Manfaat Protein Nabati

Manfaat Protein Nabati

Minggu, 23 Desember 2018 Kesehatan 108 Kevin Hendrawan

Protein nabati merupakan sumber protein yang diambil dari tumbuh – tumbuhan. Banyak sekali manfaat protein nabati yang bagus untuk membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Mengutamakan konsumsi makanan dengan kandungan protein nabati seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan nasi merah lebih baik daripada konsumsi protein hewani yang didapat dari daging.

Diet tinggi protein, seperti yang dilakukan oleh Vegetarian memberikan banyak keuntungan bagi kesehatan.

Beragam penelitian menyebutkan bahwa vegetarian cenderung memiliki berat badan ideal, kadar kolesterol rendah dan tekanan darah yang terkontrol.

Selain itu, mereka juga umumnya berisiko rendah untuk terkena penyakit seperti stroke, kanker dan penyakit jantung.

Anda bisa mendapatkan protein nabati dengan mengonsumsi makanan-makanan seperti:

  • Biji Chia
  • Lentil
  • Spirulina
  • Biji Labu
  • Oats
  • Flaxseed
  • Edamame
  • Quinoa
  • Nasi Merah
  • Nasi Coklat

Manfaat Protein Nabati untuk Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah studi menunjukan mengonsumsi protein nabati lebih banyak seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dapat menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung daripada mereka yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan protein hewani.

Dalam penelitian tersebut menyebutkan bahwa konsumsi protein nabati dapat mencegah timbulnya gejala pada penderita penyakit jantung.

2. Menjaga Berat Badan

Mereka yang menjalani gaya hidup vegetarian umumnya memiliki berat badan dan bentuk tubuh ideal, hal ini dikarenakan konsumsi protein nabati seperti sayur-sayuran dan buah akan lebih cepat dicerna oleh tubuh daripada bila mengonsumsi protein hewani.

Protein hewani seperti daging, ayam dan ikan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, konsumsi daging memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

3. Meningkatkan Kesuburan

Konsumsi protein nabati dari kacang-kacangan, sayur, buah dan biji-bijian merupakan salah satu cara menyuburkan kandungan. Protein nabati dapat melindungi pria dan wanita dari masalah kemandulan.

Mengutip Trimester123.com, lima persen kalori yang tercipta dari metabolisme protein nabati dapat mengurangi masalah kesuburan wanita hingga 50 persen. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang dalam program hamil sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan.

4. Menurunkan Risiko Diabetes

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada penderita diabetes tipe 2, yang menjalani diet tinggi protein nabati. Selama tiga minggu mereka diberikan makanan seperti legume dan biji-bijian untuk menggantikan daging.

Hasilnya, penderita diabetes memiliki kadar kolesterol dan gula darah yang terkontrol. Hal ini tentu saja baik bagi penderita diabetes untuk menghindari komplikasi penyakit kronis lainnya.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Protein nabati merupakan protein lengkap dengan kandungan sembilan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh Anda. Kandungan protein dan asam amino ini berperan dalam mencegah penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, penyakit jantung dan kanker.

Mengutip data dari OrginifiShop.com mengungkapkan bahwa vegetarian umumnya memiliki tekanan darah sistolik yang lebih terkontrol daripada mereka yang mengonsumsi daging.

6. Protein Nabti Lebih Sehat

WHO atau organisasi kesehatan dunia mengungkapkan bahwa konsumsi daging merupakan salah penyebab penyakit kanker, seperti kanker pankreas, kanker prostat dan kanker perut.

Daging merupakan salah satu penyumbang kadar kolesterol dalam tubuh Anda, kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan seperti penyakit jantung, hipertensi dan peradangan. Peradangan yang tidak diatasi dengan segera dapat menjadi sel-sel kanker.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi asupan daging Anda dan menggantinya dengan protein nabati yang lebih sehat.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Protein Nabati untuk Kesehatan Anda, semoga menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan bahan-bahan alami.