Manfaat Penting dari Lari Pagi

Manfaat Penting dari Lari Pagi

Selasa, 16 Mei 2017 Kesehatan 146 Ashilla Zahra

Manfaat Penting dari Lari Pagi – Lari pagi memiliki manfaat yang penting sekali bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun sayangnya sebagian besar orang enggan dan malas untuk melakukan olahraga yang satu ini.

Banyak alasan yang membuat sebagian orang melewatkan kesegaran udara di pagi hari sambil lari-lari kecil, alasannya seperti sibuk mengerjakan pekerjaan rumah di pagi hari, tidak sempat, buru-buru berangkat ke kantor bahkan malas beranjak dari tempat tidur.

Padahal kesejukan dan kesegaran yang ditawarkan di pagi hari saat Anda melakukan lari pagi sangatlah memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan tubuh agar tetap bugar  dan sehat.

Ketahuilah beberapa manfaat baik dari lari pagi agar Anda bisa memulai kebiasaan baik ini setiap hari :

1 . Jantung Sehat

Menurut penelitian, lari dengan jarak sejauh 16 km dalam waktu seminggu dapat menekan resiko penyakit  tekanan darah hingga 39 % serta menurunkan kolesterol pada pembuluh darah jantung hingga 34%.

Karena saat berlari frekuensi detak jantung akan meningkat dan jantung lebih giat memompa darah dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi bagi otot-otot yang digunakan saat berlari.

Agar Anda terhindar dari resiko penyakit jantung, pembuluh darah yang diakibatkan oleh endapan kolesterol jahat, bahkan jantung koroner, usahakan untuk melakukan lari pagi sebagai aktivitas rutin setiap hari Anda.

Dengan begitu kesehatan jantung Anda akan tetap terjaga. Badan akan tetap sehat dan bugar.

2 . Mengatasi Hipertensi

Bagi mereka yang menderita penyakit hipertensi atau darah tinggi, olahraga yang satu ini bisa dijadikan alternatif dan dianjurkan agar kondisi tubuh tetap sehat.

Mereka yang menderita penyakit ini memang lebih dianjurkan untuk melakukan olahraga kardio, salah satunya yaitu lari pagi dengan catatan tidak terlalu cepat atau kencang, cukup lari-lari kecil saja.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kinerja jantung, lari pagi juga memiliki manfaat yang cukup baik dan membantu  melancarkan peredarah darah.

Lakukan olahraga lari-lari  kecil di pagi hari dengan konsisten, hindari olahraga yang terlalu berat seperti gym, sepak bola, lari cepat dsb.

Dengan begitu detak jantung Anda menjadi lebih teratur dan tidak kalah pentingnya tekanan darah  Anda akan menjadi normal dan mempercepat penyembuhan penyakit tekanan darah tinggi.

3 . Paru-paru Sehat

Lingkungan kita saat ini cenderung tercemar dan memiliki tingkat polusi yang tinggi khususnya yang berada di kota Metropolitan.

Semakin meningkatnya jumlah kendaraan, semakin susah kita menghirup oksigen yang bersih dan segar tanpa tercampur senyawa lainnya seperti karbondioksida.

Agar tubuh khususnya paru-paru mendapat asupan oksigen yang bersih dan segar, usahakan untuk melakukan aktifitas seperti lari pagi.

Saat pagi hari udara terasa begitu segar dan bersih. Dengan aktifitas lari, oksigen yang dihirup akan lebih banyak, dengan begitu paru-paru akan lebih sehat dan bersih.

4 . Pernafasan Sehat

Menurut sebuah penelitian, penderita penyakit asma mengalami kesembuhan seperti nafas lebih baik serta jarang mengalami serangan asma atau kambuh setelah melakukan lari pagi dengan rutin selama tiga bulan.

Bagi mereka yang mengidap penyakit atau masalah saluran pernapasan seperti sesak nafas atau asma, bronkhitis, PPOK dan sejenisnya, dianjurkan untuk melakukan lari pagi agar membantu penyembuhan penyakit tersebut.

Karena udara di pagi hari serta aktifitas lari yang melatih otot jantung bermanfaat sekali untuk melancarkan sistem pernapasan.

5 . Otot Kuat dan Sehat

Anda yang menginginkan otot yang sehat dan kuat, ada baiknya lakukan lari pagi dengan konsisten setip hari. Saat lari, otot-otot kaki akan bekerja dan membentuk otot-otot yang lebih kuat.

Otot kaki menjadi lebih padat serta memiliki cadangan energi yang lebih banyak yang tentunya akan membuat otot menjadi sehat dan lebih kuat.

Lakukan olahraga ini setiap hari atau secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal. Apabila rutinitas ini dihentikan, tentunya otot-otot tersebut akan kembali seperti semula.

6. Membakar Kalori

Memiliki tubuh yang sehat dan ideal merupakan dambaan setiap orang. Namun bagaimana jika tubuh yang Anda miliki sekarang cenderung terdapat lemak disana-sini. Tentunya lemak yang berlebih sangat begitu merusak penampilan.

Agar lemak yang menumpuk di tubuh sirna, tentunya perlu usaha untuk menghilangkannya. Salah satu alternatif agar lemak yang menumpuk pada tubuh Anda berkurang yaitu dengan melakukan lari pagi secara konsisten.

Lemak yang menumpuk pada tubuh Anda diakibatkan karena Anda kurang melakukan aktifitas, sehingga cadangan makanan atau energi pada tubuh justru berubah menjadi lemak jahat.

Lakukan lari pagi secara rutin dengan catatan tidak mengkonsumsi makanan atau sarapan terlebih dahulu. Saat lari, jaringan lemak akan terpecah dan mengganti energi yang dibutuhkan tubuh saat lari.

Dengan begitu lemak yang menumpuk akan hilang dan tentunya tubuh Anda akan menjadi lebih ideal karena berat badan Anda akan menurun.