Mengenal Lebih Dekat Manfaat Kurma Ajwa (Kurma Nabi)

Mengenal Lebih Dekat Manfaat Kurma Ajwa (Kurma Nabi)

Selasa, 25 April 2017 Kesehatan 317 Ashilla Zahra

Kurma Ajwa pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Kurma yang juga dikenal sebagai kurma Nabi adalah salah satu jenis kurma yang paling disukai Nabi Muhammad. Berdasarkan beberapa hadits, tergambar jika kurma ini memiliki beragam manfaat, jadi wajar saja jika Nabi Besar Muhamaad SAW begitu suka mengkonsumsi jenis kurma yang satu ini.

“Siapapun yang setiap pagi memakan 7 buah kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu dia tidak akan mudah keracunan dan terserang penyakit.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Kurma biasanya begitu populer dan banyak dicari ketika bulan puasa, mayoritas orang mengkonsumsinya untuk menu buka puasa. Hal ini tak lepas dari sebuah Hadist yang menganjurkan untuk mengkonsumsi kurma pada saat berbuka puasa

“Apabila salah seorang diantara kamu puasa, hendaklah berbuka dengan kurma , bila tidak ada hendaklah dengan berbuka dengan air, sesungguhnya air itu bersih.” (H.R. Ahmad dan Tarmidzi).

Sejarah Kurma Ajwa

Alkisah, dahulu ada seorang mualaf yang dulunya beragama Nasrani bernama Ajwah, ia merupakan anak dari Salaman Alfarisi. Setelah resmi menjadi seorang mualaf, ia mewakafkan kebun kurmanya untuk membiayai perjuangan Islam. Nabi Muhammad akhirnya seringkali mengkonsumsi jenis kurma yang satu ini, hingga pada akhirnya kurma ini dijuluki kurma Nabi.

Kandungan buah kurma

Islam memang agama yang menganjurkan kebaikan, maka tak heran banyak anjuran-anjuran makanan yang baik dan yang haram di konsumsi baik pada Al-Qur’an maupun Hadist. Meskipun seringkali tidak ada sebuah alasan yang jelas, kajian ilmiah seringkali membuktikan bahwa apa yang tertulis dalam Al-Qur’an dan Hadist benar adanya, termasuk salah satunya Kurma.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa buah kurma sangat kaya akan protein, serat gula, vitamin A dan C serta mineral berupa zat besi, kalsium, sodium dan potasium. Kurma mengandung protein sebesar 1.8 – 2.0%, serat sebanyak 2.0 – 4.0% dan gula sebesar 50 – 70% glukosa.

Khasiat kurma untuk kesehatan

Dengan setidaknya 3 kandungan yang telah disebutkan diatas, sudah barang tentu kurma memiliki khasiat yang beragam untuk kesehatan tubuh. Kandungan gula yang terdapat pada kurma merupakan kandungan yang mampu mengembalikan tenaga. Oleh sebab itu, kurma sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa untuk mengembalikan tenaga yang berkurang karena berpuasa.

Buah kurma juga mengandung potassium yang berguna untuk mengatasi stress, sembelit dan lemah otot. Selain itu, zat besi dan kalsium yang terkandung pada kurma dapat menanggulangi risiko penyakit jantung dan kencing manis.

Selain manfaat diatas, kurma ternyata juga baik untuk ibu yang sedang mengandung, utamanya untuk si calon anak nantinya. Rasulullah menyarankan agar ibu yang sedang hamil untuk mengkonsumsi buah kurma, hal ini nantinya akan memberikan efek baik kepada sang bayi ketika lahir.

“Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang sedang hamil. Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam takkala melahirkan Nabi Isa a.s adalah buah kurma. Sekiranya, Allah s.w.t., menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam.” (H.R. Bukhari)

Cara Konsumsi Kurma Azwa/Nabi

Dalam mengkonsumsi buah kurma, kita disarankan untuk mengkonsumsi dalam bilangan ganjil, bisa 3 buah kurma, 5 buah kurma atau 7 buah kurma, dan seterusnya. Untuk tata caranya sendiri, sebelum memakan kurma Azwa/Nabi, yakni sebagai berikut:

  1. Membaca Ta’awudz
  2. Membaca basmalah
  3. Istigfar 3x
  4. Syahadat 3x
  5. Sholawat 3x
  6. Niat pada saat mau makan Kurma