Menu Diet Tinggi Protein Rendah Karbohidrat

Menu Diet Tinggi Protein Rendah Karbohidrat

Minggu, 19 November 2017 Kecantikan 2517 Ashilla Zahra

Menu Diet Tinggi Protein Rendah Karbohidrat – Salah satu metode diet yang banyak dibicarakan di dunia adalah diet tinggi protein dan rendah karbohidrat. Apa kelebihannya dan apa efek sampingnya? Teruskan membaca untuk mengetahui jawabannya.

Keinginan untuk memiliki berat badan ideal membuat berbagai metode diet menjadi populer di masyarakat, salah satunya adalah diet tinggi protein rendah karbohidrat. Diet ini dianggap dapat menurunkan berat badan secara efektif dan cepat.

Apa itu diet tinggi protein rendah karbohidrat? Diet ini umumnya merekomendasikan seorang pengikut menerima 30% sampai 50% total kalori dari protein. Dengan membatasi karbohidrat secara drastis, tubuh masuk ke dalam keadaan metabolisme yang berbeda yang disebut ketosis, dimana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar. Padahal, normalnya tubuh menggunakan karbohidrat sebagai bahan bakar untuk otak, jantung dan organ tubuh lainnya. Sedangkan dalam keadaan ketosis, tubuh mendapatkan energi dari ketones, yaitu bahan bakar dihasilkan oleh pemecahan timbunan lemak. Ketika tubuh dalam ketosis, Anda cenderung merasa kurang lapar, sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit dari yang Anda inginkan.

Ada beberapa jenis makanan yang menghasilkan protein tinggi dan hanya mengandung sedikit karbohidrat, berikut ini diantaranya:

Telur

Pada masing-masing telur menyediakan 6 g protein hanya 4 g karbohidrat. Jika Anda khawatir tentang kolesterol, putih telur bebas kolesterol dan tinggi protein.

Daging

Semua daging tinggi protein tanpa karbohidrat. Pilih jenis daging tertentu yang benar-benar tinggi protein.

Ikan

Ikan dan kerang adalah sumber protein yang sehat. Udang dan tuna adalah makanan bebas karbohidrat dan mengandung 6 sampai 7 g protein per oz. Kerang dan tiram memiliki jumlah karbohidrat yang lebih tinggi daripada kerang lainnya – 3 oz.

Keju

Keju juga sumber protein, dengan hanya sedikit karbohidrat. Satu cangkir keju cheddar memiliki 33 g protein dan hanya 2 g karbohidrat. Namun, keju juga mengandung lemak jenuh yang cukup besar, jadi pilihlah yang rendah lemak.

Efek Samping Diet Tinggi Protein Rendah Karbohidrat

Pada setiap metode diet selalu ada pro dan kontra dan kemungkinan efek samping bagi kesehatan, termasuk pada diet tinggi protein dan rendah karbohidrat. Banyak ahli gizi yang kurang merekomendasikan diet ini, karena dalam keadaan ketosis dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Mengkonsumsi terlalu banyak protein memberikan tekanan pada ginjal, yang dapat membuat seseorang rentan terhadap penyakit ginjal. Beberapa masalah kesehatan lain yang mungkin dialami karena diet ini adalah tinggi kolesterol, osteoporosis dan batu ginjal.

Setiap orang menginginkan bentuk badan ideal dengan berat badan yang ideal pula. Tapi, beberapa jenis diet mungkin memberikan efek samping, termasuk diet tinggi protein dan rendah karbohidrat ini. Jadi harus anda konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anda. Intinya, jenis diet tertentu tidak akan selalu cocok dengan semua orang. Ada banyak orang yang berhasil menurunkan berat badan tanpa mendapat efek samping dengan menggunakan metode diet ini, namun tak sedikit pula yang menemui kegagalan. Jadi sekali lagi kami peringatkan bahwa anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli diet sebelum memutuskan jenis diet apa yang anda ambil. Jangan lupa untuk menerapkan pola makan dan pola hidup sehat agar mendapatkan berat badan ideal. Dan satu lagi, anda harus berolahraga secara rutin. Tanpa olahraga, jenis diet apapun yang anda jalankan tidak akan pernah memberi hasil yang optimal.