Cara Mengatasi Biduran pada Bayi dengan Cara Alami

Cara Mengatasi Biduran pada Bayi dengan Cara Alami

Rabu, 28 Juni 2017 Kesehatan 524 Ashilla Zahra

Cara Mengatasi Biduran pada Bayi dengan Cara Alami – Apa itu biduran? biduran merupakan bagian kulit yang terangkat ke atas permukaan kulit paling luar dan berwarna merah. Biduran terlihat bintik-bintik kecil dan berkelompok pada bagian tubuh tertentu. Rasa gatal yang dialami bayi tentu bisa bertahan beberapa jam saja. Biduran terjadi ketika sel-sel dalam aliran darah yang berisi histamin menyebabkan pembuluh darah kecil yang berada tepat di bawah kulit mengalami kebocoran.

Jika bekas biduran tersebut mengalami kebocoran akan membentuk lingkaran atau bintik besar maupun kecil yang membentuk biduran. Bayi mempunyai perkembangan motorik yang bisa terpengaruh dengan gigitan serangga atau pengaruh makanan yang dikonsumsi. Walaupun bayi sudah menerima ASI dan mempunyai daya imun tetap saja bayi bisa mengalami biduran.  Berikut adalah cara mengatasi biduran pada bayi dengan cara alami.

Cara Mengatasi Biduran pada Bayi dengan Cara Alami

1. Mengetahui Apa Penyebab Biduran

Mengetahui apa penyebab biduran pada bayi sangatlah penting, guna untuk mengingat apa sajakah makan yang anda berikan kepada bayi Anda, tempat tidur pada bayi ataupun lingkungan bermain pada bayi Anda. Intinya sebagai orang tua Anda harus tau apa yang menjadikan penyebab biduran pada bayi dan itu harus di hindari.

2. Kompres Bayi dengan Air dingin

Ketika biduran sudah muncul dan jumlahnya sedikit, maka anda bisa mengkompres bayi dengan air yang dingin. Anda juga bisa menggunakan es batu namun harus dilindungi dengan handuk yang lembut agar kulit bayi tidak langsung bersentuhan dengan es batu. Namun jika biduran malah semakin banyak maka hentikan cara ini.

3. Perhatikan Kebersihan Bayi

Perhatikan semua kebersihan pada bayi, mulai dari tempat tidur, tempat bermain, pakaian pada bayi, sabun mandi, sabun detergen dan mainan yang sering di gunakan pada bayi. Menjaga kebersihan rumah juga membantu melindungi bayi dari biduran dan serangga, tungau ataupun hewan lainnya yang bisa membuat bayi menjadi biduran.

4. Jangan Biarkan Bayi Terkena Matahari Langsung

Bayi yang mengalami biduran sebaiknya jangan terkena sinar matahari secara langsung. Sinar matahari yang mengenai kulit bayi secara langsung bisa menyebabkan panas dan biduran lebih banyak. Sebaiknya pada saat biduran bayi di dalam rumah saja agar tidak membuat biduran menjadi menyebar karena sinar matahari.

5. Pilih Jenis Pakaian untuk Bayi

Pilih jenis pakaian yang pas dan nyaman untuk bayi. Pada saat biduran lebih baik bayi dikenakan pakaian yang lembut dan berbahan katun. Hindari juga penggunaan pakaian yang panas dan tebal karena ini bisa menyebarkan biduran. Biduran akan tersebar oleh keringat pada bayi dan itu akan semakin membuat biduran semakin menyebar.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi biduran pada si bayi. Jika biduran tak kunjung sembuh bisa segera di bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.