Cara Mengatasi Panas atau Demam pada Bayi

Cara Mengatasi Panas atau Demam pada Bayi

Kamis, 27 April 2017 Kesehatan 581 Amanda Mirella

Cara Mengatasi Panas atau Demam pada Bayi – Mom, tidak perlu terlalu panik ya, jika tubuh si kecil panas atau demam karena semua bayi pasti pernah mengalami demam. Pada ilmu medis, si kecil akan dikatakan demam jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius atau bahkan lebih. Sebagai orang tua memang harus tanggap pada apa yang terjadi pada si kecil. Namun, alangkah baiknya orang tua jangan terlalu panik atau khawatir yang berlebihan ketika si kecil mengalami panas atau demam.

Panas atau demam sendiri biasanya adalah sebuah gejala pada tubuh si kecil yang menjadi pertanda bahwa tubuh si kecil sedang melawan penyakit. Misalkan saja demam akibat efek dari imunisasi atau demam akibat si kecil terlalu lama beraktivitas di luar dengan cuaca yang cukup terik. Demam bisa dianggap sebagai daya imun atau sistem kekebalan tubuhnya bekerja dengan baik. Jika tubuh si kecil masih terasa panas tapi ia masih aktif dan mau minum susu, orang tua tidak perlu khawatir dan takut. Berikut ada beberapa cara untuk mengatasi demam pada bayi anda.

Cara Mengatasi Panas atau Demam pada Bayi

1. Mandikan Bayi

Mandikan si kecil dengan air hangat dan pastikan air tersebut tidak terlalu panas untuk kulit si kecil. Selain membuat tubuh si kecil menjadi rileks, mandi air hangat juga  memungkinkan melancarkan pernafasan si kecil yang menghirup udara hangat. Hal ini akan membuat si kecil menjadi lebih baik.

2. Pakaikan Pakaian yang Nyaman

Kenakan pakaian yang nyaman untuk si kecil yang sedang demam, seperti pakaian tipis. Hindari pakaian yang tebal dan bertumpuk ataupun selimut yang hangat. Hal ini bertujuan untuk mencegah overheating (suhu panas berlebihan). Selain itu dengan memakaikan si kecil pakaian yang tipis bisa membuat si kecil bebas untuk bergerak, dan hal ini bisa mengurangi risiko terjadinya kejang pada bayi.

3. Berikan Asupan yang Cukup

Memperbanyak asupan cairan si kecil yang cukup seperti ASI, air putih atau susu formula secukupnya, sari-sari buah ataupun makanan yang berbentuk cair. Hal ini berguna untuk menghindari dehidrasi pada si kecil. Untuk bayi berusia di bawah satu bulan sebaiknya beri minum ASI yang cukup setiap harinya.

4. Jangan Sembarangan Memberikan Obat

Jika si kecil mengalami demam jangan sembarangan memberikan obat, alangkah baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum memberikannya pada si kecil. Obat yang seharusnya di berikan adalah obat penurun panas yaitu paracetamol, acethaminophen, maupun ibuprofen dapat membantu meringankan demam pada anak. Berikan obat-obatan jika suhu badan si kecil berkisar di atas 38 celcius.

5. Kompres Bayi dengan Air Hangat

Air hangat yang di gunakan untuk mengompres berkisar 30 sampai 32 celcius. Hindari mengompres dengan air dingin maupun alkohol, karena akan memicu penyempitan pembuluh darah di bawah kulit si kecil yang justru akan mengakibatkan terperangkapnya suhu panas di dalam bagian tubuh yang lebih dalam. Selain itu, penggunaan alkohol dapat meningkatkan risiko keracunan saat kandungan alkohol terserap kulit si kecil.

Itulah beberapa cara mengatasi panas atau demam pada bayi yang usianya 3 bulan ke atas. Jika demam menyerang pada bayi yang berusia dibawah 3 bulan sebaiknya langsung di bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.