Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan

Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan

Sabtu, 3 Juni 2017 Kesehatan 296 Ashilla Zahra

Manfaat Susu Kambing Etawa – Manfaat Susu Kambing Etawa berdasarkan penetilian memiliki kandungan nutrisi serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain kandungan fosfor, kalsium, sodium serta flourin. Tidak hanya itu, kandungan kalium (potassium) yang terkandung pada susu kambing etawa sangat bermanfaat menstabilkan tingginya tekanan darah, mengatur fungsi kerja jantung dan menekan resiko terkena arteriosclerosis dan mengurangi seseorang mengalami resiko terkena penyakit stroke dan jantung.

Susu kambing etawa memiliki struktur yang hampir sama dengan ASI yang menjadikan susu kambing etawa di klaim susu nomor dua setelah Air Susu Ibu. Akan tetapi walaupun demikian ASI lah yang paling utama dan nomor satu. Begitu banyak kandungan yang dimiliki oleh susu kambing etawa ini dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Hasil riset mengatakan bahwa, di setiap 100 gram susu kambing  etawa mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan rutin memberikan susu kambing etawa kepada anak, akan memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf yang bisa membantu kecerdasan. Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah yang menjadi penawar racun dari bahan-bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut beberapa Manfaat Susu Kambing Etawa:

  1. Sebagai Pelengkap Asupan Nutrisi & Gizi

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan selogan empat sehat lima sempurna dimana kita harus benar-benar memahami dan memperhatikan pola makan sehari-hari. Empat sehat lima sempurna yang terdiri dari, empat unsur makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan, serta susu sebagai penyempurnanya. Disini susu memang dijadikan suatu kebutuhan pelengkap akan tetapi sama halnya dengan kebutuhan lainnya susu sangat lah penting sebagai nutrisi tambahan yang sanagat dibutuhkan oleh tubuh kita. Banyak susu yang dapat dikonsumsi seperti halnya susu sapi, bahkan susu formula yang sudah banayk beredar dipasran. Maka demikian kita juga dapat menggunakan susu kambing etawa sebagai pelengkap atau penyempurna pelengkap asupan nutrisi & gizi dalam keluarga.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu kambing etawa dipercaya  dapat menjaga kesehatan jantung dengan kandungan Kalium (Potassium) yang terkandung dalam susu kambing etawa bermanfaat menetralkan tekanan darah sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung,  baiknya kesehatan jantung serta lancarnya peredaran darah dalam tubuh diharapkan juga terhindar dari penyakit stroke.

  1. Untuk Sistem Pencernaan

Menurut penelitian para ahli di Journal of American Medicine, susu kambing etawa adalah asupan susu yang paling lengkap kandungannya. Dalam susu etawa terdapat vitamin, mineral, elektrolit, unsur kimiawi, enzim, protein, dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan unsur yang sangat bersabat dengan lambung menjadikan susu kambing etawa dapat dengan mudah dan cepat dicerna oleh tubuh. Sistem pencernaan membutuhkan waktu 20 menit untuk dapat mencerna susu kambing etawa dan sekitar 2-3 jam untuk dapat mencerna susu sapi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang & Gigi Serta Mencegah Osteoporosis

Susu Kambing Etawa memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium yang terdapat dalam susu kambing etawa sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi (bagi balita), serta dapat mencegah osteoporosis (pengeroposan tulang) dan pengapuran tulang yang umumnya diderita oleh orang tua dan lansia.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Berdasarkan hasil penelitian, kandungan flourin yang terdapat dai susu kambing etawa adalah 10 sampai 100 kali kandungan flourin pada susu sapi. Flourin sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

  1. Manfaat Susu Kambing Etawa Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Susu kambing etawa memiliki kalsium 6 kali lebih banyak jika dibandingkan dengan susu sapi. Dimana kandungan Kalsium sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, terutama pada masa kehamilan menginjak 6 bulan keatas. Pada masa masa inilah tulang janin sudah mulai terbentuk. Jika ibu yang sedang hamil kekurangan asupan Kalsium sangat rentan menderita pengeroposan tulang. Dan bagi ibu yang sudah melahirkan, menginjak tahap menyusui. Ternyata susu kambing etawa dipercaya juga dapat meningkatkan produksi ASI pada sang Ibu.

  1. Sebagai Penunjang Program Diet

Kita ketahui bahwa susu kambing etawa sangatlah baik untuk sistem pencernaan kita, sehingga dapat ditarik kesimpulan susu kambing etawa sangat cocok digunakan untuk program penurunan berat badan. Selain struktur lemak serta protein dalam susu etawa ini sangat mudah dicerna bagi tubuh, susu kambing etawa juga dapat menekan rasa lapar sehingga efektif dan cocok untuk program diet. Tidak hanya itu kandungan protein yang dimiliki sangat baik membantu membakar lemak lebih cepat, dianjurkan untuk mengkonsumsi setelah makan untuk menunjang program diet anda.

  1. Pengobatan Gangguan Pernafasan

Flourin dan Betakasein yang terkandung dalam susu kambing sangat baik untuk mengobati penyakit gangguan pernafasan. Susu kambing etawa memang bukanlah obat, akan tetapi dapat menjadi salah satu alternatif atau pilihan dalam mengobati gangguan pernafasan.

Selain 8 manfaat diatas, susu etawa juga bisa difermentasikan menjadi minuman kefir, selain sehat untuk dikonsumsi, kefir juga sekarang banyak diolah menjadi masker kefir lo.