Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati

Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati

Rabu, 3 Mei 2017 Kesehatan 192 Ashilla Zahra

Cara Mengatasi Sakit di Ulu Hati – Selain penyakit Asam Lambung, sebagian orang juga banyak yang mengidap sakit ulu hati. Bagi mereka yang kurang paham, mereka cenderung menganggap sakit ulu hati itu magg, padahal berbeda meskipun beberapa penyebabnya hampir sama.

Sakit ulu hati atau dalam dunia media disebut epigastrium biasanya mengalami beberapa gejala seperti perut kembung dan mual bahkan muntah, sendara, kram dan rasa lapar.

Ulu hati ini berada di antara tulang rusuk, diatas pusar serta dibawah tulang dada. Itu sebabnya saat sakit ulu hati melanda, rasa sakit yang dirasakan tidak hanya dibagian ulu hati melainkan menyebar hingga ke atas dada atau punggung.

Sakit ulu hati bisa disebabkan oleh beberapa hal, beberapa penyebab tersebut diantaranya yaitu, sindrom iritasi usus.

Sindrom iri tasi usus merupakan salah satu penyebab sakitnya ulu hati. Dimana sindrom iritasi usus ini biasa terjadi pada mereka yang bermasalah pada kesehatan mental seperti sering cemas dan depresi, mereka yang mempunyai keluarga yang mengidap sindrom ini.Bahkan wanita dan orang yang berusia dibawah 45 tahun memiliki resiko tinggi terkena sindrom ini.

Sindrom iritasi usus ini disebabkan oleh keadaan dimana pergerakan dinding usus yang dilapisi otot ini terlalu lama dengan frekuensi yang kuat tidak seperti biasanya saat menyalurkan makanan dari perut  menuju anus melalui saluran usus.

Beberapa gejala yang dirasakan yaitu sakit ulu hati, buang gas, perut kembung dan kram, serta frekuensi Bab atau buang air besar berubah.

Tukak peptik

Banyak yang mengira tukak lambung disebabkan karena terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan pedas serta sering stres. Padahal Tukak petik terjadi karena penggunaan obat-obatan seperti aspirin, bisphosphonates, ibuprofen, ketoprofen, naproxen, dan suplemen potasium serta terjadinya infeksi karena bakteri.

Kondisi ini terjadi karena rusaknya usus kecil serta permukaan dalam lambung akibat zat asam dalam saluran pencernaan. Rusaknya usus kecil serta permukaan dalam lambung ini bisa berupa luka yang terbuka bahkan sampai berdarah akibat zat asam tersebut.

Gejala yang dirasakan bagi mereka yang terkena tukak petik ini yaitu rasa sakit di bagian ulu hati, daerah pusar hingga dada. Tukak petik ini bisa mengeluarkan gejala mual, muntah darah, hingga terdapat darah pada tinja. Bahkan mereka yang mengalami gejala ini cenderung mengalami perubahan selera makan hingga penurunan berat badan.

Usahakan perut selalu terisi karena kondisi perut yang kosong akan menyebabkan rasa yang nyeri dan sangat parah, termasuk pada malam hari.

Pankreatitis

Pankreatitis merupakan penyakit dimana terjadinya peradangan di bagian pankreas yaitu organ pada tubuh yang menghasilkan enzim. Sedangkan enzim itu sendiri berfungsi membantu mengatur proses pencernaan dan hormon dalam memproses gula pada tubuh.

Beberapa gejala yang dirasakan yaitu perut kram dan kaku, rasa nyeri pada perut saat usai makan, daerah pusar atau panggul mengalami perubahan warna, sakit didaerah punggung hingga muntah.

Bahkan jika penyakit ini sudah terlalu akut atau kronis, tinja yang dikelurkan si penderita memiliki bau yang tidak biasa dan berminyak hingga mengalami penurunan berat badan.

Penyakit kantong empedu

Kantong empedu merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang letaknya berada di bawah hati. Kantong empedu ini berfungsi membantu tubuh dalam mencerna lemak melalui cairan empedu yang disimpan itu sebabnya dinamakan kantong empedu.

Jika kantong empedu mengalami masalah tentunya kesehatan tubuh Anda pun bermasalah. Gejala yang akan Anda alami jika kantong empedu Anda bermasalah yaitu demam, tubuh gemetar, mual, muntah, nyeri dada, perubahan pada warna tinja, bahkan sakit perut yang luar biasa.

Preeklamsia

Penyebab lain dari rasa sakit pada ulu hati yaitu terjadinya komplikasi penyakit tekanan darah tinggi yang disebabkan karena penanganan yang kurang benar yang terjadi pada ibu hamil.

Penyakit preeklamsia ini selain menyebabkan sakit pada bagian ulu hati, muntah juga dapat merusak organ tubuh khususnya ginjal.

Kanker lambung

Kanker lambung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan ulu hati perih. Penyakit ini rentan sekali terhadap mereka yang gemar mengkonsumsi makanan dengan kadar garam yang tinggi, para perokok, pria, mereka yang berusia 55 tahun ke atas serta mereka yang mempunyai anggota keluarga yang mengidap penyakit ini. Gejala yang dialami yaitu muntah bahkan turunnya berat badan.

Tips Mengatasi Sakit di Ulu Hati

Sebelum sakit ulu hati Anda semakin parah, tentunya Anda harus cepat melakukan tindakan. Jika sakit ulu hati Anda belum arah, berikut ini tips dan cara mengatasi sakit di ulu hati :

  1. Saat ulu hati terasa sakit, Anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan mengkonsumsi obat antasida. Usahakan untuk mengkonsumsi obat dalam bentuk cair. Aturan minumnya yaitu 1 jam sehabis makan dan sebelum tidur, dengan takaran obat 1 sampai 2 sendok teh. Dengan mengkonsumsi obat tersebut membantu  menetralkan asam lambung.
  2. Untuk mempercepat penyembuhan hindari minuman yang  mengandung alkohol dan kafein serta makanan lain yang mengakibatkan perut iritasi.
  3. Saat Anda merasakan sakit di ulu hati, Anda bisa mengurangi rasa sakit tersebut dengan mengkonsumsi cemilan atau makanan ringan lainnya.

Jika rasa sakit Anda tidak kunjung sembuh dan semakin parah seperti mual, demam, terdapat darah pada tinja Anda, pembengkakan pada perut, lemas hingga pingsan, cepatlah berobat ke dokter.