6 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah Bermasalah, beserta Cara Pembuatannya

6 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah Bermasalah, beserta Cara Pembuatannya

Rabu, 5 Juli 2017 Kecantikan 939 Ashilla Zahra

6 Manfaat Masker Lemon untuk Wajah Bermasalah, beserta Cara Pembuatannya – Lemon merupakan salah satu jenis buah yang memiliki rasa yang asam dan sangat mudah di jumpai di lingkungan sekitar kita dan sering kali diigunakan sebagai minuman yang menyegarkan bahkan sering kali digunakan sebagai bahan untuk kecantikan. Kandungan yang terdapat dalam buah lemon sangat banyak sekali, diantaranya yaitu vitamin C, vitamin B, karbohidrat, protein dan juga potanium yang baik untuk kulit.

Kandungan yang dimiliki lemon sangatlah baik jika kita gunakan sebagai bahan dalam merawat wajah kita, berikut beberapa manfaat buah lemon yang dapat menunjang kecantikan wajah:

6  Manfaat Buah Lemon Pada Wajah

1. Mengatasi Wajah Berjerawat

Lemon memiliki sifat asam yang dapat mengontrol kadar minyak di wajah, sehingga dapat mencegah bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat pada wajah. Bagi seseorang yang memiliki masalah jerawat, komedo, dan minyak berlebih tidak ada salahnya mencoba menggunakan lemon sebagai obat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat. Caranya, ambil 1 buah lemon lalu peras airrnya kemudian campurkan kedalam air. Oleskan langsung campuran perasan buah lemon dengan air pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud, lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan vitamin C yang terkandung di dalam buah lemon dapat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit akan tampak lebih cerah secara alami.

Caranya:

  1. Campurkan buah lemon dan madu.
  2. Ambil  ½ buah lemon lalu peras airnya dan tuangkan kedalam mangkok
  3. Tambahkan 2 sendok makan madu kedalam perasan jeruk lemon dan aduk sampai tercampur rata.
  4. Terakhir, langsung oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.
  5. Untuk hasil yang maksimal lakukan secara rutin seminggu sekali, agar hasilnya lebih baik.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Mempunyai masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo, pasti akan mengakibatkan pori-pori pada kulit wajah membesar. Hal ini dikarenakan terdapat penyumbatan pada pori-pori, sehingga menimbulkan jerawat. Tetapi dengan melakukan perawatan seperti cara mengobati jerawat secar rutin, maka pori-pori akan mengecil dan kulit akan tampak lebih halus dan bersih. Caranya, iris buah lemon kemudian oleskan buah lemon tersebut pada wajah, diamkan beberapa menit hingga mengering, bersihkan wajah dengan handuk yang sudah di basahi dengan air es tekan handuk secara perlahan pada wajah. Hal ini juga dapat dilakukan dengan cara membersihkan wajah dengan air es langsung tanpa harus menggunakan handuk.

4. Bermanfaat untuk Menghaluskan Permukaan Kulit

Aktifitas yang dilakukan di luar rumah dengan terik matahari yang sangat panas, debu, dan polusi yang setiap detik menempel pada kulit wajah membuat kulit wajah menjadi kusam serta kasar. Melakukan perawatan wajah menggunakan buah lemon sebagai masker dapat melindungi dan menjaga wajah agar tetap halus dan terjaga kesehatannya sepanjang hari.

5. Melembabkan Kulit Wajah

Menggunakan masker lemon dapat memberikan kelembaban pada wajah secara alami. Kulit kering dan kusam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari yang membuat kulit iritasi tantu sangat mengganggu penampilan. Maka dari itu menggunakan masker lemon dapat mencegah terjadinya iritasi pada kulit dan memberikan kelembaban yang alami. Caranya, gunakan perasaan lemon sebagai masker wajah, oleskan perasan lemon pada permukaan kulit wajah secara merata, biarkan semalaman, kemudian bersihkan dengan air bersih di keesokan harinya.

6. Mengencangkan Kulit Wajah

Kandungan Vitamin C pada buah lemon menjadi antioksidan yang mampu mengoptimalkan minyak dalam kulit, sehingga berfungsi untuk memperkuat otot kulit serta memperlancar peredaran darah pada kulit wajah dann leher, sehingga kulit menjadi lebih kencang dan terlihat awet muda. Cara penggunanya pun sma halnya dengan cara utuk mengatasi kulit lainnya.

7. Sebagai anti aging

Buah lemon memiliki kandungan vitamin B1, B2, B3 dan B5 serta vitamin C yang dapat memberikan manfaat sebgai bahan atau zat anti penuaan yang ampuh bagi wanita yang telah berusia diatas 30 tahunan. Kandungan vitamin B1. B2 dan B3  mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan meningkatkan sel sel kulit menjadi lebih aktif dan lebih muda dari dalam.

Manfaat buah lemon sangatlah melimpah. Melakukan perawatan wajah secara alami tentu akan memberikan efek yang baik terhadap wajah kita, dan tentunya akan menjauhkan dampak buruk yang kemungkinan menyerang wajah kita apabila kita tidak memperhatikan bahan yang kita gunakan dalam merawat wajah. Berikut beberapa cara dan bahan yang dapat dikombinasikan pada masker lemon,

Lemon, Tomat dan Susu

Campuran air lemon, tomat yang dihaluskan adan penambahan susu dapat dijadikan sebagai masker pemutih kulit alami tanpa efek samping. Dapat digunakan sebagai masker untuk jangka panjang.

Lemon, putih telur, susu dan almond

Campurkan  air lemon dengan putih telur, susu dan biji almond yang sebelumnya sudah dihaluskan menjadi satu diwadah yang terbuat dari plastik. Aduk hingga menyerupai pasta. Gunakan sebagai masker harian bagi siapapun yang menginginkan kulit wajahnya halus dan terbebas dari flek hitam.

Masker lemon dan ampas teh

  1. Terlebih dahulu kamu siapkan 1 buah lemon segar dan ampas teh secukupnya.
  2. Selanjutnya haluskan ampas teh tersebut dengan menggunakan blender, namun usahakan jangan sampai terlalu halus, sebab kita akan menggunakannya sebagai scrubing
  3. Campurkan halusan ampas teh tersebut dengan perasan buah lemon sampai merata.
  4. Gunakan masker wajah setelah
  5. Beri gosokan memutar secara lembut selama 5 menit, hal ini bertujuan agar mengangkat kotoran di permukaan kulit. Setelah itu agar meresap diamkan selama 1 jam.
  6. Apabila sudah terasa mengencang di kulit, ambil air hangat dan gunakan untuk membilas masker tersebut sampai bersih. 

Masker lemon, madu, dan minyak zaitun

  1. Pertama siapkan terlebih dahulu air perasan lemon secukupnya, 4 sendok makan madu, dan 4 sendok makan minyak zaitun.
  2. Campurkan semua bahan tersebut, lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Lalu masukan masker tersebut dalam lemari pendingin selama 15 menit.
  3. Setelah itu, keluarkan masker dari lemari pendingin dan oleskan secara merata keseluruh bagian wajah, kecuali bagian mata. Beri pijatan-pijatan lembut agar sirkulasi darah lancar dan kotoran terangkat.
  4. Diamkan masker wajah alami tersebut menempel selama 30-60 menit (agar meresap). Barulah setelah itu bersihkan masker tersebut dengan menggunakan air hangat.