Manfaat Masker Kefir dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Kefir dan Cara Membuatnya

Minggu, 21 Mei 2017 Kecantikan 7992 Amanda Mirella

Masker Kefir, pernah mendengarnya? Bagi kalian yang sering kepoin akun Instagram artis-artis tentu udah nggak asing lagi mendengar produk kecantikan yang satu ini. Saking ngehitznya masker wajah alami yang satu ini, bahkan banyak dari artis-artis papan atas di Indonesia yang juga ikut-ikutan jualan masker ini, mulai dari Aurel, putri musisi kondang Anang Hermansyah, Artis cantik Febby Febiola dan Poppy Bunga, bahkan hingga Betrand Antolin.

Masker kefir adalah masker yang terbuat dari hasil fermentasi susu. Nah, pertanyaannya adalah, sebenarnya apa sih Kefir itu? Kami sendiri sangat penasaran pada awalnya. Setelah mencari informasi dari sana-sini, melewati gunung dan lautan, akhirnya kami menemukan jawabannya.

Kefir itu ternyata hampir mirip kaya Yogurt, minuman yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebenernya Kefir ini juga minuman kaya Yogurt gitu, dan entah kami tidak tau gimana ceritanya bisa di jadiin masker buat wajah.

Katanya ni katanya, masker Kefir itu memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan kulit wajah. Mulai dari mengangkat kulit mati, memperbaiki jaringan sel kulit, memutihkan kulit wajah, menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam hingga memproteksi wajah dari paparan sinar UV.

Manfaat Masker Kefir Untuk Kecantikan

  1. Mencerahkan kulit wajah
  2. Menghilangkan jerawat
  3. Mengangkat sel kulit mati
  4. Mengatasi kulit kering
  5. Mengatasi kulit berminyak
  6. Membantu melawan penuaan
  7. Memproteksi wajah dari paparan sinar matahari

Masker Kefir sendiri memiliki banyak varian, mulai dari varian original, hingga olahan yang sudah ditambahkan dengan extract lain untuk menambah manfaat masker itu sendiri. Nah, berdasarkan data yang kami kutip dari beberapa penjual masker kefir ni, ada beberapa produk olahan masker kefir yang telah di campur dengan bahan bermanfaat lain, setidaknya kami menemukan 3 jenis masker kefir, antara lain:

  • Masker Kefir Bengkoang
    Masker ini memiliki kandungan extract bengkoang yang sejak lama sudah dikenal sebagai pemutih wajah alami. Dan jelas manfaat masker kefir jenis ini adalah untuk mencerahkan wajah, mencegah keriput, mengencangkan kulit wajah dan membuat kulit menjadi lembut dan berkilau.
  • Masker Kefir Bamboo Charcoal
    Masker ini memiliki kandungan Bamboo Charcoal (Arang Bambu) yang katanya mampu mengeluarkan tumpukan racun dalam kulit, memutuskan siklus ketergantungan pada krim/obat racikan tertentu, meremajakan kulit dan meningkatkan kadar kolagen dalam kulit, mengurangi iritasi disebabkan terkikisnya epidermis, melindungi kulit dari bakteri dan jamur, melepaskan ion negative dan infra red sehingga membuat kulit lembut dan juga dapat berfungsi sebagai lulur.
  • Masker Kefir Green Tea
    Masker kefir dengan kandungan green tea ini memiliki manfaat untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Nah, jadi bagi kamu yang ingin mencoba masker kefir, ada baiknya menyesuaikan kebutuhan wajah kamu agar manfaat yang di dapat juga maksimal. Terlebih buat kamu yang harus membeli masker kefir, kalau bikin sendiri sih enak, bisa sekalian bereksperimen.

Eh emang bisa bikin masker kefir sendiri di rumah?

Ya bisa dong, kalau kamu mau coba bikin sendiri, berikut bahan-bahan yang perlu disediakan untuk membuat Masker Kefir.

  1. Bibit Kefir
  2. Wadah dari toples atau gelas kaca
  3. Susu kambing/sapi

Cara membuat masker kefir sendiri di rumah

  1. Masukkan 2 sendok makan biji atau bibit kefir ke dalam wadah gelas.
  2. Tuang susu kambing sebanyak dua setengah cangkir ke dalam wadah.
  3. Tutup wadah dan biarkan pada suhu kamar.
  4. Tunggu sampai kurang lebih 8 jam.

Hasil masker kefir ini bergantung pada lamanya proses fermentasi, semakin lama kamu membiarkan biji kefir berfermentasi, maka masker kefir yang dihasilkan juga semakin baik.