Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh

Obat Tradisional Asam Urat Yang Ampuh

Kamis, 18 Mei 2017 Kesehatan 82 Ashilla Zahra

Asam urat atau orang Indonesia sering menyebutnya dengan penyakit rematik adalah salah satu penyakit yang umum terjadi di Indonesia. Penyakit ini banyak terjadi pada orang-orang yang sudah berusia lebih dari 30 tahun. Kebanyakan penderita penyakit ini karena pola hidup yang tidak sehat di masa mudanya.

Meski bukan sebuah penyakit yang mematikan, namun asam urat akan memberikan rasa sakit yang sangat luar biasa. Tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas penderita. Oleh sebab itu sesegera mungkin asam urat harus diobati. Selain menggunakan obat-obatan kimia, Anda bisa mengobati asam urat dengan obat-obatan tradisional.

Ada beberapa obat tradisional asam urat yang ampuh yang bisa Anda gunakan, berikut beberapa di antaranya.

1. Daun Sirsak

Obat tradisional asam urat yang pertama adalah dengan menggunakan daun sirsak. Dibandingkan buahnya, daun sirsak justru memiliki kandungan yang lebih baik untuk kesehatan tubuh manusia. Di dalamnya terkandung vitamin A dan vitamin C yang sangat tinggi. Dengan kandungan ini, daun sirsak mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh dengan baik. Tidak hanya itu saja, daun sirsak juga mampu mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. Berikut ini adalah cara menggunakan daun sirsak sebagai obat tradisional asam urat.

  1. Gunakan daun sirsak muda sekitar 5 lembar daun.
  2. Setelah itu rebus daun tersebut dengan air bersih hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih biarkan hingga dingin, lalu minum ramuan tersebut dengan teratur.
  4. Lakukan dan minum ramuan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  5. Jahe

Untuk masyarakat Indonesia jahe adalah salah satu rempah yang sering digunakan, baik sebagai minuman, tambahan makanan atau bahkan dijadikan sebagai obat tradisional. Termasuk dalam hal ini adalah dijadikan sebagai obat tradisional asam urat. Masyarakat jaman dulu sudah menggunakan jahe untuk mengobati asam urat.

Jahe mampu mengurangi dan mengatasi rasa nyeri akibat asam urat, tidak heran jika banyak orang menggunakan jahe sebagai obat tradisional asam urat. Tidak hanya itu saja, jahe juga memiliki manfaat yang lainnya. Seperti untuk melancarkan pencernaan dan juga peredaran darah. Menemukan jahe di Indonesia bukanlah sesuatu yang sulit, baik jahe original ataupun yang sudah dijadikan sebagai minuman atau makanan.

2. Bunga Rosela

Selain dengan menggunakan dua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan Bunga Rosela sebagai salah satu obat tradisional asam urat. Bunga rosela sangat efektif dalam meredakan rasa nyeri sendi akibat asam urat, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk mengobati sakit asam urat atau rematik.

Di dalam bunga rosela terdapat banyak sekali kandungan penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia seperti protein esensial, vitamin C dan masih banyak yang lainnya. Adapun cara menggunakan bunga rosela untuk dijadikan obat tradisional asam urat adalah sebagai berikut.

  1. Pertama siapkan 5 kelopak bunga rosela kering yang sudah terlebih dahulu di cuci.
  2. Setelah itu seduh kelopak bunga rosela tersebut dengan menggunakan 200 cc air bersih.
  3. Tambahkan madu untuk membuat rasa ramuan lebih manis.
  4. Setelah itu minum ramuan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Daun seledri

Oat tradisional asam urat yang berikutnya adalah daun seledri. Untuk kalangan masyarakat Indonesia, tidak sulit menemukan daun seledri. Daun ini sering digunakan baik sebagai bahan tambahan makanan aaupu sebagai obat tradisional seperti untuk mengobati asam urat.

Daun seledri juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, sangat efektif untuk mengatasi asam urat. Untuk membuat obat tradisional asam urat dari daun sledri juga tidak sulit. Berikut ulasannya.

  1. Siapkan daun seledri sebanyak kurang lebih 2 gram
  2. Kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 110 ml, tunggu selama kurang lebih seperempat jam hingga air mendidih.
  3. Setelah mendidih, saring ramuan tersebut untuk dipisahkan antara ampas dan airnya.
  4. Minum ramuan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setidaknya sekali dalam sehari.
  5. Menggunakan Air Hangat

Selain menggunakan obat tradisional asam urat di atas, Anda juga bisa menggunakan terapi air hangat dalam mengobati asam urat. Air hangat sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, selain itu air hangat juga efektif untuk membuat Anda merasa releks. Caranya sangat mudah tinggal rendamkan bagian tubuh Anda yang terkena rematik dalam air hangat, tunggu beberapa saat dan kemudian angkat. Lakukan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dari beberapa obat tradisional asam urat di atas, disimpulkan bahwa asam urat memang bisa disembuhkan, asam urat bukan sebuah penyakit yang mematikan. Namun asam urat akan memberikan rasa sakit dan rasa nyeri yang sangat tidak nyaman. Jadi benar-benar harus mendapatkan pengobatan yang tepat.

Penyebab Asam Urat Yang Umum Terjadi

Setelah mengetahui obat tradisional asam urat yang ampuh, akan lebih lagi jika Anda mengetahui penyebab asam urat, sehingga Anda bisa menghindarinya. Ada beberapa hal yang memang telah terbukti mampu membuat asam urat menjadi naik, berikut beberapa di antaranya.

  • Faktor usia

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas, orang-orang dengan usia di atas 30 tahun sangat rentan terkena asam urat. Biasanya terjadi lebih awal pada laki-laki, sedangkan untuk wanita biasanya terjadi setelah fase menopause. Meskipun tidak semua orang mengalami penyakit asam urat, namun Anda perlu menjaga kesehatan tubuh Anda dengan baik sejak muda.

  • Efek Samping Obat

Penyebab asam urat yang berikutnya adalah karena efek samping obat, inilah yang akan terjadi jika Anda tidak selektif dalam menggunakan obat. Biasanya diakibatkan karena obat-obatan kimia yang memang sering digunakan. Oleh sebab itulah penggunaan obat tradisional atau obat herbal lebih dianjurkan dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

  • Faktor Keturunan

Asam urat juga menjadi salah satu penyakit yang bisa diturunkan, resiko seseorang yang memiliki riwayat keluarga sakit asam urat lebih tinggi dibandingkan orang lain. Meski begitu sekalipun Anda memiliki riwayat keluarga yang menderita asam urat, Anda bisa mencegahnya dengan menjalankan pola hidup yang sehat sejak masih muda.

  • Makanan Tidak Sehat

Selain beberapa penyebab di atas, asam urat juga bisa disebabkan karena makanan yang tidak sehat. Ini yang sering kali tidak disadari oleh kebanyakan orang, padahal faktor kesehatan manusia yang paling utama terletak pada apa yang dikonsumsinya. Mengonsumsi makanan tidak sehat akan memicu naiknya asam urat, meskipun tidak terjadi secara langsung.

  • Terlalu Banyak Mengonsumsi Alkohol dan Minuman Bersoda

Penyebab asam urat yang tidak kalah berbahaya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan juga minuman bersoda. Bagi sebagian orang kedua minuman ini menjadi gaya hidup, tanpa sadar bahwa minuman semacam ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

Menggunakan obat tradisional memang jauh lebih baik dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia, karena tentu saja tidak akan ada efek samping yang berbahaya. Selama Anda mengonsumsinya di batas normal.