Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Senin, 3 Juli 2017 Kesehatan 621 Amanda Mirella

Cara Mudah Dan Aman Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi – Gangguan pada kulit bayi yang paling umum dan paling sering terjadi adalah biang keringat. Biang keringat ini bentuknya seperti bintik-bintik kecil berisi air, berwarna merah, dan tersebar banyak di area kulit yang biasanya lembab banyak berkeringat serta tertutup seperti dahi, leher, punggung, lipatan paha, maupun ketiak. Biang keringat ini akan terasa panas dan gatal, maka dari itu bayi akan rewel jika muncul biang keringat ini.

Biang keringat akan muncul umumnya ketika bayi sedang panas seperti pilek. Hal tersebut tejadi karena suhu tubuh panas sehingga bayi akan berkeringat dan membuat tubuhnya menjadi lembab. Biang keringat muncul karena kelenjar keringat pada bayi yang tersumbat, sehingga keringat tidak dapat keluar dengan bebas. Berikut ada beberapa cara mudah dan aman untuk mengatasi biang keringat pada bayi.

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

1. Mengurangi atau Menghindari Udara Panas dan Lembab

Usahakan mengurangi atau menghindari udara panas dan lembab yang berlebihan, bawa bayi ke ruangan dengan ventilasi yang baik sehingga udara banyak masuk ke tempat yang teduh. Anda dapat menggunakan kipas angin kecil jika anda membawa bayi ke daerah yang suhunya panas. Jika udara pada malam hari terasa panas, anda bisa menggunakan kipas angin agar sirkulasi udara pada kamar akan terasa lebih sejuk. Namun ingat jangan menghadapkan langsung kipas pada arah bayi, ini akan menyebabkan masuk angin pada bayi nantinya.

2. Menggunakan Daun Krokot

Daun krokot adalah daun yang dapat digunakan oleh orang Jawa sebagai lalapan. Daun dari tanaman bernama latin Portulaca Oleracea ini banyak ditemukan dan tumbuh di sekitar pekarangan rumah. Sama halnya seperti tanaman tembelekan, daun krokot juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi biang keringat pada bayi. Caranya yaitu dengan merebusnya ke dalam 3 gelas air, lalu didihkan airnya hingga tersisa 1,5 gelas, kemudian meminumkannya pada bayi setelah dingin. Perlu diketahui bahwa air rebusan daun krokot ini aman dikonsumsi oleh bayi.

3. Lepaskan Pakaian Bayi yang Lembab

Apabila pakaian bayi anda lembab itu akan membuat bayi anda terkena biang keringat, sebaiknya ganti pakaiannya dengan pakaian yang mudah menyerap keringat. Hindari menggunakan bahan yang tidak mudah menyerap keringat, seperti nilon maupun satin. Sebaiknya gunakan bahan pakaian yang tipis, sejuk dan mudah menyerap keringat seperti, katun. Lepaskan pakaian bayi yang lembab dan hindari pakaian yang terlalu ketat.

4. Menggunakan Buah Mentimun

Menggunakan buah timun adalah salah satu cara mudah untuk mengatasi rasa gatal pada bayi yang disebabkan karena biang keringat. Gunakan buah timun yang sudah dihaluskan untuk membaluri seluruh kulit bayi anda yang terkena biang keringatn dan biarkan selama 5 menit agar airnya meresap, kemudian bersihkan. Hal tersebut merupakan cara efektif untuk meredakan rewel bayi, karena ramuan tersebut dapat memberikan rasa dingin dan langsung meredakan gatal akibat biang keringat tersebut.

5. Menggunakan Minyak Telon atau VCO

Mengatasi biang keringat pada bayi dapat dilakukan dengan membalurkan minyak telon atau minyak VCO. Caranya yakni, balurkan minyak tersebut ke kulit bayi yang mengalami biang keringat tiap kali habis mandi sampai terdapat perubahan. Usahakan agar jenis minyak yang digunakan adalah minyak telon yang mempunyai kandungan minyak kelapa tinggi (60%).

6. Menggunakan Tepung Kanji

Menggunakan tepung kanji adalah teknik dalam mengatasi biang keringat pada bayi yang  sudah diterapkan sejak dulu oleh nenek moyang kita. Seperti kita ketahui, tepung kanji memang bersifat dingin, bila dibalurkan pada kulit bayi yang terkena biang keringat maka  akan sangat membantu dalam meminimalkan rasa panas dan gatal. Sebelum menggunakan cara ini, bayi sebaiknya dalam keadaan bersih, kemudian baluri tepung kanji yang diberi sedikit air. Usahakan agar saat membalurkan, bayi tidak sedang berkeringat dan dalam kondisi segar.

Nah, demikian beberapa cara mengatasi biang keringat pada bayi. Silakan diterapkan agar bayi anda bebas dari masalah biang keringat.