5 Manfaat Okra untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Okra untuk Kesehatan Tubuh

Rabu, 3 Mei 2017 Kesehatan 154 Ashilla Zahra

Manfaat Okra – Okra adalah sayuran yang sangat sehat untuk dikonsumsi meskipun sayuran ini sendiri tidak begitu populer di Negara kita. Tanaman yang telah lama di budidayakan di Indonesia ini ternyata sangatlah populer di Negara lain seperi India, Srilangka, Malaysia, Singapura, Negara-negara Eropa, Afrika Barat, Brasil, Saudia Arabia, dan Jepang.

Okra adalah sejenis tanaman atau tumbuhan yang tergolong ke dalam jenis sayuran. Okra memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, hal tersebut di dukung dengan menumpuknya kandungan gizi atau nutrisi yang terdapat di dalamnya. Terdapat beberapa gizi sayuran okra yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan pangan harian tubuh diantaranya adalah, energy (gula), serta, karbohidrat, lemak, kolesterol, mangan, kalsium, asam folat, protein, asam pantothenat, niacin, thiamine, zat besi, tembaga, fosfor, seng, selenium, Vit. A, C, E, dan K.

Banyaknya kandungan yang dimiliki oleh okra ini sehingga okra dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit diantaranya adalah:

  1. Untuk Menurunkan Berat Badan dan Kolesterol

Okra memiliki kandungan nutrisi yang sangat melimpah. Serat dan vitamin yang berlimpah menjadikan okra sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan tubuh, tidak hanya itu kandungan kalori yang dimiliki okra sangatlah rendah. Oleh karena itu, okra tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Dengan demikian, Okra sangatlah cocok bagi anda yang sedang melakukan program diet dan untuk menurunkan kolesterol.

  1. Mencegah Sembelit dan Kesehatan Bagi Mata

Vitamin A yang dimiliki okra sangatlah bermanfaat untuk kesehatan selaput lendir, dengan demikian kandungan yang dimiliki okra akan membantu melancarkan proses pencernaan, sehingga sangat membantu dalam mencegah atau meredakan sembelit. Seperti yang kita ketahui vitamin A sangatlah dibutuhkan oleh mata kandungan vitamin A yang dimiliki okra tentunya akan membantu merawat dan mencegah gangguan/ penyakit mata.

  1. Manfaat Okra Untuk Paru-Paru

Okra memiliki kandungan senyawa Flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi paru-paru, karena sifatnya sebagai antioksidan yang tentunya dapat mencegah terjadinya kanker atau penyakit kardiovaskular. Maka dari itu kandungan yang dimiliki okra sangat bagus untuk kesehatan paru-paru.

  1. Sebagai Nutrisi Kekebalan Tubuh

Zat besi yang dimiliki okra sangat berperan penting untuk mengoptimalkan metabolisme energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan kandungan yang dimiliki okra membuat kekebalan tubuh akan terus terjaga dan terhindar dari gangguan radikal bebas. Kandungan zat besi dalam okra juga sangat membantu mengatur molekul hemoglobin. Sehingga dapat membantu sel-sel darah merah untuk mengoptimalkan pendistribusian oksigen mulai dari paru-paru ke seluruh tubuh.

  1. Untuk Penderita Diabetes

Pada tahun 2011 ISRN Pharmaceutics menerbitkan sebuah hasil penelitian mengenai manfaat okra untuk diabetes. Peneliti menguji manfaat okra untuk tikus dengan diabetes, kacang okra di rendam dalam air, dan satu kelompok tikus diberi larutannya, sedangkan kelompok control menerima larutan Na-karboksimetilselulosa (CMC- gum selulosa; turunan selulosa yang sering digunakan sebagai pengental). Hasil penelitian menunjuukan bahwa okra membantu mengurangi penyerapan glukosa dan menurunkan kadar gula darah pada tikus tersebut.

Para ilmuan mengamati salah satu faktor penting saat pengujian manfaat okra dengan tikus diabetes. Okra dapat meningkatkan control glikemik, akan tetapi jangan memakan okra bersama dengan konsumsi metformin hidroklorida karena mengurangi penyerapan obat. Maka dari itu, jika anda menderita diabetes dan menkonsumsi metformin, memakan okra dalam jumlah banyak mungkin akan meningkatkan kadara gula anda, sehingga anda perlu mengawasi dan mendiskusikan dengan tim medis.

Cara mengolah okra sangatlah mudah, okra merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak berbau, dan memiliki rasa yang cenderung hambar seperti mentimun, akan tetapi sedikit sepat. Okra dapat di racik sebagai ramuan dan dapat juga disajikan menjadi olahan makanan seperti, Kari, Balado, Campuran salad, Hidangan tumis, atau lalapan.