Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Senin, 11 Desember 2017 Kesehatan 821 Amanda Mirella

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi – Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan ruam popok kan? ruam popok merupakan peradangan yang terjadi pada bagian kulit bayi yang tertutup popok, seperti pantat,  pangkal paha bagian dalam dan sekitar alat kelamin. Ruam ini biasanya terjadi karena reaksi kulit terhadap urine dan tinja. Awalnya ditandai dengan kemunculan kulit kemerahan pada bokong bayi dan disertai dengan lecet-lecet ringan dan rasa gatal.

Pada umumnya bayi yang terkena ruam popok akan menjadi lebih rewel dan sensitif ketika anda menggantikan popok si bayi.  Jika bayi anda terkena ruam popok dan sudah menyebar ada banyak hal sederhana yang bisa di lakukan untuk mengobati ruam popok bayi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi ruam pada bayi anda yang harus diketahui dan dipraktikkan.

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

1. Menjaga Kebersihan Area Popok

Bakteri yang terdapat pada air seni atau tinja yang menyebabkan ruam popok. Bakteri ini akan memperburuk dan memperlambat penyembuhan ruam popok apabila diabaikan. Menjaga bagian sekitar popok agar tetap kering dan bersih akan membantu mencegah ruam popok menyebar lebih luas. Apabila memakai popok kain maka seringlah mengecek keadaan popok, jika popok basah terkena pipis atau pup maka segera lah ganti. Begitu pula jika menggunakan popok sekali pakai gantilah popok beberapa jam sekali dan tentunya pada saat si bayi pup agar kulit yang teriritasi tetap segar.

2. Mengganti Merk Popok pada Bayi

Cara selanjutnya yaitu dengan mengganti merk popok bayi. Gesekan yang terjadi pada popok dan bagian kulit bayi memanglah tidak bisa dihindarkan. Jika anda menggunakan popok sekali pakai, alangkah baiknya mengganti popok dengan merk yang berbeda dan tidak menggunakan pewangi atau zat tambahan lainnya yang mungkin bisa membantu dalam penanganan ruam pokok, terutama jika ruam popok bayi anda merupakan gejala alergi.

3. Meminimalisir Popok Sekali Pakai

Jika memungkinkan maka minimalisirkan penggunaan popok sekali pakai. Batasi pemakaian popok sekali pakai, misalnya saat bepergian ataupun pada malam hari. Namun, alangkah lebih baiknya jika anda membiarkan bayi tidak menggunakan popok untuk beberapa waktu. Karena aliran udara di sekitar popok akan menyembuhkan ruam popok pada bayi.

4. Hindari Pemakaian Bedak

Sebaiknya hindari pemakaian bedak pada ruam popok. Memang terkadang kita sering memberikan bedak pada popok setelah mandi, namun itu sudah tidak dianjurkan lagi, apalagi jika ruam popok pada bayi sudah menyebar. Untuk itu jangan pernah memberikan bedak pada saat bayi saat mengalami ruam popok.

5. Pemakaian Salep untuk Ruam Popok

Jika ruam popok bayi yang diderita masih ringan, anda bisa mengoleskan salep atau krim pada ruam popok si bayi. Krim atau salep ini bisa didapatkan di apotek terdekat, seperti baby dee, pigeon baby cream diaper ras, switzal dan masih banyak lagi. Setelah 3 hari seharusnya ruam popok bisa berkurang. Namun, jika ruam popok tidak kunjung sembuh dalam 3 hari bahkan semakin parah maka segeralah konsultasi pada dokter.

Demikian beberapa cara sederhana yang bisa di lakukan sendiri untuk mengatasi ruam popok pada bayi.