Mengenal Manfaat Teh Daun Jati Belanda untuk Diet

Mengenal Manfaat Teh Daun Jati Belanda untuk Diet

Kamis, 17 Agustus 2017 Kesehatan 484 Ashilla Zahra

Apa yang ada di benak Anda ketika mendengar kata daun Jati? tentu pohon jati yang tinggi menjulang yang kayunya seringkali digunakan untuk membangun rumah. Lantas, pernahkah terbesit di pikiran Anda untuk menjadikan daun jati sebagai olahan minuman untuk diet? mari kita ulas secara lebih jelas.

Kegemukan merupakan momok yang menakutkan bagi kebanyakan orang, tidak hanya karena masalah penampilan, melainkan juga obesitas biasanya akan rentan terserang penyakit berbahaya. Namun, kini Anda tak perlu khawatir, ada solusi yang tepat untuk mengatasi masalah obesitas/kegemukan, yakni dengan mengkonsumsi daun jati Belanda.

Jati belanda (Guazoma ulmifolia) merupakan tanaman yang tumbuh baik di iklim tropis seperti Indonesia. Tanaman ini tumbuh di dataran rendah, dengan ketinggian 800 mdpl. Jati Belanda umumnya di tanam sebagai pohon peneduh, tanaman pekarangan, atau tumbuh liar begitu saja. Namun ternyata, dibalik itu semua tersimpan banyak manfaat yang terkandung pada jati Belanda, terutama pada bagian daunnya.

Menurut kajian yang dilakukan oleh IPB (Institut Pertanian Bogor), ternyata daun jati Belanda seringkali dijadikan ramuan atau jamu pelangsing, bahkan ternyata daun jati Belanda juga seringkali dijadikan campuran pada produk-produk sliming tea, yaitu teh yang dimaksudkan untuk membantu menurunkan berat badan.

Nah, ternyata daun jati Belanda ini memiliki kandungan yang bermanfaat untuk diet, terutama pada lendir yang dihasilkan oleh daun jati Belanda. Beberapa penelitian ilmiah memang telah menunjukkan adanya khasiat lendir tersebut untuk menghambat kenaikan berat badan. Selain dari lendir, terdapat pula kandungan Fitokimia lain seperti;  Flavonoid, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid dan Tanin yang turut membantu dalam menurunkan berat badan.

Cara Mengolah Daun Jati Belanda Menjadi Teh

Cara mengolah daun jati Belanda menjadi teh sebenarnya cukup sederhana, yakni sebagai berikut:

  1. Cuci daun jati Belanda dengan air bersih
  2. Potong daun jati Belanda menggunakan gunting/pisau
  3. Keringkan daun jati Belanda dengan menggunakan oven hingga daun tersebut berubah warna menjadi coklat tua layaknya daun teh

Jika daun sudah mengering seperti daun teh, kita sudah bisa mengkonsumsinya dengan cara diseduh menggunakan air layaknya membuat teh. Disarankan untuk mengkonsumsinya tanpa gula atau dengan menggunakan gula rendah lemak.