Manfaat Wortel

Manfaat Wortel

Selasa, 4 Desember 2018 Kesehatan 357 Ashilla Zahra

Wortel adalah sayuran yang banyak dan mudah dijumpai di Indonesia. Selain bisa dikonsumsi secara mentah, wortel bisa diolah/dimasak dengan campuran bahan makanan lainnya. Tua, muda, anak-anak pun dapat mengkonsumsi jenis sayuran ini. Salah satu manfaat wortel yang paling dikenal ialah, dapat menyehatkan mata.

Selain dapat menyehatkan mata, wortel juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk perawatan wajah dan kulit. Hal ini dikarenakan di dalam wortel terdapat betakaroten, antioksidan, mineral, dan vitamin yang dapat memberikan asupan pada kulit, sehingga menjadikan kulit akan lebih cerah dan bercahaya. Efeknya anda akan terlihat lebih muda dan segar.

  • Kandungan Gizi yang Terdapat Dalam Wortel
  1. Vitamin A: memelihara penglihatan, pertumbuhan, perkembangan, reproduksi pria, dan epitel.
  2. Vitamin C: memelihara jaringan pada gigi dan gusi
  3. Vitamin B kompleks, B6, thiamin, asam pantotenat: merupakan co-faktor untuk enzim ketika tubuh melakukan metabolism substrat.
  4. Vitamin K1: meningkatkan kesehatan tulang, dan penting untuk proses pembekuan darah.
  5. Betakaroten: melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.
  6. Senyawa flavonoid: akan menjaga tubuh dari penyakit kanker rongga kulit, paru-paru, dan mulut.
  7. Antioksidan: melindungi tubuh dari radikal bebas, kanker, dan jenis penyakit lainnya.
  8. Kalium: untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah.
  9. Mangan: sebagai co-faktor dalam tubuh untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.
  10. Karotenoid: dapat membantu melawan penyakit kardiovaskular.
  11. Pektin/serat larut: dapat menurunkan kadar gula dalam darah, dengan memperlambat pencernaan gula dan pati/tepung, dapat menurunkan resiko penyakit, mengubah penyerapan kolesterol, dan mengurangi kolesterol darah, mengurangi resiko sembelit, dan membuat gerakan usus menjadi lebih teratur, dan sehat.
  12. Lutein: salah satu antioksidan yang juga dapat menjaga kesehatan mata.
  13. Lycopene: membantu mengurangi resiko kanker, dan penyakit kardiovaskular.
  14. Polyacetylenes: melindungi tubuh dari penyakit leukemia/kanker darah, dan penyakit kanker lainnya.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

1. Dapat mengurangi resiko kanker pada tubuh

Adanya betakaroten pada wortel dipercaya dapat mencegah penyakit kanker pada tubuh. Dari beberapa penelitian, mengkonsumsi wortel sebanyak 2 kali dalam sehari, dapat menurunkan setidaknya 17% resiko penyakit kanker payudara. Hal ini juga dikarenakan adanya zat antikanker pada wortel.

2. Menekan resiko penyakit jantung

Manfaat wortel untuk penyakit jantung yaitu, jika kita rajin mengkonsumsi wortel, setidaknya 6 wortel dalam seminggu, maka dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga resiko penyakit jantung pun dapat diminimalkan. Zat antioksidannya, dapat membantu menurunkan tekanan darah yang biasanya juga menjadi pemicu penyakit jantung.

3. Meningkatkan sistem imun di dalam tubuh.

Adanya antioksidan di dalam wortel, dipercaya dapat mencegah radikal bebas. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat.

4. Dapat mencegah penyakit stroke

Manfaat wortel yang berikutnya ialah untuk mencegah penyakit stroke. Dengan mengkonsumsi wortel sebanyak 6 buah dalam seminggu, dipercaya mampu mencegah penyakit stroke.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan betakaroten pada wortel, yang diubah menjadi vitamin A, dapat mempertajam penglihatan, khususnya pada malam hari.

6. Menurunkan kolesterol

Hal ini dikarenakan di dalam wortel terdapat serat yang mudah dicerna yang dapat mengikat adanya kolesterol jahat.

7. Sebagai detox yang alami

Wortel dapat membantu kerja hati. Sehingga dapat membersihkan racun yang ada di dalam tubuh.

8. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi wortel mentah. Kandungan mineral yang ada pada wortel mentah, dipercaya dapat mencegah terjadinya kerusakan pada gigi. Dan dengan mengunyah wortel mentah, plak, karang gigi, dan bakteri dapat dibersihkan.

9. Menguatkan janin yang ada di dalam kandungan

Vitamin A pada wortel, ternyata dapat menguatkan rahim, menjaga perkembangan janin, dan melindungi dari serangan penyakit.

