Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Sabtu, 15 Desember 2018 Kesehatan 9098 Amanda Mirella

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi – Bayi memang kadang sering rewel tanpa kita tau apa penyebabnya, namun ini bisa disebabkan perut itu kembung. Adapun salah satu masalah pencernaan pada bayi sering kali membuat ibu frustasi dan khawatir yaitu perut kembung. Masalah kembung pada bayi disebabkan terutama karena sistem pencernaannya yang masih belum dapat bekerja secara sempurna.

Perut kembung pada bayi bisa terjadi karena jumlah gas yang masuk ke dalam tubuh bayi terlalu banyak saat si bayi menyusui. Selain itu, masalah ini juga dapat ditimbulkan akibat mengonsumsi susu formula terlalu banyak dan mengandung lemak. Apabila bayi anda mengalami kembung, berikut adalah cara alami untuk mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat anda praktikkan di rumah.

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

1. Terapkan Teknik Menyusui yang Benar

Pastikan anda telah menerapkan teknik menyusui dengan benar, guna mencegah masuknya udara ke dalam perut bayi saat sedang menyusui. Jika si bayi meminum ASI, pastikan posisi kepala bayi lebih tinggi dari pada perut si bayi. Apabila bayi meminum susu formula atau dot usahakan agar ukuran dot, lubang serta karet dot sesuai dengan bayi.

2. Stimulasi Sendawa

Stimulasi sendawa tidak hanya bisa digunakan mengatasi cegukan pada bayi, tetapi juga bisa digunakan untuk membantu mencegah perut kembung pada si bayi. Caranya yaitu dengan menggendongnya pada posisi tegak, lalu senderkan kepala di bahu anda, kemudian menepuk-nepuk perlahan punggung si bayi sampai bersendawa. Stimulasi sendawa dilakukan pada saat bayi selesai menyusui.

3. Menggunakan Irisan Bawang Merah

Jika zaman dahulu para ibu menggunakan bawang merah sebagai obat untuk mengatasi perut kembung pada bayinya. Yaitu dengan cara mengoleskan pada perut si bayi dan membiarkan sarinya keluar agar bisa dioleskan pada perut dan punggung si bayi. Sari nya akan mengeluarkan sensasi hangat yang akan menstimulasi tubuh si bayi agar mengeluarkan gas dengan ditadainya kentut yang keluar dari bayi. Walaupun terbilang jadul, tapi tidak ada salahnya jika mencoba cara ini.

4. Mengoleskan Minyak Telon

Mengoles-oleskan minyak telon pada perut si kecil juga membantu membuang gas yang terperangkap di dalam ususnya. Cobalah usapkan beberapa tetes minyak telon sehabis mandi dan saat rewel seraya memijatnya di bagian perut memutar searah jarum jam. Cara mengatasi perut kembung dengan minyak telon ini cukup efektif jika dilakukan secara teratur dan telaten.

5. Stop Gunakan Susu Formula

Konsumsi susu formula yang mengandung banyak lemak juga bisa menjadi penyebab perut kembung pada si bayi. Lemak itu sendiri adalah senyawa yang sebetulnya berperan penting untuk membantu perkembangan bayi. Namun, beberapa bayi mungkin susah untuk menycernanya. Proses pencernaan lemak pada tubuh bayi akan menghasilkan banyak gas di perutnya sehingga akan memperparah keadaan. Maka dari itu, jika bayi Anda mengalami kembung pada saat mengonsumsi susu formula tertentu maka sesegera mungkin untuk menghentikannya.

6. Minumlah Air Hangat

Memberikan air hangat kepada bayi juga salah satu cara untuk mengatasi kembung yang cukup efektif. Air hangat yang diminum akan masuk ke usus halus lalu akan mendorong gas penyebab perut kembung untuk segera keluar melalui kentut. Cara ini bisa diterapkan untuk bayi di atas 6 bulan. Jika bayi di bawah usia tersebut maka cukup ibunya saja yang meminum air hangat.

7. Biarkan Bayi Aktif

Cara selanjutnya untuk mengatasi perut kembung pada bayi yaitu dengan membiarkan bayi bergerak aktif. Gerakan-gerakan bayi akan mendorong proses pencernaannya supaya berjalan optimal. Selain itu juga bisa mengeluarkan gas dengan melalui kentut ataupun sendawa.

Demikian tadi beberapa cara alami untuk mengatasi perut kembung pada bayi, semoga dapat anda terapkan di rumah ya moom.