Panorama Lereng Gunung Ungaran di Umbul Sidomukti

2 min read

Jika Anda sedang berkunjung ke Semarang dan ingin sejenak melepas penat dengan cara menghirup udara segar pegunungan, maka kawasan wisata bernama Umbul Sidomukti adalah pilihan yang tepat. Lokasi Umbul Sidomukti  ini terletak di lereng Gunung Ungaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pemandangan elok bak negeri di awan ditambah dengan suhu udara yang sejuk dan segar tentu tepat dijadikan sebagai tempat liburan bersama keluarga. Selain itu, kawasan wisata Umbul Sidomukti juga dilengkapi dengan kolam renang alami yang jernih karena langsung dialiri oleh mata air lereng Gunung Ungaran.  

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Umbul Sidomukti

Lokasi Umbul Sidomukti walaupun berada di daerah pegunungan namun termasuk mudah dijangkau dari berbagai arah. Misalnya saja, jika Anda ingin ke kawasan wisata ini dari arah Semarang menuju Solo, maka ketika Anda melihat pom bensin Lemah abang di sisi kiri jalan, kemudian langsung saja belok ke kanan menuju ke arah Bandungan, Kabupaten Semarang.

Selanjutnya, pada saat Anda sudah sampai di Pasar Jimbaran, maka di sebelah kiri Anda bisa melihat ada sebuah gang bernama Umbul Sidomukti. Dari sini, jalan akan semakin menanjak dan berliku-liku sama seperti kawasan wisata pegunungan lainnya. Jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda juga perlu ekstra hati-hati melewati jalan ini, selain jalan yang tidak terlalu lebar, kiri kanan jalan adalah jurang.

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Kolam Renang Alam

Berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, membuat kolam renang di kawasan wisata Umbul Sidomukti ini menyandang predikat sebagai kolam renang paling tinggi di Jawa Tengah. Kolam renang yang terdiri dari tiga tingkat kedalaman berbeda, mulai dari 30 cm hingga 1,5 meter ini mata airnya berasal dari lereng Gunung Ungaran.

Jika Anda ingin menikmati kesegaran mata air pegunungan sekaligus menikmati sensasi berbeda berenang di kolam renang tertinggi di Jawa Tengah maka Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 10.000 pada hari Senin – Jumat, dan Rp. 15.000 pada hari Sabtu & Minggu. Namun, jika Anda tidak ingin berenang, Anda masih bisa merasakan kesegaran udara di sekitar tempat ini dengan nyaman, sebab terdapat banyak gazebo yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantai.

Wahana Pacu

Umbul Sidomukti juga menyediakan arena outbond yang diberi nama Wahana Pacu atau ada pula yang menyebutnya sebagai Taman Berani. Sesuai namanya, tentu di arena outbond ini ada beberapa wahana yang dapat memacu adrenalin Anda, mulai dari Flying Fox, ATV, Marine Bridge, Highest Triangle serta Sepeda Awang.

Masing-masing dari wahana tersebut dibanderol dengan harga tiket yang berbeda-beda, kisaran harganya mulai dari Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000. Untuk berbagai aksi menyenangkan sekaligus memacu adrenalin sebenarnya harga yang diberikan terbilang masih ramah di kantong.

Goa Tirta

Selain berenang dan bermain berbagai permainan yang bisa memacu adrenalin, Anda juga bisa berkunjung ke Goa Tirta yang juga berada di dalam kawasan wisata Umbul Sidomukti ini. Sebenarnya, goa ini adalah goa buatan yang panjangnya sekitar 135 meter. Menariknya, ada pemandangan indah yang siap menyambut Anda di ujung goa ini. Untuk memasuki Goa Tirta, Anda hanya perlu membeli tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Little Ranch

Little Ranch merupakan sebuah area bermain sekaligus belajar bagi anak-anak. Di area ini, terdapat berbagai kegiatan menarik, contohnya seperti berkuda dan panahan. Selain itu anak-anak juga bisa menikmati indahnya taman bunga, kebun strawberry hingga bermain bersama kelinci. Berbagai kegiatan di Little Ranch ada yang gratis dan ada pula yang berbayar mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp.75.000.

Kawasan wisata Umbul Sidomukti bukan hanya sekadar menawarkan keindahan alam dari dataran tinggi Jawa Tengah, namun juga beragam kegiatan menarik yang membuat Anda akan merasa lebih segar dan siap kembali menjalani kegiatan sehari-hari yang penuh kesibukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *