Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

Rabu, 2 Januari 2019 Kecantikan 744 Ashilla Zahra

Tanaman yang dapat tumbuh baik di daerah tropis dan mempunyai nama latin Aloe Vera ini terbagi menjadi 350 jenis di seluruh dunia. Lidah buaya memiliki daun berbentuk runcing, tebal, bergerigi dan sekulen. Tanaman berakar serabut ini memiliki panjang hingga 30-40 cm dan tebal daun 2 hingga 3 cm. Pelepah daunnya menghadap ke atas dan mengandung air, getah dan lendir.

Di negara-negara lain seperti Eropa, Amerika dan Australia, lidah buaya lebih dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman. Sedangkan di India digunakan sebagai olahan makanan ringan dan kosmetik alami. Lalu adakah manfaat lidah buaya selain itu? Ya, Anda juga bisa menggunakan lidah untuk masalah kesehatan tubuh

Berikut, beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan :

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan anti-inflamasi pada lidah buaya mampu membantu menyembuhkan kulit yang bermasalah atau tidak sehat. Selain itu, zat anti-bakterinya juga sangat efektif dalam melawan infeksi bakteri sehingga luka akan cepat sembuh.

Menurut 4 penelitian dari Asia, lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka (pada luka bakar ringan) sekitar 9 hari lebih cepat dari pengobatan konvensional.

2. Mengobati Sengatan Matahari

Sengatan matahari secara langsung akan terasa sangat panas dan seakan membakar kulit. Maka Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai solusinya. Ahli dermatologi Amerika juga merekomendasikan pemakaian pelembab kulit yang mengandung aloe vera karena dapat mengurangi gejala kulit terbakar akibat sinar matahari.

3. Mengatasi Kulit Kering Karena Cuaca Dingin

Selain mengobati luka, manfaat lidah buaya juga sangat efektif untuk mengatasi kulit kering akibat cuaca dingin. Kandungan anti-virus dan anti-inflamasi berfungsi untuk menenangkan dan menyembuhkan iritasi, sehingga Anda bisa menggunakan lidah buaya sebagai pertolongan pertama pada kulit yang pecah-pecah akibat cuaca dingin.

Baca Juga : Manfaat Bawang Putih

4. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Manfaat lidah buaya sangat baik untuk meningkatkan sistem pencernaan karena senyawa yang terkandung bersifat adaptogenik. Dimana sifat senyawa tersebut mampu menyerap nutrisi lebih baik dan menghilangkan unsur-unsur berbahaya melalui ekskresi halus.

Sistem pencernaan yang baik akan memberi dampak positif pada pikiran dan meningkat kesehatan Anda secara keseluruhan. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda senantiasa menjaga sistem pencernaan.

5. Melembabkan Kulit

Menurut riset dari The Indian Journal of Dermatology, menyimpulkan bahwa lidah buaya mengandung banyak vitamin A, C, E dan mineral alami yang bersifat anti-oksidan sehingga dapat mengikat sel kulit dan melembutkan lapisan luar serta memperbaiki kondisi kulit.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lidah buaya diketahui mampu membantu penyerapan vitamin dan juga mineral esensial sehingga membuat daya tahan tubuh meningkat. Manfaat lidah buaya selanjutnya juga bisa untuk mengingkatkan kekebalan tubuh bisa digunakan sebagai minuman atau suplemen, caranya yaitu:

  • Kupas lidah buaya dan bersihkan dari lendirnya
  • Lalu potong kecil-kecil daging lidah buaya tersebut
  • Masukkan (atau haluskan dahulu) potongan lidah buaya pada wadah bersih, kemudian campurkan 2 sdm madu murni
  • Konsumsi ramuan tersebut secara rutin 2 kali sehari (pagi dan sore)

7. Mengurangi Plak Gigi

Lebih baik untuk mengurangi obat kumur yang biasa dijual karena kebanyakan diantaranya mengandung alkohol, karena akan menyebabkan mulut kering dan sensitif. Maka, beralihlah pada lidah buaya sebagai alternatif alami obat kumur Anda.

Dilansir dari The Journal of Health, bahwa jus lidah buaya murni sangat efektif mengurangi plak pada gigi. Ramuan tersebut juga memiliki fungsi yang sama dengan obat antiseptik golongan mikroba.

Bagaimana? Dengan banyaknya manfaat lidah buaya untuk kesehatan apakah Anda tertarik untuk menanamnya? Karena selain untuk kecantikan dan kesehatan, tanaman lidah buaya juga bisa lho untuk mempercantik halaman rumah Anda. Kalau mau menanamnya, tanaman yang satu ini juga tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan sehingga tidak akan merepotkan Anda yang menanamnya.