Cara Menguatkan Akar Rambut

Cara Menguatkan Akar Rambut

Jumat, 23 Juni 2017 Kecantikan 390 Ashilla Zahra

Panik dengan masalah rambut rontok? Mungkin saatnya anda melakukan perawatan pada akar rambut agar lebih sehat dan kuat.Berbagai perawatan rambut, seperti pelurusan rambut (hair smoothing), pewarnaan rambut dan rambut ekstension, menyebabkan beberapa masalah pada rambut seperti rambut rontok. Selain itu, perawatan kulit kepala yang tidak tepat juga dapat menyebabkan akar rambut tidak sehat.

Penyebab Kerapuhan Akar Rambut

Akar rambut adalah pusat dari kehidupan sehelai rambut, dan membutuhkan perawatan yang teratur. Jika anda melalaikannya maka rambut akan mudah rontok. Berikut ini beberapa penyebab akar rambut cenderung rapuh.

Kurang Perawatan pada Kulit Kepala

Kulit kepala butuh detoksifikasi dari sisa-sisa sebum, debu dan residu. Kotoran-kotoran ini akan menghambat perkembangan rambut dan menghambat nutrisi bagi akar rambut. Jika kotoran-kotoran tersebut terus menerus dibiarkan tanpa perawatan yang tepat, maka otomatis akar rambut anda akan rusak dan pada akhirnya semakin sulit untuk diatasi.

Kekurangan Nutrisi

Nutrisi bagi rambut didapatkan dari dalam tubuh seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi dan dari luar dengan berbagai pemberian vitamin rambut. Nutrisi pada rambut akan melancarkan peredaran darah dan menyeimbangkan produksi minyak pada kulit kepala. Karena kelebihan minyak ini yang menjadi salah satu penyebab kerontokan rambut. Nutrisi juga berperan penting dalam pertumbuhan rambut baru, untuk mengatasi penipisan rambut.

Anda bisa memilih perawatan medis dengan menggunakan produk-produk yang dijual di pasaran atau klinik kecantikan, atau memilih prawatan alami yang mudah anda buat sendiri di rumah.

Perawatan Medis

Ada banyak produk yang menawarkan khasiat memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan dari akar. Untuk hasil yang terbaik, konsultasikan dengan seorang penata rambut mengenai jenis produk yang sebaiknya anda gunakan. Produk-produk ini biasanya bekerja dengan efektif dan cepat, tapi sering mengandung bahan-bahan kimia. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih produk yang tepat untuk menghindari efek samping, atau anda bisa memilih produk alami. Jika ingin membeli produk yang berbahan kimia, maka anda harus membeli sebuah produk yang memiliki izin edar resmi, karena itu artinya produk tersebut sudah lolos uji dan layak dipergunakan. Saat ini banyak sekali produk-produk yang di jual murah dan menjanjikan hasil yang baik bagi kesehatan rambut, namun nyatanya produk-produk tersebut merupakan barang abal-abal dan justru memberi efek samping buruk. Dalam hal ini, anda harus selektif dan cermat dalam memilih produk kimia untuk perawatan akar rambut.

Perawatan Alami pada Akar Rambut

Perawatan akar rambut telah ada sejak dulu sehingga anda bisa dengan mudah membuat ramuannya. Misalnya, untuk kulit kepala kering gunakan minyak esensial seperti minyak jojoba atau minyak pohon teh untuk melembabkannya. Gunakan beberapa tetes minyak ini pada kulit kepala Anda, beberapa menit sebelum mandi. Anda juga bisa mencoba lidah buaya. Caranya, oleskan lendir dari lidah buaya pada kulit kepala, biarkan selama satu malam, kemudian bilas pada pagi harinya. Pisang juga populer sebagai bahan untuk merawat akar rambut. Caranya, ambil dua buah pisang, tambahkan 3 sendok madu. Campurkan, kemudian oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas.

Rambut rontok dan kusam mungkin membuat anda jengkel. Tapi, jangan panik dulu, dengan perawatan akar rambut yang teratur, anda bisa mendapatkan rambut tebal anda kembali. Semoga tips ini mampu memberi anda solusi dalam mengatasi masalah pada akar rambut.