam:

Campurkan 50 gram tepung terigu, 2 sendok makan garam dapur halus, 200 cc air putih (400 cc dibagi 2) menjadi satu kemudian silahkan sahabat aduk-aduk sampai adonan tersebut mengental, selanjutnya masukkan kedalam kulkas selama 25 sampai 30 menit.

Ambil daging ikan dari dalam kulkas biarkan beberapa saat sampai tidak membeku, selanjutnya daging ikan dicampurkan dengan 2 butir telur ayam yang sudah dikocok ditambah dengan air secukupnya dan sahabat aduk-aduk sampai merata.

Campurkan adonan nomor: 1 dan 2 di atas, sahabat aduk-aduk sampai rata, selanjutnya masukkan sedikit demi sedikit 600 gram tepung tapioka sambil diaduk-aduk sampai bahan masuk semua.

Adonan sudah siap sahabat bentuk menjadi pempek kapal selam. Agar tidak lengket sebaiknya tangan sahabat dibaluri tepung tapioka terlebih dahulu. Ambil adonan kemudian sahabat bulatkan kira-kira seukuran bola tennis dan tekan-tekan tengahnya sampai membentuk sebuah mangkok, masukkan telur ayam kedalamnya stelah itu tutup kembali dengan cara menekan dan mempertemukan bibir mangkok sampai pempek kapal selam-nya terbentuk dan siap dimasak;

Panaskan air sampai mendidih masukkan pempek kapal selam kedalamnya, setelah pempek tersebut mengambang itu tanda sudah masak, angkat dan tiriskan. Goreng hingga berwarna kekuning-kuningan. Apabila persediaan pempek cukup banyak belum ada untuk memakannya, sahabat bisa menyimpannya di dalam kulkas, apabila hendak memakannya maka rebus kembali dengan air mendidih digoreng (pempek yang sudah digoreng hendaknya dihabiskan, karena kalau disimpan di dalam kulkas rasanya tidak enak lagi).

Bahan Cuko:

  • 1 kg gula merah;
  • 3 sendok teh asam jawa (bisa diganti dengan cuka);
  • 2 liter air putih;
  • 250 gram bawang putih dihaluskan;
  • Garam secukupnya;
  • Cabe rawit secukupnya.

Cara Membuat cuko Pempek Palembang:

Rebus gula merah dan asam jawa dengan 2 (dua) liter air sampai gulanya larut. Masukkan bawang putih, garam dan cabe rawit, rebus selama 20 sampai 25 menit, selanjutnya angkat dan masukkan ke dalam tempat yang telah disediakan.

Cara Penyajian Pempek Kapal Selam:

Pempek Palembang yang berjuluk Pempek Kapal Selam yang telah digoreng diiris-iris diletakkan dalam piring, diberi bumbu tambahkan mie basah, tambahkan juga ketimun yang sudah diiris kecil-kecil tuangkan cuka (orang Palembang menyebutnya cuko) kedalam pempek dalam piring tersebut. Pempek Kapal Selam siap disantap.

Demikianlah tadi sajian kita ni mengenai Resep Pempek Kapal Selam Palembang yang dapat anda coba sendiri dirumah. Apabila cuko atau kuahnya dibuat dari cuka makanan sahabat perlu minum dan berkumur dengan air putih untuk melindungi gigi dari kerusakan. Orang Palembang memang hebat kapal selampun disantap dengan lahab. Selamat mencoba!