Manfaat Susu Kedelai Untuk Calon Bayi

Manfaat Susu Kedelai Untuk Calon Bayi

Sabtu, 9 Februari 2019 Kesehatan 263 Ashilla Zahra

Masih bingung mencari tambahan nutrisi untuk si calon buah hati? Masa kehamilan merupakan masa-masa penting dalam pertumbuhan awal calon bayi. Tak heran, banyak calon ibu yang berbondong-bondong membeli susu penambah nutrisi untuk menjaga masa kehamilannya. Ibu, selain susu formula, tahukan Anda bahwa susu kedelai juga mampu meningkatkan kecerdasan si buah hati?

Harga susu ibu hamil memanglah tak murah, banyak calon ibu yang tak ambil pusing dengan itu, namun sebagian lain memilih untuk mencari alternatif lain selain susu formula. Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari sari biji kedelai. Kandungan nutrisi kedelai yang melimpah mampu membantu perkembangan janin dan melindungi kehamilan.

Berikut manfaat susu kedelai untuk calon bayi:

  1. Membantu Perkembangan Otak

Susu kedelai mengandung protein nabati yang cukup tinggi dan kadar yang hampir sama dengan protein pada susu sapi. Selain rendah kolesterol karena tidak ada unsur hewani, protein nabati juga membantu perkembangan dan pertumbuhan sel otak pada janin. Pertumbuhan sel otak yang pesat selama masa kandungan akan membuat bayi cepat menangkap stimulus saat sudah lahir.

  1. Menambah Energi Ibu Hamil

Rasa lelah dan letih selama masa kehamilan merupakan hal yang wajar dialami oleh ibu hamil. Selain karena berat badan yang bertambah dan juga karena adanya pembagian nutrisi dan energi antara ibu dan janin. Oleh karena itu, ibu membutuhkan asupan gizi dan karbohidrat lebih dari biasanya. Kandungan lemak dan karbohidrat pada susu kedelai mampu memenuhi kebutuhan energi tersebut pada ibu.

  1. Mengurangi Risiko Cacat Lahir

Kandungan vitamin E pada kedelai, membantu penyerapan nutrisi lebih baik pada ibu hamil. Sehingga perkembangan organ tubuh janin dapat berlangsung dengan sempurna. Selain itu susu kedelai juga menjaga kesehatan janin dan menghindarkannya dari beberapa penyakit yang membahayakan.

Selain tiga fungsi di atas, mengkonsumsi susu kedelai secara rutin setiap hari mampu mengurangi risiko terkena ostioporosis, yakni sebesar 56% lebih rendah dibanding dengan yang tidak mengkonsumsi susu kedelai. Harga susu formula yang belum tentu memiliki khasiat yang sama menjadi peluang susu kedelai untuk menaikkan popularitasnya.

Lemak nabati yang terkandung dalam susu kedelai, membuat susu kedelai sebagai alternatif pengganti susu untuk para ibu yang mengalami alergi pada susu hewani. Susu kedelai juga bebas dari kolesterol, tidak mengandung laktosa, dan rendah lemak jenuh. Oleh karena itu, susu kedelai biasanya dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi untuk wanita yang sedang menjalani program diet.

Beberapa manfaat susu kedelai diatas, merupakan beberapa fungsi utama saja, masih banyak kandungan susu kedelai lain yang patut diperhitungkan. Harga susu kedelai yang murah bisa menjadi alternatif pengganti susu formula bagi calon ibu. Pengkonsumsian secara rutin mampu menghasilkan hasil yang optimal untuk perkembangan janin.