Manfaat Minyak Ikan Salmon

Manfaat Minyak Ikan Salmon

Selasa, 4 Desember 2018 Kesehatan 23 Kevin Hendrawan

Manfaat konsumsi ikan untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi, hal ini dikarenakan minyak esensial yang terdapat dalam daging ikan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Jika termasuk orang yang tidak suka makan ikan, konsumsi suplemen minyak ikan seperti minyak ikan salmon atau minyak hati ikan kod bisa menjadi solusinya.

Minyak Ikan Salmon merupakan sumber asam lemak omega 3, karena satu sendok minyak ikan salmon mengandung 1,8 gram EPA dan 2,5 gram DHA yang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh Anda. Apa saja manfaat minyak ikan salmon?

Minyak ikan salmon terbukti mampu mengatasi peradangan tubuh Anda, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan radang sendi. Mengutip penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, kekurangan asam lemak omega 3 merupakan 10 besar penyebab kematian di Amerika Serikat. Setiap tahunnya lebih dari 100.000 orang meninggal karena penyakit yang disebabkan oleh kekurangan asam lemak omega 3.

Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai manfaat minyak ikan salmon untuk kesehatan tubuh Anda. Simak penjelasannya dibawah ini:

Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan

  • Mencegah Penyakit Alzheimer. Minyak ikan telah lama dikenal karena kemampuannya dalam menjaga fungsi otak tetap prima. Tidak hanya dapat mencegah penurunan kognitif, minyak ikan salmon juga berperan dalam mencegah penyakit alzheimer, minyak ikan salmon menjaga fungsi saraf dan sel membran otak Anda dan mencegah peradangan pada otak.
  • Menjaga Fungsi Mata. Salah satu masalah penglihatan pada orang lanjut usia adalah degenerasi makular atau penurunan fungsi mata karena faktor usia.  Dalam berbagai studi menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi ikan salmon memiliki risiko yang lebih rendah mengalami penurunan fungsi mata daripada mereka yang jarang mengonsumsi ikan. Hal ini disebabkan kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon yang bekerja mencegah peradangan pada saraf mata, sehingga kesehatan dan fungsi mata terjaga.
  • Nutrisi Ibu Hamil. Ikan salmon merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil, hal ini dikarenakan kandungan asam lemak omega 3 di dalamnya yang mendukung tumbuh kembag bayi. Ibu hamil yang memenuhi kebutuhan asam lemak omega 3 umumnya memiliki bayi dengan berat badan normal, tumbuh-kembang bayi yang optimal dan memiliki anak yang cerdas. Oleh karena itu, konsumsi suplemen minyak ikan salmon selama kehamilan.
  • Menjaga Kesehatan Jantung. Asam Lemak Omega 3 yang terdapat dalam minyak ikan salmon sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam studi yang dilakukan pada Suku Inuit dan beberapa suku yang rutin mengonsumsi ikan menemukan bahwa sangat jarang ditemukan kasus penyakit jantung koroner pada anggota suku Inuit. Hal ini dikarenakan kemampuan asam lemak omega 3 menurunkan kadar kolesterol, trigliserida, tekanan darah dan pengentalan darah sehingga sistem kardiovaskular Anda terjaga kesehatannya.
  • Baik bagi Penderita Diabetes. Dalam studi yang dipublikasikan oleh Brain Research mengungkapkan bahwa minyak ikan salmon dapat menurunkan kadar stress oxidatif yang umumnya terjadi karena komplikasi penyakit diabetes. Selain itu, penderita diabetes yang rutin mengonsumsi minyak ikan salmon dapat menurunkan risiko komplikasi diabetes seperti gangguan penglihatan.
  • Meredakan Rematik. Rematik merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada persendian Anda. Pengobatan untuk mengatais rematik umumnya obat anti peradangan dan Corticosteroid, namun asam lemak omega 3 dalam minyak ikan salmon memiliki kemampuan yang sama dalam meredakan peradangan pada tubuh Anda, konsumsi minyak ikan dapat mencegah Anda menjadi ketergantungan obat-obatan rematik yang dapat menyebabkan efek samping bila dikonsumsi dalam jangka panjang.
  • Meredakan Depresi. Konsumsi minyak ikan salmon secara rutin dapat meredakan kadar stress dan depresi hingga 40 persen. Hal ini dikarenakan asam lemak omega 3 dalam minyak ikan dapat memenuhi kebutuhan asam amino otak dan nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis pada otak Anda.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Minyak Ikan Salmon untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alami.