Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Kamis, 3 Januari 2019 Kecantikan 343 Ashilla Zahra

Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Pembuatan yoghurt bisa menggunakan bahan susu apa saja. Termasuk susu kedelai. Tetapi produksi yoghurt dewasa ini lebih didominasi menggunakan susu sapi. Salah satu manfaat yoghurt untuk kesehatan yaitu dapat melancarkan dan menyehatkan pencernaan.

Yoghurt juga sudah tersedia dalam beraneka variant rasa. Ada yang asli, rasa buah, vanilla, maupun coklat. Yoghurt bisa dikonsumsi oleh siapasaja, termasuk orang yang alergi terhadap susu sekalipun. Hal itu disebabkan karena struktur laktosa dari yoghurt yang telah dirusak oleh bakteri. Beberapa jenis yoghurt dari berbagai negara yaitu, yoghurt dahi, dadiah/dadih, labneh/labaneh, dan Bulgarin.

Kandungan Gizi yang  Terdapat Dalam Yoghurt (untuk setiap 100 gram)

  1. Energi: 52 kkal
  2. Protein: 3.3 g
  3. Lemak: 2.5 g
  4. Karbohidrat: 4.0 g
  5. Kalsium: 120 mg
  6. Fosfor: 90 mg
  7. Vitamin A: 73 SI
  8. Vitamin B1: 0.04 mg
  9. Zatbesi: 0.1 mg

Berikut Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Menurunkan tekanan darah

Manfaat yoghurt untuk hipertensi salah satunya yaitu dapat menurunkan tensi/tekanandarah. Kandungan kalium yang terdapat pada yoghurt dapat mencuci kelebihan natrium yang ada dalam tubuh.

  1. Menggantikan energi

Yoghurt bisa menjadi pilihan makanan yang baik setelah anda berolahraga. Karena protein dan juga karbohidratnya dapat menggantikan energi yang terbuang selama anda berolahraga.

  1. Membantu sistem pencernaan

Probiotik (bakteribaik) yang terdapat dalam yoghurt dapat membantu menyingkirkan bakteri yang jahat di usus. Sehingga pencernaan pun menjadi lebih lancar.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium pada yoghurt akan membantu menjaga kesehatan tulang dan juga gigi jika dikonsumsi secara teratur, dan menghindarkan anda dari osteoporosis (pengeroposan tulang).

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Dengan mengkonsumsi minimal 400 gram yoghurt setiap harinya, maka kekebalan tubuh anda akan meningkat, dan infeksi maupun bakteri pun akan pergi.

  1. Menurun kanberat badan

Kombinasi kandungan yang terdapat dalam yoghurt, memilikisifat anti-lapar, itulah mengapa anda akan merasa kenyang setelah mengkonsumsinya. Dan dapat mengurangi nafsu makan yang berlebihan.

  1. Mengurangi infeksi jamur

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa, dengan mengkonsumsi yoghurt secara teratur, dapat mengurangi resiko terjangkitnya infeksi akibat jamur, terutama untuk wanita (di vagina).

  1. Menjaga kesehatan usus

Kultur yoghurt yang aktif, dapat membantu meringankan kondisi pencernaan tertentu. Antara lain, intoleran silaktosa, konstipasi, diare, kanker usus besar, dan penyakit usus lainnya.

  1. Menguatkansel-seldarahputih

Probiotik juga dapat membantu untuk menjaga dan menguatkan sel darah putih dalam memerangi penyakit, agar dapat memakan racun dan melawan infeksi yang ada di dalam darah.

  1. Mengatasidiare

Manfaat yoghurt untuk diare yaitu adanya kultur yang bersifataktif pada yoghurt. Dengan begitu diare bisa dihentikan, dan perut akan mencoba lagi untuk mencerna makanan dengan baik.

  1. Mencegah kanker usus besar

Manfaat yoghurt berikutnya yaitu dapat mencegah kanker usus besar. Hal ini hasil dari sifat kultur aktif pada yoghurt, yang dapat melindungi anda dari jaringan yang menyebabkan kanker usus besar.

  1. Menjaga sel darah merah

Vitamin, seng, yodium, kalsium, kalium, fosfor pada yoghurt, dapat menutrisi tubuh dan menjaga sel-sel darah merah.

  1. Menjaga sistem saraf

Anda bisa rutin mengkonsumsi yoghurt yang mengandung berbagai nutrisi, vitamin, serta riboflavin agar tetap bisa menjaga sistem saraf bekerja dengan baik, untuk mencegah penyakit saraf seperti stroke, dan gangguan saraf (kelainanjiwa).

  1. Menyehatkan gigi

Kandungan kalsium dan vitamin D pada yoghurt dapat menyehatkan tulang dan gigi anda.

  1. Menyembuhkan luka bakar

Sifat dingin pada yoghurt dapat membantu menyembuhkan luka/kulit yang terbakar. Caranya dengan menyampurkan yoghurt dengan minyak zaitun, lalu mengoleskannya pada bagiant ubuh yang terkena luka bakar.

  1. Menurunkan kolesterol

Kandungan asam laktat pada yoghurt berfungsi untuk menurunkan serta menghilangkan kolesterol, kemudian diolah agar tidak dicerna oleh usus untuk kemudian dibuang melalui feses.

  1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan asam laktat dan kalium pada yoghurt, dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menghalau gejala kolesterol dan darah tinggi yang datang pada tubuh.

  1. Melegakan tenggorokan

Asamlaktat, vitamin C, dan kandungan kalium pada yoghurt akan membantu anda untuk melegakan tenggorokan.

  1. Mengatasi asam lambung

Manfaat yoghurt untuk asam lambung yaitu dapat membantu mencegah serta meringankan rasa panas di dalam perut, dan menjaga sistem pencernaan tetap sehat,

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat yoghurt untuk diabetes antara lain, dapat mencegah terjadinya peradangan, dan memperlambat perkembangan diabetes terutama tipe 2,

  1. Mengobati penyakit hernia

Manfaat yoghurt untuk hernia ialah dapat membantu mengurngi nyeri serta berbagai resiko dari infeksi yang terjadi yang disebabkan oleh penyakit hernia. Dengan mengkonsumsi yoghurt secara rutin, maka penyakit hernia akan berangsur-angsur sembuh.

Selain banyaknya manfaat yoghurt untuk kesehatan, yoghurt juga bermanfaat untuk kecantikan. Antara lain, melembapkan kulit, merawat kulit akibat sengatan sinar matahari, menghilangkan jerawat, sebagai kondisioner untuk rambut, dan juga menghilangkan black spot di bawahmata (mata panda). Yoghurt ternyata bukan hanya enak, dan menyegarkan, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kita.