Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

Jumat, 8 Februari 2019 Kesehatan 857 Ashilla Zahra

Selama ini mungkin Anda banyak menggunakan kayu manis sebagai pengharum atau penambah aroma pada makanan saja tanpa tahu betul apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya. Ya, selain berfungsi sebagai penambah aroma makanan, kayu manis juga memiliki manfaat yang begitu beragam untuk tubuh.

Dimana Khasiat Kayu Manis ini tak lain karena kandungan bahan yang terdapat di dalam rempah beraroma harum ini. Penasaran?

Berikut adalah ulasan tentang manfaat kayu manis :

1. Anti Infeksi

Tahukan Anda jika kayu manis memiliki kandungan anti infeksi natural? Dimana kandungan ini terbukti ampuh untuk membunuh dan menghilangkan bakteri H. Pylori yang merupakan bakteri penyebab penyakit maag dan lain sebagainya.

2. Mengontrol Gula Darah

Salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia, selain kanker adalah penyakit diabetes. Penyakit yang dapat disebabkan karena faktor keturunan ini sebenarnya dapat Anda cegah sejak dini, salah satunya adalah dengan menjaga pola makan.

Seperti banyak mengonsumsi makanan yang mampu mengontrol gula darah dengan baik. Dimana manfaat kayu manis ini Anda dapatkan karena kayu manis mampu mengontrol proses pencernaan dan memperbaiki respon insulin.

Pada 1gram kayu mnais, terbukti mampu menurunkan kadar gula darah, kolesterol, triglycerids pada penderita penyakit diabetes.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain mampu menambah aroma pada masakan hingga menjadikannya nampak lebih lezat, aroma yang dihasilkan oleh kayu manis juga dapat berfungsi merilekskan pikiran Anda. Selain itu, manfaat kayu manis lainnya untuk otak adalah sebagai pemaksimal proses kognitif yang mampu meningkatkan konsentrasi seseorang, daya ingat juga kecepatan kerja otak.

4. Menurunkan Kolesterol

Kayu manis memiliki kandungan mineral, serat dan berbagai jenis mineral yang sangat baik untuk pencernaan. Selain itu, kayu manis juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dimana manfaat kayu manis untuk kesehatan jantung tak lain yaitu sebagai anti kolesterol.

Dengan rendahnya kadar kolesterol pada pembuluh darah, kesehatan jantung akan terjaga dengan baik.

5. Mencegah Kanker

Salah satu makanan yang populer untuk menangkal Kanker saat ini adalah Bawang Putih, Akan tetapi tahukah anda ternyata kayu manis memiliki manfaat yang sama dengang bawang putih, kalsium dan serat pada kayu manis juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar garam pada tubuh dan mencegah penyakit kanker usus.

Kayu manis juga mampu menurunkan proliferasi sel kanker sehingga sel kanker dalam tubuh dapat dicegah perkembangannya dan dapat dimatikan secara efektif.

6. Mencegah Penggumpalan Darah

Kayu manis memiliki satu kandungan minyak yang disebut dengan cinnamaldehyde. Dimana minyak ini mampu mencegah penggumpalan darah. Bahkan pada sebuah media menyatakan jika kayu manis mampu mengeluarkan asam lemak ant peradangan bernama arachidonic yang kemudian asam lemak ini berfungsi untuk menurunkan peradangan serta risiko penggumpalan darah.

7. Meringankan Nyeri

Pada penderita rematik, rasa nyeri mungkin sudah sering terasa. Namun saat ini Anda tak perlu lagi khawatir karena dengan menggunakan kayu manis rasa nyeri akibat rematik dapat terobati dengan efektif.

Manfaat kayu manis ini didapat karena rempah asli Indonesia ini mampu mengurangi sitokin, yaitu protein kecil yang berfungsi sebagai mediator serta pengatur imunitas, hematopoiesis, serta inflamaasi yang menyebabkan rematik.

8. Penghangat tubuh

Untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, kehangatan badan perlu Anda jaga dengan baik. Beragam rempah alami bisa Anda manfaatkan untuk menghangatkan tubuh termasuk kayu manis. Selain itu kayu manis juga mampu menurunkan gejala demam dan influenza.

Menarik bukan? Jadi saat ini Anda bisa memanfaatkan kayu manis lebih dari sekadar untuk bumbu dapur. Namun juga sebagai herbal yang berfungi untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Jadi, rajin-rajinlah untuk men-stock bumbu yang satu ini di rumah Anda agar bisa langsung digunakan sewaktu dibutuhkan.