Cara Mudah Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi

Cara Mudah Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi

Senin, 11 September 2017 Kesehatan 5493 Ashilla Zahra

Cara Mudah Mengatasi Batuk Berdahak pada Bayi – Pada umumnya bayi memang rentan terserang penyakit batuk dan pilek. Batuk yang di takuti oleh semua orang tua bayi yaitu batuk berdahak yang apabila pada bayi berbunyi grok-grok dan seolah-olah dahaknya tidak mau keluar. Dahak atau yang dikenal dengan sebutan slam dapat membuat tenggorokan si kecil tidak nyaman, mengganggu pernapasan, menghalangi saat meminum ASI, dan bahkan menjadi sering rewel.

Batuk yang berdahak dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti batuk, pilek, flu yang disebabkan karena virus, bakteri ataupun alergi. Sebagai gambaran, awal mula gejala yang muncul biasanya badan menjadi demam, hidung ingusan, hidung tersumbat, batuk kering lalu menjadi batuk berdahak. Jangan khawatir karena berikut akan ada beberapa cara untuk mengatasi batuk berdahak pada bayi.

1. Jangan Memberikan Obat yang Dijual Bebas di Pasaran

Obat-obatan untuk batuk dan pilek tidak di berikan untuk anak yang di bawah 2 tahun. Karena obat-obatan tersebut sangatlah berbahaya untuk tubuh si kecil. Obat yang di jual di pasaran akan lebih banyak efek samping dan berbahaya dari pada manfaat yang di hasilkan. Bunda bisa memberikan obat yaitu dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan atas izin dokter untuk di konsumsi pada bayi.

2. Memberikan Banyak Minum Kepada Bayi

Obat yang paling efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak pada bayi yaitu dengan memberikan banyak minum. Banyak minum cairan merupakan cara terbaik untuk membantu meredakan batuk berdahak yang disertai pilek ataupun tidak. Cairan yang dapat dikonsumsi bayi ada beberapa variasi. Bagi bayi di bawah satu tahun sangat baik jika meminum ASI secara intensif.

3. Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari

Hangatkanlah badan bayi terutama pada bagian dada dengan mengajaknya berjemur di bawah sinar matahari pagi. Pada rentan pukul 06.30 – 07.00 pagi dengan kurun waktu kurang lebih 10 menit. Selain memilih tempat yang bersih dan terhindar dari debu, usahakan badan si kecil di tutupi dengan kain tipis agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

4. Memberikan Krim Penghangat atau Minyak Kayu Putih

Olesilah tubuh bayi dengan balsem atau minyak kayu putih pada dada bayi dan di sekitar leher, rasa hangat yang di timbulkan akan memberikan rasa hangat pada tubuh bayi yang akan membantu mengencerkan dahak dan uap hangat yang dihirup akan melegakan pernapasan pada bayi. Pastikan oleskan secukupnya agar si bayi tidak merasa panas.

5. Menggunakan Alat Khusus untuk Menyedot Dahak

Anda dapat menggunakan alat khusus yang di gunakan untuk menyedot dahak si kecil yang terbuat dari karet. Bila di perlukan sedot bagian mulut dan hidung. Pertama yang  dilakukan adalah dengan menyedot mulut terlebih dahulu dengan menempatkan ujung penyedot ke dalam mulut. Setelah mengeluarkan dahak, hindari menyedot mulut ataupun hidung setelah makan ataupun menyusui karena dapat menyebabkan muntah.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi batuk berdahak. Batuk berdahak memang seringkali mengganggu aktivitas dan membuat bayi menjadi rewel. Dengan mengetahui caranya semoga bisa bermanfaat untuk anda para ibu.