Manfaat Kencur

Manfaat Kencur

Senin, 24 Desember 2018 Kesehatan 952 Ashilla Zahra

Bagi sebagian besar wanita yang memiliki hobi memasak mungkin sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur satu ini. Ya, kencur merupakan salah satu bumbu dapur yang termasuk dalam golongan pala pendem. Ukurannya tidak terlalu besar dengan warna daging putih bersih dan memiliki aroma khas. Biasanya, kencur digunakan untuk masakan yang membutuhkan aroma khusus. Selain itu kencur juga banyak digunakan untuk memaksimalkan rasa masakan.

Dibalik fungsi untuk menjadikan masakan Anda lebih lezat, kencur juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Dan berikut adalah beberapa manfaat kencur untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Meredakan Masuk Angin

Ketika musim hujan seperti ini, masuk angin menjadi salah satu gangguan kesehatan yang paling mudah Anda alami. Nah sebagai pencegahan dan pengobatan, satu langkah pasti yang harus Anda lakukan adalah memposisikan tubuh selalu dalam kondisi hangat.

Nah, kencur ini terbukti mampu menghangatkan sekaligus menggatasi perut kembung akibat masuk angin. Untuk mendapatkan manfaat kencur satu ini Anda cukup memarut kencur kemudian tambahkan air hangat dan sedikit garam. Saring ampasnya dan minum dua kali sehari dalam kondisi hangat.

  1. Mengobati Batuk Berdahak

Meskipun tidak berbahaya, namun batuk menjadi satu penyakit yang begitu menyiksa. Terlebih lagi jika kondisi batuk Anda adalah batuk berdahak. Namun tak perlu khawatir, karena dengan menggunakan bumbu dapur satu inipun Anda Sudah bisa mengatasi batuk berdahak secara efektif.

Cara mendapatkan manfaat kencur sebagai obat batuk berdahak pun masih sama, yaitu dengan mengonsumsi air seduhan kencur.

  1. Meredakan Keseleo

Ketika Anda mengalami nyeri akibat kaki terkilir atau keseleo, posisi kaki harus dijaga dengan baik agar tak berakibat fatal. Selain itu, membubuhkan herbal hangat pada kaki yang terkilir atau keseleo juga menjadi langkah yang tepat.

Salah satunya yaitu menggunakan kencur yang diparut kemudian dicampur dengan beberapa bahan herbal lain seperti serai tumbuk, jahe parut dan beberapa herbal lainnya. Bubuhkan pada kaki dan balut menggunakan kain.

  1. Mengobati Maag

Satu kondisi buruk yang sering kali muncul akibat pola makan yang tak teratur adalah maag. Dimana pada kondisi ini asam lambung naik begitu tinggi hingga menyebabkan mual dan rasa seperti ditusuk-tusuk jarum. Bahkan pada kondisi kronois, lambung sering kali sudah berlubang dan dapat menyebabkan muntah darah.

Untuk mencegah hal ini tentu Anda harus menjaga pola makan dengan baik serta mengonsumsi obat maag alami seperti kencur. Ya, manfaat kencur sebagai obat maag sudah terbukti efektif dan cepat. Cara pengolahannya pun masih sama yaitu dengan mengambil sari kencur. Selain memakai kencur Anda juga bisa memakai daun kelor untuk membantu menurunkan asam lambung.

  1. Meredakan Sakit Kepala

Selain dapat memperbaiki kondisi lambung, kencur juga memiliki sifat meredakan nyeri. Dimana kencur memiliki kandungan minyak atsirin yang berfungsi sebagai anti nyeri. Dan manfaat kencur satu ini bukan hanya dapat terjadi pada bagian tubuh seperti kaki, tangan perut dan lain-lain namun juga dapat bekerja efektif pada kepala.

Ya, anti nyeri pada kencur ini juga sangat efektif untuk meredakan sakit kepala.

  1. Mengobati Diare

Ketika Anda mengalami gangguan pencernaan seperti diare, langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah dengan memaksimalkan asupan cairan dan serat bagi tubuh. Nah kencur ini memiliki kandungan serat yang begitu tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan diare. Anda bisa mendapatkan manfaat kencur ini dengan banyak mengonsumsi jamu kencur yang biasanya dalam bentuk jamur beras kencur.

Selain 6 manfaat kencur di atas, Anda juga masih bisa mendapatkan manfaat lain yang tak kalah pentingnya seperti, obat sakit tenggorokan, sumber stamina, sumber serat dan masih banyak lainnya. Jadi, tidak perlu lagi merasa malas untuk gengsi mengonsumsi kencur lebih sering mulai dari sekarang ya.