10. Meningkatkan daya ingat

Vitamin B pada wortel dipercaya dapat meningkatkan daya ingat/memori pada otak manusia. Itulah mengapa wortel sangat disarankan agar banyak dikonsumsi oleh anak-anak.

11. Menjaga sistem pencernaan dengan baik

Sistem pencernaan kita dapat dijaga dengan mengkonsumsi wortel, yang di dalamnya terdapat kandungan vitamin B dan juga serat yang sangat baik bagi tubuh.

12. Mencegah diabetes

Vitamin K pada wortel, dapat menjaga kadar gula darah. Bila anda termasuk penderita diabetes, sebaiknya mengkonsumsi wortel.

13. Memperkuat tulang dan tubuh

Vitamin yang dapat memperkuat tulang dan tubuh adalah vitamin K. di dalam wortel, banyak sekali ditemukan vitamin tersebut. Jadi wortel juga sangat baik dikonsumsi oleh para manula.

14. Mencegah radang sendi

Wortel yang juga mengandung vitamin C di dalamnya, dipercaya mampu membantu mengurangi penyakit radang sendi.

15. Melindungi diri dari radiasi

Gabungan betakaroten, vitamin C, dan E yang terdapat pada wortel, dapat melindungi anda dari paparan radiasi. Sehingga dapat menghindarkan anda dari radiasi yang cukup tinggi, dan penykit berbahaya seperti kanker.

16. Mencegah asma

Betakaroten pada wortel mampu mencegah resiko kambuhnya asma.

17. Menghindari adanya cacing kremi dalam tubuh

Vitamin C, betakaroten, dan antioksidan, dapat membunuh kuman, penyakit, dan cacing sekalipun yang masuk ke dalam tubuh.

18. Sebagai pembuang sisa makanan

Fosfor pada wortel dapat membantu membuang racun racun dan toksin yang ada di dalam tubuh.

19. Menjaga keseimbangan hormon

Fosfor dalam wortel juga bisa mengendalikan agar hormon tetap seimbang. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang, dan tidak gampang emosi.

20. Mencegah anemia

Zat besi pada wortel dapat mencegah terjadinya anemia. Rutin mengkonsumsi jus wortel setiap pagi bisa menjadi terapi yang alami. Manfaat wortel untuk anemia ialah meningkatkan sel-sel darah merah dalam darah.

21. Untuk mengatur suhu tubuh

Zat besi pada wortel juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, terutama pada saat anda sedang demam. Mengkonsumsi wortel adalah salah satu cara pengobatan yang alami untuk mengatasinya.

22. Memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh

Fosfor berfungsi juga untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Terutama pada saat anda sedang sakit, dan sedang dalam pasca penyembuhan.

23. Membantu pembentukan enzim dalam tubuh

Enzim dibuat dengan adanya bantuan zat besi. Dan anda bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi wortel.

24. Menghindari terjadinya lemah otot

Fosfor juga berperan sebagai nutrisi untuk otot. Sehingga terjadinya lemah otot dapat diminimalisir.

25. Membersihkan darah

Vitamin A pada wortel mampu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan pembuluh darah maupun pembuluh pembuluh di sekitar tubuh.

26. Membantu menetralkan asam dalam darah.

Kandungan kalium pada wortel dapat menetralkan asam dalam darah dan menghilangkan racun racun dalam tubuh. Dan wortel juga tidak memiliki kandungan purin yang tinggi yang biasanya dimiliki oleh para penderita asam urat. Manfaat wortel untuk asam urat akan lebih efektif apabila wortel dijadikan jus dan dikonsumsi secara rutin setiap harinya.

27. Mengatasi masalah penyakit asam lambung

Manfaat wortel untuk asam lambung adalah dikarenakan adanya alkali, vitamin A, B, C, serat, dan zat fosfor, yang bisa melindungi perut dari penyakit serta virus, melancarkan pencernaan, membunuh racun dalam tubuh, dan dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.

28. Mengatasi hipertensi

Manfaat wortel untuk hipertensi ialah karena adanya kalium dan betakaroten yang sudah lama terbukti dapat menurunkan darah tinggi dengan efektif, dengan menormalkan detak jantung, dan mengatur fungsi ginjal dengan baik.

Terbukti ternyata banyak sekali manfaat wortel, terutama untuk kesehatan. Maka dari itu akan lebih baik apabila kita memperbanyak mengkonsumsi sayur-sayuran alami dan mengajarkan anak-anak kita untuk hidup sehat sedari dini. Karena mencegah, akan selalu lebih baik daripada mengobati. Lebih baik banyak mengkonsumsi makanan sehat daripada obat-obatan kimia yang belum tentu baik bagi tubuh.