Pantai Klayar Pacitan

1 min read

Pantai Klayar Pacitan

Hamparan pasir putih dengan tebing-tebing yang eksotis menjadikan Pantai Klayar sebagai destinasi liburan yang tidak boleh dilewatkan. Pantai ini dulunya menjadi lokasi favorit penduduk sekitar untuk menghabiskan waktu jalan-jalan.

Namun semakin banyaknya orang yang berkunjung akhirnya dibuka sebagai tempat wisata. Pantai Klayar ini berasal dari kata klayar-kluyur yang artinya berjalan-jalan, namun seiring berjalannya waktu disingkat menjadi Klayar.

Hal Menarik di Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan

Sebelum mengunjungi pantai ini, pasti kamu penasarankan mengenai apa saja yang ada di pantai ini? Berikut ulasannya.

Pasir Pantai yang Indah

Dengan hamparan pantai yang masih bersih dan air laut yang sedikit berombak menjadikan tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi. Selain itu, apabila kita perhatikan, pasir Pantai Klayar sendiri memiliki dua warna yakni putih dan coklat. Warna coklat ini sendiri akan kita temukan pada daerah bibir pantai, dan untuk dearah lainnya memiliki pasir berwana putih bersih.

Batu Karang

Ditengah pantai ada batu karang yang sangat ikonik, kita juga dapat menaikinya karena sudah disediakan tangga dan dibangun beton disekitar. Berdasarkan mitos di pantai ini, batu karang yang ada disini terbentuk karena sebuah pertarungan antar mahluk gaib. Batu karang ini merupakan spot foto yang paling digemari pengunjung yang sedang berlibur ke pantai ini.

Air Mancur dan ‘Seruling’

Selain keindahan yang eksotis, pantai ini juga memiliki fenomena alam yang unik. Ada sebuah tebing di Pantai Klayar yang memiliki batu karang yang berlubang, ketika angin melewati lubang ini akan terdengar bunyi unik layaknya suara seruling. Selain itu pada sekitar jam 9 pagi hingga 4 sore, tempat ini juga akan menyemburkan air laut keudara layaknya air mancur dengan durasi 10 hinggga 15 menit.

Spot Hunting Foto

Ada banyak sekali spot foto yang menarik, dari mulai tebing-tebing karang, seruling samudera dan bahkan pantainya itu sendiri. Untuk pengunjung yang ingin mengabadikan momen,  waktu yang paling tepat adalah mulai dari jam 3 sore. Dengan begitu kita bisa mengawali foto dengan background air mancur dan ditutup dengan sunrise yang mempesona.

Bagi kamu yang kebetulan berlibur di kota Pacitan, tak ada salahnya untuk menjajaki beberapa tempat wisata di Pacitan lainnya. Silahkan buka website rutemu.com untuk informasi lebih lengkap.

Lokasi Pantai Klayar

Berlokasi di desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Pacitan Jawa Timur atau kurang lebih 35 kilometer sebelah barat kota Pacitan. Dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota Pacitan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Rute perjalanan menuju Pantai Klayar ini kita diharuskan melewati jalanan sempit dan rusak di beberapa bagian, serta banyak tikungan naik maupun turun. Sayangnya hingga saat ini masih belum ada akses kendaraan umum yang dapat kita manfaatkan untuk menuju tempat wisata Pantai Klayar.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Wisata Pantai Klayar sendiri buka setiap hari, sehingga bagi para wisatawan yang ingin berkunjung tidak perlu khawatir. Sedangkan tarif masuknya adalah sebagai berikut.

  • Senin s/d Jum’at: Rp.5000 per orang.
  • Sabtu s/d Minggu: Rp.10.000 per orang.

Selain biaya tiket masuk, kamu juga dibebankan retribusi untuk parkir. Sekitar 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah untuk mobil atau sejenisnya.

Dengan tiket masuk yang sangat murah itu pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan pantai pasir putih yang eksotis. Untuk weekend sendiri memang Pantai Klayar ini sangat ramai, sehingga tarif yang dikenakan lebih mahal.

Dengan segala macam keindahan dan fenomena alam yang ada di Pantai Klayar tentunya tempat ini cocok kamu datangi ketika berkunjung ke kota Pacitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *